Advertorial

Plt Bupati Rohul Sebut Harus Ada Action dan Gerakan Kampung KB di Rohul

Plt Bupati Rohul, H Sukiman
Plt Bupati Rohul, H Sukiman

Plt Bupati Rohul, H Sukiman

PASIRPENGARAIAN – Rokan Hulu satu-satunya kabupaten di Provinsi Riau yang telah mendirikan Kampung KB di 16 kecamatan. Pembentukan Kampung KB tersebut sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam mendukung program Pusat, salah satunya revolusi mental berbasis keluarga untuk membangun karakter bangsa Indonesia.

Dengan adanya Kampung KB, diharapkan manfaat program KB dapat dirasakan langsung dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Rohul.

Plt Bupati Rohul H Sukiman menyebutkan, tujuan ujuan pembentukan kampung KB di Rohul, bukan saja untuk mensukseskan program KN, namun berdampak positif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“ Tak hanya mensukseskan program KB, seperti 2 anak cukup, dan pemakaian kontrasepsi, namun lebih dari itu kita harapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang menjadi sasaran pembentukan kampung KB di Rohul,” ungkap Plt Bupati Rohul H Sukiman, Senin (10/4/2017).

Menurutnya, program kampung KB ini telah disusun perencanaan pembangunan yang meliputi kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan dan lainnya. Selain  pembangunan sarana dan prasarana, diberikan pelatihan yang lebih penting lagi adalah agar program pembinaan kampung KB dilakukan secara terus menerus.

Namun sangat perlu dilakukan sosialisasi, komunikasi, edukasi tentang program KB kepada masyarakat, serta pelayanan KB di tingkat bawah.

Wabup Rohul itu mengharapkan, jika di kecamatan tersebut ada permasalahan yang dihadapi warga, maka akan mudah dibantu oleh instansi terkait.

“ Keberhasilan program KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang sejahtera di tingkat keluarga. Maka itu jangan hanya berhenti pada pencanangan dan pembentukan kampung KB, tapi harus ada aksi dan gerakan nyata dalam memperkuat dan merevitalisasi program KB dan keluarga sejahtera di Rohul,” tuturnya.

Sukiman meminta masyarakat Rohul untuk berpartisipasi mensukseskan program KB yang dinilai sangat tepat untuk memperbaiki kesejahteraan keluarga, melindungi kesehatan ibu dan anak, serta efektif menekan jumlah penduduk. Dengan berjalan program KB, ketersedian pangan yang terbatas dapat terpenuhi di daerah.

“ Kegiatan KB bukan hanya menjadi program pemerintah, namun telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat untuk jangka panjang. Karena  program KB  tidak hanya identik dengan  kontrasepsi. Tapi banyak kegiatan lain yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan di tingkat keluarga,” sebutnya.

Dia menambahkan, program KB, selain membangun pemahaman  terkait kesehatan reproduksi, kematian ibu dan bayi, pendewasaan usia perkawinan serta meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

Namun pemerintah daerah berusaha untuk secara konsisten melaksanakan program untuk membangun keluarga yang terencana, khususnya bagi para generasi muda dan pasangan pasangan muda. “ Kita harapkan peran dari jajaran TNI (babinsa dan Koramil) sebagai motivator dalam mensukseskan pelaksanaan program KB di Kabupaten Rohul,” tambah mantan Dandim Inhil itu.(Adv/hms)

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas