Advertorial

Bupati Rohul Terima Gelar Datuk Setia Amanah Sutan Botuah

Bupati Rohul, H Suparman SSos MSi didampingi pengurus LAMR Rohul diarak menuju Kantor LAMR Rohul sebelum dilakukan penabalan Gelar Datuk Setia Amanah Sutan Botuah
Bupati Rohul, H Suparman SSos MSi didampingi pengurus LAMR Rohul diarak menuju Kantor LAMR Rohul sebelum dilakukan penabalan Gelar Datuk Setia Amanah Sutan Botuah

Bupati Rohul, H Suparman SSos MSi didampingi pengurus LAMR Rohul diarak menuju Kantor LAMR Rohul sebelum dilakukan penabalan Gelar Datuk Setia Amanah Sutan Botuah

PASIRPENGARAIAN – Bupati Rokan Hulu, H Suparman SSos MSi menerima gelar adat “Datuk Setia Amanah Sutan Botuah” dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR). Gelar adat ini memiliki pesan moral tentang kewajiban menjadi pemimpin yang amanah.

Prosesi pemberian gelar adat dilakukan di kantor LAMR Kabupaten Rohul Komplek Perumahan Pemda Rohul, Rabu (27/9/2017) pagi. Sebelum acara penabalan gelar Bupati Rohul sebagai Datuk Setia Amanah Sutan Botuah itu, terlebih dahulu dilaksanakan acara pengukuhan Pengurus LAMR Rokan Hulu periode 2017-2022 oleh Pengurus LAM Provinsi Riau.

Proses penabalan gelar Datuk Setia Amanah yang diberikan LAMR Rokan Hulu kepada Bupati Rohul H Suparman SSos MSi, dimulai dengan acara Moimbo Gola yang dilakukan Datuk Muhammad Nasir H dengan gelar Datuk Panduko Surajo bersama Datuk Muhammad Nasir Gelar Datuk Lakno Monti.

Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Wancah oleh Datuk H T Rafli Armien SSos gelar Datuk T Majo Lelo sebagai Ketua MKA LAMR Rohul sekaligus pemasangan Tanjak. Sedangkan untuk pemasangan selempang Datuk Setia Amanah Sutan Botuah dilakukan oleh Ketua LAMR Rohul H Zulyadaini. Sementara penyisipan Keris dilakukan oleh Datuk Seri Syahril Abu Bakar Pengurus LAM Provinsi Riau.

Selain itu, Ketua Umum DPH LAM Provinsi Riau Al Azhar, Bupati Rohul H Suparman SSos MSi, Ketua MKA LAMR Rohul dan Ketua LAMR Rohul di upah-upah oleh sejumlah datuk dari Suku Melayu.

Terlihat penabalan gelar Datuk Setia Amanah Sutan Botuah dan Pengukuhan Pengurus LAMR Rohul dihadiri Ketua Umum DPH LAM Provinsi Riau Al Azhar beserta rombongan, turut disaksikan Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, sejumlah Ketua LAMR dari kabupaten tetangga, Forkopimda, Ketua LKA se Kecamatan yang di Kabupaten Rohul beserta anak kemanakan LAMR Rohul.

Sekda Rohul Ir Damri Harun MM, para kepala dinas, badan, kantor, camat di lingkungan Pemkab Rohul, para kepala desa, para datuk adat, ninik mamak dan tokoh masyarakat dan tamu undangan dari kabupaten/kota.

Ketua LAMR Rohul H Zulyadaini gelar Datuk Saudagar Rajo menyebutkan, gelar adat yang ditabalkan kepada Bupati Rohul itu, sebagai bentuk kehormatan kepada pemimpin  di Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau.

Penetapan gelar adat kepada Bupati Rohul itu, telah melalui pertimbangan musyawarah kerapatan ada di lima luhak dan LKA se Kecamatan Rohul beserta anak kemenakan, dengan menitik beratkan sebuah amanah Datuk Setia Amanah Sutan Botuah yang dinilai sangat pas untuk Bupati Rohul.

“ Kita yakin bila gelar ini dijalankan di Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau, Rohul akan terbilang dan dikenang dimasa mendatang. Dengan harapan pemimpin Rohul dapat berjalan lurus dan semoga Allah memberikan yang terbaik. LAMR Rohul dan LKA se Kecamatan Rohul siap mendukung visi dan misi Bupati dan segenap elemen, mari bersinergi membangun negeri ini,” jelasnya.

Pengurus LAMR Rohul yang baru dikukuhkan, tambahnya, bertekat untuk memajukan adat istiadat melayu bersama datuk setia amanah Sutan Botuah.

Bupati Rohul H Suparman SSos MSi dengan Gelar Datuk Setia Amanah Sutan Botuah mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan Pengurus LAMR Rohul yang telah memberikan amanah kepada dirinya dengan penabalan gelar tersebut.

Tentunya LAMR Rohul dan LKA, agar dapat bekerjsama bahu membahu, dan berperan aktif pembangunan bersama Pemkab Rohul, dengan mengedepankan kebersamaan, kegotong royongan dan bhineka Tunggal Ika di Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau.

“ Yakinlah, tanpa kerjasama seluruh pihak termasuk LAMR, apa yang menjadi program pemerintah daerah tidak akan berjalan dengan baik. Kehadiran LAMR Rohul  dapat membina rasa persaudaraan, kekeluargaan dan peran sertanya dalam mengangkat nilai adat dan budaya yang sudah ada sejak zaman dahulu. LAMR ikut mewarnai jalannya pembangunan seperti yang dirintis terdahulu. Sinegritas kebersamaan, dalam membangun daerah sangat diperlukan,” tambahnya.(Adv/hms)

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas