Bengkalis

Lima Hektare Kebun Sawit di Bengkalis Hangus Terbakar

Api membakar sejumlah lahan di wilayah Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS – Musim kemarau yang sudah mulai melanda wilayah pesisir timur, membuat para petani kelapa sawit di Desa Muntai tidak bisa berbuat banyak. Termasuk pada saat api mulai merambah perkebunan kelapa sawit tersebut, mereka hanya bisa menonton tanpa bisa berbuat banyak untuk memadamkan api tersebut.

Saat ini berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bengkalis, Selasa (14/3/2016) setidaknya sejak api merambah perkebunan kelapa sawit masyarakat sejak Kamis lalu sampai sekarang, luas lahan yang terbakar itu tidak kurang dari lima hektare. Agar tidak terus meluas, pihak dari BPBD Bengkalis secara kontinyu terus melakukan pemadaman dengan memanfaatkan akses air pasang dari laut.

Kepala BPBD Bengkalis melalui Kabid Damkar Suiswantoro yang ditemui wartawan mengatakan, kesulitan regu pemadam dan masyarakat dalam memadamkan api ini dikarenakan cuaca yang cukup panas, ditambah lagi angin dari laut menuju pantai juga cukup kencang, sehingga api yang membakar lahan perkebunan kelapa sawit dari bibir pantai itu sangat sulit untuk bisa dipadamkan.

”Regu pemadam bersama masyarakat sampai siang ini masih berada di lapangan untuk memadamkan api yang membakar lahan perkebunan kelapa sawit masyarakat di Desa Muntai dan juga di Desa Bantan. Kami berharap hujan bisa cepat turun, sehingga api yang membakar perkebunan kelapa masyarakat ini bisa segera di padamkan,” ungkapnya.

Solusi yang dilakukan tim di lapangan untuk menghambat lajunya api membakar lahan masyarakat hanya dengan membuat beberapa sekatan kanal dengan beberapa titik. Kemudian diikuti dengan proses pemadaman.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas