Burung

Ini 12 Burung Kicau Paling Mahal, Apakah Anda Sudah Memilikinya?

Burung Cucak Rowo
Meski burungnya bertubuh mungil, jangan salah, harganya selangit bisa mencapai Rp5 juta.

PARA Kicau Lover Indonesia. Punya burung peliharaan tak cukup sekadar cantik warna dan indah kicauannya. Anda juga harus memperhatikan prestise berdasarkan harganya di pasar burung tanah air. Akan lebih komplit jika punya burung kicau yang cantik warna bulu-bulunya, merdu kicauannya, dan kinclong harganya.

Berikut ini, ada 12 jenis burung yang tergolong wah harganya. Apakah Anda sudah memilikinya di rumah?

1. Burung Kenari 

Burung kenari berasal dari Kepulauan Canary yang mempunyai harga yang cukup mahal dari kelompok burung kicau yang ada. Harganya, untuk kenari betina umur tiga bulan di banderol Rp250.000 dan untuk burung kenari jantan umur 3 bulanan Rp300.000.

2. Burung Kacer 

Oleh para penggemar burung disebut juga dengan jalak poci/koci. Burung kicau yang satu ini sangat sering dilombakan, karena mempunyai kicauan yang sangat menarik, nyaring dan merdu. Inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa burung digandrungi banyak orang.

Burung ini sangat umum ditemui di Jawa Barat. Untuk perawatannyapun relatif cukup susah. Untuk mendapatkan kualitas kicau yang bagus, perawatannya juga harus berbeda. Untuk harga, kacer berwarna hitam putih dibanderol antara Rp400.000 sampai dengan Rp800.000.

3. Burung Jalak Suren

Biasa disebut dengan jalak uret. Memang mempunyai bentuk badan yang sangat kokoh dan paruh yang sangat khas seperti burung-burung jenis jalak yang lainnya. Untuk harga burung jalak suren mulai dari Rp600.000 hingga Rp1 jutaan.

4. Burung Murai Batu 

Merupakan burung kicau tercantik yang pernah ada. Burung dengan bodi bak sang model ini mempunyai keunggulan di bentuk dan suara nyaringnya. Burung ini banyak penggemar, namun termasuk jenis burung yang perawatannya cukup susah. Harga burung murai berkisar antara Rp1 jutaan sampai dengan Rp3 jutaan.

5. Burung Cucak Rowo

Suaranya yang unik membuat burung ini di banderol dengan harga yang sangat mahal. Habitatnya adalah kawasan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Burung cucak rowo ini dibandrol dengan harga sekitar Rp3 jutaan hingga Rp5 jutaan.

6, Burung Cucak Jenggot

Komunitas pencinta burung yang satu ini di Indonesia sangat besar. Terlebih lagi kontes burung kicau untuk burung cucak jenggot sangat sering diselenggarakan di kota-kota besar. Burung kicau ini biasanya dijual dengan harga antara Rp200.000 sampai Rp1 jutaan.

7. Burung Anis Merah

Burung ini banyak dikoleksi para pencinta burung kicau di Indonesia. Burung ini punya nama lain yakni punglor merah. Burung kicau ini di harganya antara Rp600 ribuan hingga Rp1 juta lebih.

8. Burung Tledekan

Burung ini mempunyai ukuran tubuh yang kecil, tetapi jangan meragukan tentang siulan atau suaranya. Walaupun kecil burung yang mempunyai warna cerah kebiru-biruan ini mempunyai suara kicauan yang sangat bagus. Burung tledekan harganya sekitar Rp200 ribuan hingga Rp1 jutaan jika kicauannya sudah jadi.

9. Burung Cucak Ijo

Burung ini layaknya cucak jenggot, akan tetapi mempunyai warna yang menarik yakni warna hijau yang tercampur sangat bagus bersama warna hitam pada bagian paruh dan juga kepalanya. Burung cucak hijau yang satu ini banyak di temukan di Sumatera, Kalimantan, Bali dan Pulau Jawa.

Burung ini harganya sekitar Rp500.000 hingga Rp850.000.

1o. Burung Kolibri Ninja

Varian dan jenis burung kolibri ini sangat beragam seperti kolibri gunung, kolibri jawa, kolibri hitam, kolibri wulung, kolibri kelapa dan kolibri sepah. Harga burung kolibri sendiri yakni berkisar antara Rp150.000 hingga Rp600.000 yang tentu saja sebuah nilai fantastis untuk ukuran burung sekecil ini.

11. Burung Branjangan

Burung ini sangat populer di Indonesia. Merupakan jenis burung kicau yang sangat pandai untuk menirukan suara burung yang lainnya dan kicauannya pun sangat merdu dan nyaring.Harganya berkisar antara Rp200 ribuan hingga Rp800 ribuan.

12.Burung Anis Kembang

Mempunyai warna bulu yang seperti bercak-bercak akan tetapi tetap indah dipandang, dengan warna dominan putih hitam membuat burung Anis Kembang ini menjadi sebuah perhatian para pencinta burung kicau. Untuk harga, sekitar Rp400 ribuan.

Baca Juga: Mengapa Burung Betina Jarang Berkicau? Ini Alasannya

Sumber: berkonten.com

Bagi Kicau Lovers Indonesia yang ingin berbagi informasi mengenai pengalamannya memelihara burung berkicau, silahkan kirim artikel dan foto pendukungnya, ke email [email protected]. Semoga sharing informasinya bermanfaat bagi Kicau Lovers lainnya.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas