Burung

Burung Anda Berjodoh? Ini Tandanya

SEPERTI halnya manusia, perkawinan burung juga memiliki proses tersendiri. Kendati tanpa adanya proses pernikahan tentunya, perkawinan spesies burung selalu didahului dengan tanda-tanda khusus yang akan jelas terlihat jika diamati. Tanda ini sangat penting bagi mereka yang hobi memelihara dan membiakkan burung kesayangan, mulai dari mengambil keputusan memisahkan sangkar sampai dengan persiapan menetasnya peliharaan baru.

Meletakkan sepasang burung dalam satu sangkar tidak serta-merta menjamin suksesnya perjodohan. Burung bisa menolak pasangan yang Anda pilihkan dan bahkan dapat memicu perkelahian. Agar pembiakan burung berhasil, maka setidaknya Anda harus mengetahui saat-saat sepasang burung sudah berjodoh.

Seperti dikutip dari BurungPerkicau.com, ini dia 4 tanda jika burung Anda menemukan jodohnya:

  1. Apabila Anda memisahkan sepasang burung yang sebelumnya satu kandang, maka reaksi saat kedua burung pada saat didekatkan kandangnya bisa menjadi pertanda yang paling khas. Jika mereka saling tidak bereaksi, maka bisa dipastikan bukan itulah johoh si burung pada saat itu. Namun jika salah satu atau keduanya saling menyahut dan melabrak kandang, maka satukanlah mereka di satu kandang karena mereka merasa cocok satu sama lain.
  2. Ketika ditempatkan dalam satu kandang, burung yang berjodoh biasanya saling berdekatan.
  3. Ketika diberi makan, biasanya burung yang akan kawin saling mematuk paruh pasangannya secara lembut dan berbagi makanan di paruh.
  4. Untuk jenis tertentu, misalnya kenari, jika Anda meletakkan jerami di dalam kandang maka burung jantan akan mengambil jerami tersebut dan membuatnya menjadi sarang tempat burung betina akan bertelur.

Nah, setelah tanda-tanda tersebut Anda temukan, ada baiknya mulai mempersiapkan kandang khusus untuk masa awal menetasnya anak burung.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas