Burung

PKM Rohul Kembangkan Klub Burung ke Kecamatan dan Desa

Kontes burung

PASIRPENGARAIAN – Usai kontes burung berkicau tingkat nasional dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-16 Kabupaten Rohul, Persatuan Kicau Mania (PKM) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan melakukan penguatan kelembagaan Bird Club (BC) yang telah dibentuk di setiap kecamatan dan desa Se-Rohul.

Bahkan dengan berhasilnya iven Rohul Kicau Mania, untuk kegiatan lomba burung kicauan di Rohul mendapat dukungan penuh dari Bupati Rokan Hulu Drs H Achmad MSi dan Wabup Rohul Ir H Hafith Syukri MM dengan meminta kegiatan ini diagendakan secara berakala, di luar acara tahunan yang baru dilaksanakn pada HUT Ke-16 Kabupaten Rokan Hulu.

Ketua PKM Rohul Zulhendri SSos yang sehari-hari Camat Kabun didampingi Sekretaris Helfiskar SH (Kabag Hukum Setda Rohul), Kamis (15/10/2015), menyebutkan, semakin banyaknya pecinta burung kicau di Rohul, selain potensi burung kicau yang ada di Negeri Seribu Suluk cukup bagus, mendapat dukungan dari Pemkab Rohul dalam melestarikan burung langka yang ada di daerah ini.

Dia menyebutkan, Bupati Rohul Drs H Achmad MSi memiliki burung murai batu, begitu juga Wakil Bupati Rohul Ir H Hafith Syukri MM memiliki beragam jenis burung kicau yang diperhirtungkan,

‘’Alhamdulilah, pimpinan kita mempunyai hobi terhadap burung kicauan. Bahkan Pak Wabup berencana akan membuat arena kontes di belakang rumah dinasnya yang masih terlihat alami dengan adanya pepohonan, dan itu mendukung dilaksanakanya sebagai pelestarian hutan dan burung langka di daerah ini,’’ ungkap Zulhendri.

Helfiskar menambahkan untuk PKM Rohul sudah mengantongi izin resmi, selain Pembina dan Pelindung Bupati Rohul, Kapolres Rohul, Dandim KPR 0313 KPR serta terdaftar di Akte Notaris.

‘’Kita memiliki lapangan permanen untuk latihan berbagai jenis macam burung kicauan sekali sepekan di Jalan Gaharu. Dan itu terbuka untuk umum guna mempersiapkan burung kicauan andalan untuk mengikuti kontes burung kicau di luar daerah,’’ kata Helfiskar.

Diakuinya, untuk kontes burung kicau tingkat Kabupaten Rohul, tidak perlu lagi mendatangkan juri dari luar, karena juri yang ada telah didilatih dan memenuhi persyaratan.

Kabag Hukum Setda Rohul itu mengaku, PKM Rohul melakukan penguatan kepengurusan BC kecamatan, sebab satu Bird Club, anggotanya ada 100 orang. Pihaknya meminta BC Kecamatan menggelar kontes burung kicau, tentunya dikoordinasi dengan pengurus kabupaten, sehingga kontes yang dilaksanakan dapat terlaksanakan sesuai dengan yang diharapkan.

‘’Pecinta burung tidak musiman, kalau hobi sudah bersatu apapun akan dilakukan. Kita prihatin, akibat pengrusakan hutan, burung lokal yang bebas di alam sudah banyak yang punah. Perlu pelestarian burung langka, dengan melakukan penangkaran,’’ katanya.

Dia menghimbau Bird Club Kecamatan melakukan penangkaran burung langka seperti Murai Batu, Murai Daun yang cukup potensi di daerah ini.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas