Hukrim

Usai Ringankan Jessica, Beng Beng Ong Dideportasi dan Dicekal 6 Bulan ke Indonesia

Beng Beng Ong dideportasi dan dicekal 6 bulan tak boleh masuk ke Indonesia

JAKARTA-Saksi ahli patologi forensik Profesor Beng Beng Ong dari Australia yang dihadirkan dalam sidang terdakwa Jessica Kumala Wongso (27) dalam kasus kematian Wayan Mirna Salihin (27) seharian berurusan dengan imigrasi Indonesia karena disebabkan penyalahgunaan visa.

Beng Beng Ong disebut melanggar Pasal 75 ayat 1 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian. Endingnya, Beng Beng Ong dideportasi Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia. Selain itu, Profesor Beng Beng Ong dilarang masuk ke Indonesia selama 6 bulan.

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Herru Santoso Ananta Yudha sebagaimana dilansir dari Jawapos.co mengatakan, hasil pemeriksaan terhadap Beng Beng Ong menyimpulkan, ada tindak pelanggaran izin tinggal.

“Dari pemeriksaan, tak ditemukan unsur pidana dari kegiatan dan penggunaan visa yang bersangkutan. Tapi ada unsur kesalahan pada administratif,” kata Herru di kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Selasa (6/9/2016).

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Tato Juliadin Hidayawan menyatakan Beng Ong menyalahgunakan izin tinggal lantaran hanya menggunakan visa kunjungan.

Padahal, aktivitasnya di Indonesia yang menjadi saksi ahli patologi di sidang kasus kematian Wayan Mirna Salihin mestinya menggunakan visa izin tinggal terbatas.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas