Internasional

Olimpiade Rio 2016: Usung Tema Ekologi, Brazil Tampilkan Kekayaan Alam dan Budaya

tarian samba pembukaan olimpiade rio 2016.1
Penampilan tarian Samba yang jadi ciri khas seni budaya Brazil pada pembukaan olimpiade Rio 2016. Foto: (Reuters)

RIO DE JANEIRO – Brazil didapuk jadi Tuan Rumah Olimpiade 2016. Tak kurang dari 80.000 penonton memadati Stadion Maracana untuk menyaksikan upacara pembukaan Olimpiade Rio 2016, Sabtu (6/8/2016) pagi WIB. Sekitar 6.000 sukarelawan dilibatkan dalam pagelaran seni kolosal  di acara pembukaan.

Mengusung tema ekologi, pagelaran seni besutan sutradara Fernando Mirelles memukau peserta yang hadir, dimana menunjukkan kekayaan biodiversity Brazil berupa hutan-hutan, flora fauna, tambang serta pantai-pantai yang indah.

Lagu R&B yang begitu kental dengan nuansa Brasil hingga tarian samba semakin menambah kemeriahan acara pembukaan. Tak hanya itu, terdapat sajian menarik yang memadukan antara olahraga parkour, koreografi, serta canggihnya proyeksi tiga dimensi yang membuat para penonton semakin memahami sejarah Brasil.

Acara menyambut 10.500 atlet dari lebih 200 negara di seluruh dunia itu diperkirakan menelan anggaran USD3.5 juta (Rp46 miliar). Meski terbilang kecil untuk event sekaliber olimpiade dunia, namun kemeriahan tetap ditampilkan pihak penyelenggara.

Seperti biasa setiap negara yang ambil bagian pada Olimpiade tahun ini dipanggil masuk ke lapangan. Defile Indonesia dipimpin oleh atlet lompat jauh Maria Londa yang berdiri di depan memegang bendera Merah-Putih.

Kontingen Yunani sebagai tuan rumah pertama Olimpiade berjalan keluar diikuti Afganistan. Selanjutnya, kontingan dipanggil berdasarkan urutan abjad dari A sampai Z. Namun, sebagai tuan rumah, Brasil menjadi negara terakhir yang melakukan defile.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas