Internasional

Setelah Gaza, Giliran Arab Saudi Bersimpati Musibah Asap Indonesia

Salat Istisqa di Masjidil Haram.
Raja Salman memerintahkan seluruh masjid di Arab Saudi melaksanakan salat Istisqa dan berdoa agar Allah turunkan hujan di negeri muslim di dunia termasuk Indonesia. Foto: Internet.

JEDDAH – Beberapa waktu yang lalu, rakyat Gaza Palestina mengirimkan bantuan kemanusiaa untuk membantu warga Riau yang terpapar musibah kabut asap berupa uang tunai Rp50 juta, rasa simpati juga datang dari Timur Tengah.

Kali ini, orang nomor satu di Saudi Arabia Raja Salman bin Abdul Aziz telah mengeluarkan perintah kepada seluruh pengelola masjid di Arab Saudi untuk melaksanakan salat istisqa dan berdoa kepada Allah agar menurunkan hujan di Indonesia dan negara-negara muslim lainnya.

Sebagaimana dilansir dari duniatimteng.com, Ahad (1/11/2015), informasi ini diperoleh dari media Arab News, di mana istana telah mengeluarkan rilis bahwa perintah Raja Salman ini sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW

Imbauan dan seruan yang disampaikan Raja Salman direspon warga Saudi. Khusus di Masjidil Haram Makkah Al-Mukarromah, salat Istisqa dilaksanakan Jumat (30/10/2015) dengan imam Syaikh al-Ghamdi. Sedangkan di Madinah Al-Munawwaroh, salat Istisqa dilaksanakan di Masjid Nabawi. Di Kota Riyadh, salat Istisqa dilaksanakan di Masjid Imam Turki ibn Abdullah yang diimami oleh Grand Mufti Syaikh Abdul Aziz al-Sheikh.

Dalam doanya, jamaah tidak hanya berdoa bagi Saudi saja, namun juga bagi negara-negara muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang sedang terkena bencana asap.

Ahmad Masri, yang ditemui Riauposting.com mengenai adanya salat Istisqa di Arab Saudi yang juga mendoakan Indonesia, mengatakan, dirinya sangat senang adanya informasi ini. Menurutnya, inilah hebatnya Islam dan tingginya rasa persaudaraan sesama muslim tanpa memandang negara maupun warna kulit.

“Bagi Islam itu kan, wajib menolong sesama. Bukan saja sesama muslim seakidah, namun dengan non-muslim pun harus senantiasa tolong-menolong. Apa yang dilakukan umat Islam Arab Saudi membuktikan bahwa Islam itu adalah agama rahmatan lil alamin. Umat Islam memiliki ikatan yang kuat dalam satu akidah tanpa memandang jarak dan lainnya,” ungkap Ahmad Masri.

Sebagai warga Riau, dirinya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Arab Saudi yang telah memerintahkan ke seluruh masjid melaksanakan salat Istisqa untuk meminta diturunkan hujan. Walaupun tidak spesifik untuk Indonesia, namun doa itu juga termasuk Indonesia di dalamnya.

“Luar biasa kalau seluruh negeri (Arab Saudi, red) diinstruksikan salat istisqa. Ini tamparan juga bagi pemerintah kita. Sudah berbulan-bulan negeri ini dilanda bencana, tak ada perintah dari pemerintah dalam hal ini presiden untuk melaksanakan salat Istisqa di seluruh masjid yang ada di Indonesia,” tambahnya.

Baca Juga: Warga Gaza Kirim Bantuan untuk Korban Asap di Riau

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas