Internasional

Bahrain, Sudan, dan UEA Susul Arab Saudi Putus Hubungan Diplomatik dengan Iran

Warga Iran berdemonstrasi protes eksekusi mati yang dilakukan Arab Saudi terhadap ulama- Syiah

TEHERAN- Pemutusan hubungan diplomatik Arab Saudi dan Iran sebagai buntut eksekusi mati ulama Syiah Syeik Nimr al Nimr terus memunculkan reaksi dari berbagai pihak. Selain gelombang demonstran warga Iran yang memerotes kebijakan Arab mengeksekusi ulama mereka, sejumlah negara kawasan timur tengah lainnya mengambil langkah diplomatik.

Bahrain, mengambil sikap sama dengan Arab Saudi memutushubungan diplomatik mereka Iran sebagai bentuk protes keras atas penyerangan Kedutaan Besar Arab Saudi di Teheran. Selain itu,  dua negara bersekutu lainnya masing-masing Uni Emirat Arab (UEA) dan Sudan juga mengambil langkah serupa.

Sudan langsung memutus hubungan diplomatik, sementara UEA menurunkan tingkat hubungan dengan cara menarik duta besarnya dan hanya menempatkan perwakilan setingkat kuasa usaha, dan diplomat yang bertugas pun dibatasi.

“Sebagai respon atas serangan terhadap Kedutaan Besar Arab Saudi di Teheran dan konsulatnya di Masshad, Pemerintah Sudan mengumumkan pemutusan hubungan dengan Republik Islam Iran,” ungkap Kementerian Luar Negeri Sudan yang dilansir dari Okezone.com yang juga merilis dari The Hindu, Senin (4/1/2016).
Sumber: Okezone.com

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas