Kuantan Singingi

Gugatan IKO Ditolak MK, MH Jawara Pilkada Kuansing

Mahkamah Konstitusi
Mahkamah Konstitusi

JAKARTA – Hari ini, Senin (22/2/2016) Mahkamah Konstitusi (MK) secara resmi menolak gugatan pasangan Indra Putra – Komperensi (IKO) dalam sengketa Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Keputusan ini secara otomatis memperlancar perjalanan pasangan Mursini – Halim (MH) untuk memimpin kabupaten tersebut.

Ketua Majelis Hakim, Arief Hidayat dalam pembacaan amar putusan menyatakan menolak permohonan pasangan IKO karena tidak adanya penjelasan mengenai kesalahan perhitungan suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum – Daerah (KPUD) Kabupaten Kuantan Singingi.

Sementara itu, gugatan IKO lainnya menyangkut dukungan partai yang diarahkan kepada pasangan MH, MK menyatakan penolakan. Hal itu didasarkan kepada kewenangan penyelenggaraan kasus yang seharusnya berada pada Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan bukan MK.

Proses pembacaan amar putusan ini berlangsung di Gedung MK, Jakarta selama sekitar 2 jam. Hampir dipastikan, pasangan nomor urut 2, Mursini – Halim sebagai jawara Pilkada Kabupaten Kuantan Singingi 2015 dan akan memimpin pemerintah setempat untuk periode 2016-2021.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas