Lainnnya

Bertarung di Pilkada Pelalawan, Kazzaini Daftar di Tiga Partai

Kazzaini

BURSA bakal calon kepala daerah Kabupaten Pelalawan yang akan bertarung pada pemilukda serentak 9 Desember 2015 semakin ramai. Hal ini ditandai dengan mendaftarnya putra daerah Kabupaten Pelalawan Drs H Kazzaini Ks. Tak tanggung-tanggung, Kazzaini langsung mendaftar di tiga partai masing-masing DPC PAN Pelalawan, DPC Hanura Pelalawan, dan DPC Gerindra, Senin (4/5/2015).

Sebagai upaya mengharapkan ridho Allah, Kazzaini yang kala itu didampingi Sekretaris PAN Pelalawan Rojuli dan rombongan sengaja memilih mendaftar selepas salat Zuhur berjamaah di Masjid Raya Pangkalankerinci. Pertama, Kazzaini yang juga Ketua Dewan Kesenian Riau (DKR) ini bersama rombongan mendatangi Kantor Dewan Pimpinan Cabang Partai Amanat Nasional (DPC PAN) di Pangkalan Kerinci, untuk membalikkan formulir pendaftaran yang sudah diambil beberapa hari sebelumnya.

Lepas dari PAN, Kazzaini yang juga ikut didampingi sejumlah mahasiswa dan seniman ini ke Kantor Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan selanjutnya ke Kantor Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Khusus untuk Partai Gerinda, Kazzaini baru sekadar mengambil formulir pendaftaran.

Di Kantor DPC PAN Pelalawan, kehadiran Kazzaini dan rombongan diterima Panitia Penjaringan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Pelalawan Muslim. Ikut hadir menerima, sejumlah pengurus DPC PAN Pelalawan. Pendaftaran di PAN dintandai dengan penyerahan berkas pendaftaran.

“Kami terima pendaftaran ini untuk selanjutnya kami serahkan kepada tim untuk melakukan verifikasi,” ungkap Ketua Penjaringan Muslim saat menerima berkas pendaftaran dari Kazzaini.

Selanjutnya, berkas tersebut langsung diverifikasi. Dalam beberapa menit, verifikasi langsung selesai dan dinyatakan lengkap. Selanjutnya dilakukan penandatanganan berita acara. “Untuk selanjutnya, berkas ini akan kami serahkan kepada tim DPW PAN Riau untuk kemudian dibawa dan diproses di tingkat DPP,” jelas Muslim.

Selesai di DPC PAN, Kazzaini ikut didampingi Sekretaris DPC PAN Pelawan dan rombongan, kemudian ke Kantor DPC Hanura Pelalawan. Di Hanura, langsung diterima oleh Ketua DPC Hanura Herman Maskar dan sejumlah pengurus DPC Hanura yang kemudian langsung dibawa ke meja panitia penjaringan.

Setelah registrasi, Kazzaini langsung menyerahkan berkas kepadaAzwar selaku Ketua Penjaringan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Pelalawan. Berkas tersebut langsung dilakukan verifikasi. Untuk tahap pertama, berkas tersebut dinyatakan lengkap. Selanjutnya, oleh panitia penjaringan, kepada Kazzaini diminta untuk menyiapkan kelengkapan administrasi lainnya.

“Untuk sementara sudah cukup. Selanjutnya, kita minta kepada kepada Pak Kazzani untuk menyiapkan berkas lainnya. Nanti akan dikoordinasi lagi, kapan waktu melengkapi persyaratan lainnya,” jelas Azwar.

Berkas yang perlu dilengkapi antaranya, surat keterangan kesehatan, surat keterangan dari pengadilan, serta surat keterangan dalam keadaan tidak failit bila bakal calon memiliki perusahaan.

Usai dari Hanura, Kazzaini langsung menuju Kantor DPD Partai Gerindra. Kedatangan Kazzaini disambut oleh Ketua DPD Gerindra Pelalawan HM Rusli. Di Gerindra Kazzaini baru setakad mengambil formulir yang diserahkan langsung oleh Ketua Tim Penjaringan.

Terkait pendaftaran di tiga partai ini, Kazzaini menjelaskan, sebagai salah seorang putra kelahiran Pelalawan tepatnya dari Kuala Kampar, ia merasa terpanggil untuk mendedikasikan dirinya dalam membangun Pelalawan. Apalagi, dalam pembentukan Kabupaten Pelawan, ia juga terlibat sebagai salah seorang panitia.

“Dulu, sewaktu pemilihan kepala daerah 2001, saya pernah ikut sebagai calon Wakil Bupati bersama dengan Bapak Prof. Ir. Tengku Dahril. Seperti kita ketahui, dalam proses yang masih melalui DPRD Pelalawan itu, kendati keinginan dari masyarakat cukup kuat untuk kami memimpin, tapi takdir berkata lain. Waktu itu terpilih pasangan T Azmun dan Annas,” papar Ketua Yayasan Sagang dan Wakil Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau ini.

Setelah lima belas tahun atau sekarang ini, ia kembali merasa terpanggil. Sekali ini, ia mencoba melalui jalur tiga partai, yaitu PAN, Hanura, dan Gerindra. Pemilihan tiga partai ini, kata Kazzaini tentu ada alasannya.

“Mendaftar di PAN, karena saya memang kader PAN dan kini duduk sebagai salah seorang pengurus di DPW PAN Riau. Kemudian, di Hanura dan Gerindra, karena pertimbangan kesamaan pandagan politik,” jelas Kazzaini, yang juga Ketua Dewan Kesenian Riau ini.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas