Gaya Hidup

Lakukan 6 Cara Ini untuk Menjadi Ayah Idaman

Ayah idaman anak-anak

SEBAGAI seorang ayah, bagaimana Anda menunjukkan kepada anak-anak bahwa Anda penting bagi mereka. Untuk menjadi seorang ayah idaman dan ayah dalam keluarga, khususnya untuk anak-anaknya sangatlah penting, tak hanya sebagai kepala keluarga, tetapi juga contoh yang baik untuk anak-anak Anda.

Selain itu disiplin lebih efektif jika sang ayah memuji anak-anaknya. Namun, sebagaian orang malas, enggan, atau bahkan gagal menjadi sosok ayah yang keren atau cool karena salah bersikap.

Berikut ini langkah-langkah yang telah dilansir dari Parentssociety pada Selasa (3/11/2015), yang dapat Anda lakukan untuk menjadi seorang ayah idaman.

Jangan Merengek dan Mengeluh di Depan Anak Anda

Sebagai orang tua pastinya pernah merasa lelah saat mendidik anak-anaknya. Namun, jangan terlarut untuk merengek dan mengeluh terus menerus, khususnya di depan anak Anda. Motivasi diri Anda untuk tegar karena hal tersebut mengajarkan sang anak untuk tetap kuat.

Selalu Ada untuk Anak Anda

Langkah ini akan menjadikan anak Anda berpikir akan apa yang ayahnya telah lakukan padanya di masa depan kelak. Bagaimana sosok ayah yang mereka miliki selalu ada di saat mereka membutuhkannya dan membimbing untuk jadi pribadi yang baik.

Bersikaplah Dewasa, tetapi Jangan Lupa Berpikir seperti Anak Kecil

Langkah ini diakui untuk sebagian besar orang tua cukup sulit. Bersikap dan berpikir layaknya orang dewasa dan anak-anak. Namun, cara ini dirasa baik untuk mendekatkan diri dengan anak Anda sebagai teman dan ayah.

Jangan Mencoba Terlihat Keren

Rentang usia yang berbeda dengan anak Anda pastinya memengaruhi gaya dan tren yang berkembang. Sudah pasti ukuran keren pada zaman Anda akan berbeda dengan yang dihadapi saat ini. Oleh karena itu, jangan mencoba untuk ikut-ikutan untuk terlihat keren tanpa adanya observasi terlebih dahulu.

Membimbing dengan Contoh

Anak adalah gambaran diri Anda sendiri. Apa yang anak Anda lakukan pastinya juga belajar dari contoh sikap dan perilaku ayahnya. Bimbing anak Anda dengan memberi contoh karena sang anak akan cenderung melihat contoh ketimbang nasihat.

Beri Kepercayaan pada Mereka dan Pergaulannya saat di Sekolah

Hal ini sepertinya terdengar sulit karena kecenderungan sebagai orang tua yang ingin melindungi. Namun, saat Anda mengantar anak ke sekolah usahakan untuk tidak berlama-lama menunggunya agar mereka terlatih untuk percaya diri dengan pergaulannya.

Sumber : liputan6.com

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas