Headline Rohul

Untuk Daftar CPNS, Pembuatan SKCK di Polres Rohul Membludak

Antusias masyarakat dalam pengurusan SKCK di Polres Rohul
Antusias masyarakat dalam pengurusan SKCK di Polres Rohul

Antusias masyarakat dalam pengurusan SKCK di Polres Rohul

PASIRPENGARAIAN – Antusias masyarakat Kabupaten Rokan Hulu, untuk mendapatkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Rokan Hulu, Rabu (26/7/2017) pagi membludak. Hal ini disebabkan akan ada pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) oleh Kemenkumham tahun 2017, dimana SKCK salah satu syarat yang harus dilengkapi para peserta yang melamar menjadi CPNS.

Dari data Bagian Sat Intelkam Polres Rohul, sejak 1 Juli 2017 lalu hingga 26 Juli 2017 siang, penerbitan SKCK di Polres dan Polsek jajaran Polres Rohul mencapai 885. Melonjaknya pemohon SKCK dimulai pada pertengahan juli yaitu 17 Juli 2017. Sementara Pemohon SKCK untuk CPNS Kemenkumham sampai hari ini sudah 86 dan lainnya untuk melamar pekerjaan serta melanjutkan pendidikan.

Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH melalui Kasat Intelkam Polres Rohul AKP Aditya Reza Syahputra menjelaskan, bahwa dengan adanya informasi penerimaan CPNS yang direkrut Kemenkumham pada tahun 2017 ini jauh hari bagian Intelkam Polres Rohul sudah menghimbau masyarakat untuk mempersiapkan segala syarat untuk pengurusan SKCK.

“ Kami menghimbau kepada masyarakat, jauh-jauh hari sebelum dibukanya pendaftaran CPNS tersebut supaya dapat menyiapkan segala persyaratan untuk penerbitan SKCK,” tuturnya.

Diakuinya, agar tidak lama menunggu, bagi masyarakat yang mau buat SKCK, sebelum menyerahkan persyaratan ke bagian Sat Intelkam Polres Rohul, agar melakukan registrasi secara online terlebih dahulu dengan mengakses situs www.skckresrohul.com.

“ Sebelum menyerahkan persyaratan penerbitan SKCK, kami harap kepada masyarakat agar dapat melakukan registrasi secara online dimana pun saja tidak mesti di Polres Rohul, satu atau dua hari sebelum menyerahkan persyaratan ke bagian Sat Intelkam Polres Rohul,” jelasnya.

Adittya mengakui, registrasi yang dilakukan masyarakat secara online sehari sebelum mengantarkan berkas tersebut dengan tujuan supaya para pemohon tidak lama mengantri di Bagian Sat Intelkam Polres Rohul.

Selanjutnya, AKP Aditya menghimbau kepada masyarakat dalam mengurus pembuatan SKCK secara langsung dan tidak melalui Calo, hal ini dilakukan untuk menghindari tarif lebih tinggi dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dimana sesuai PP No 60 Tahun 2016, ‎tentang jenis PNBP untuk pengurusan SKCK, sebesar Rp. 30 Ribu.

“ Kita dapat informasi ada yang memberikan 100 Ribu, namun kita tanya kepada siapa yang memberinya dan untuk biaya apa, yang bersangkutan tidak bisa berikan keterangan,” papar Aditya.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas