Nasional

Titik Api di Riau Terbanyak di Indonesia, Asap Rohil Sampai ke Singapura

Kabut asap di Rokan Hilir

JAKARTA-Kabut asap kembali melanda beberapa kabupatan/kota di Provinsi Riau. Bahkan, terpantau, titik api terbanyk itu berada di Riau khususnya di Kabupaten Rokan Hilir.

Kepala Pusat Kendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo sebagaimana dilansir dari viva.co.id, menjelaskan, terdapat 138 titip api (hot spot) di seluruh wilayah Indonesia. Dari jumlah itu, wilayah Riau, tercatat memiliki titik api terbanyak.

Menurut Sutopo, lebih dari separuh jumlah titik api tersebut berada di Provinsi Riau. “(Sejumlah) 85 (titik api) ada di Riau, meski begitu standar asap masih normal. Belum ada gangguan penerbangan,” ungkap Sutopo, Senin (29/8/2016).

Lebih lanjut dikatakanya, dari  85 titik api di Riau, 71 di antaranya terdapat di Rokan Hilir. Parahnya asap di Rokan Hilir, beberapa hari lalu, asap dari Rokan Hilir sempat sampai ke Singapura. “Rokan Hilir kemarin sempat cukup parah. Asap sempat masuk negara tetangga (Singapura,red), namun dalam intensitas tipis,” ujar Sutopo.

Menurut Sutopo, lahan di Riau dan Rokan Hilir sengaja dibakar karena sudah dipersiapkan untuk pembukaan lahan baru. Tim gabungan penanggulangan kabut asap dituntut untuk selalu siap di wilayah tersebut.

“Rokan Hilir itu sudah biasa dipetak-petakkan, lalu dibakar untuk dijadikan kebun baru. Jadi kami hanya bisa memantau. Begitu ada titik api baru kami tindak,” ujar Sutopo.

Secara umum, menurut Sutopo, intensitas kebakaran lahan pada 2016 lebih rendah jika dibanding tahun lalu. Pada Agustus -September 2015, wilayah kebakaran lahan telah tertutup kabut asap.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas