Nasional

Pasek: Pembakar Lahan Lebih Bahaya dari Teroris Bom Bali

Anggota DPD RI I Gede Pasek Suardika,

JAKARTA – Para pelaku pembakar lahan yang menyebabkan kabut asap di sejumlah provinsi di Indonesia lebih dahsyat dari pelaku teror bom bali. Sebab, dampak yang ditimbulkan oleh para pelaku pembakar lahan ini sangat luas dan mengancam nyawa manusia dalam jumlah besar.

Pernyataan ini disampaikan anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) I Gede Pasek Suardika kepada wartawan, menanggapi parahnya dampak kabut asap yang terjadi akibat pembakaran lahan oleh orang-orang yang tidak bertangggung jawab, sebagaimana disiarkan Radio Republik Indonesia (RRI), Jumat pagi (30/10/2015).

Menurut Pasek, aksi pembakaran lahan ini dilakukan secara masif dan terencana sehingga dampaknya mengancam nyawa banyak orang yang bahkan sudah nyata mengakibatkan terjadinya korban meninggal dunia.

“Aksi pembakaran lahan yang menyebabkan kabut asap ini sudah sangat masif dan sama dengan teroris. Lebih dahsyad dari bom bali. Sehingga pelakunya harus dihukum berat.” tegas Pasek.

Mantan pengurus Partai Demokrat ini mengatakan, pemerintah harus mengumumkan kepada publik pelaku pembakaran dan korporasi yang melakukan pembakaran. Selain itu, masyarakat harus terus berperan aktif memantau dan mengawal kebijakan pemerintah dalam menangani kasus pembakaran lahan yang berdampak terjadinya kabut asap yang sangat parah seperti yang terjadi tahun ini.

“Pemerintah harus ungkap ke publik korporasi yang terlibat pembakaran hutan. Jangan hanya sekadar menyebutkan sudah ada yang ditangkap. Dengan cara itu akan menimbulkan efek jera. Masyarakat juga diharapkan terus terlibat aktif mengawal proses hukum terhadap para tersangka,” katanya.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas