Advert To Riau

WR II UNRI Sosialisasikan Statuta Universitas Riau

Pekanbaru (Jum’at, 09/02/2018) – Bertempat di Ruang Rapat Senat FKIP UNRI berlangsung kegiatan Sosialisasi Statuta Universitas Riau yang menghadirkan nara sumber Wakil Rektor II Universitas Riau Prof Dr Sujianto MSi. Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut telah terbitnya Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2017 Tentang Statuta Universitas Riau sebagai acuan pengelolaan dan penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi di lingkungan Universitas Riau, dan  untuk melaksanakan ketentuan Pasal 66 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Pasal 29 ayat (10) Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.

Turut hadir dalam sosialisasi ini, Senat FKIP UNRI, Dekan FKIP UNRI Prof Dr H M Nur Mustafa MPd, Wakil Dekan I Dr Zul Irfan MSi, Wakil Dekan II Drs Jasfar Jas MPd, Wakil Dekan III Dr Mahdum Adnan MPd, para Guru Besar FKIP UNRI, Ketua Jurusan, Koordinator Prodi, Dosen dan Tenaga Kependidikan FKIP UNRI.

Statuta merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan konstitusi lembaga internasional atau himpunan peraturan yang ditetapkan oleh persetujuan internasional mengenai kerja suatu kesatuan hukum yang berada di bawah supervisi internasional.

Statuta adalah pedoman dasar penyelenggaraan kegiatan yang dipakai sebagai acuan untuk merencanakan, mengembangkan program dan penyelenggaraan kegiatan fungsional sesuai dengan tujuan perguruan tinggi yang bersangkutan, yang berisi dasar yang dipakai sebagai rujukan pengembangan peraturan umum, peraturan akademik dan prosedur operasional yang berlaku di perguruan tinggi yang bersangkutan.”KEMENRISTEKDIKTI.

Wakil Rektor II UNRI Prof Dr Sujianto MSi mensosialisasikan tentang PERMENRISTEKDIKTI Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2017 di FKIP Universitas Riau Tentang Statuta Universitas Riau. Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan Universitas Riau yang selanjutnya disebut UNRI adalah perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan akademik, pendidikan vokasi, dan pendidikan profesi dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni.

Statuta UNRI yang selanjutnya disebut Statuta adalah peraturan dasar pengelolaan UNRI yang digunakan sebagai landasan penyusunan peraturan dan prosedur operasional di lingkungan UNRI.

Adapun materi Sosialisasi Statuta Universitas Riau terdiri dari: Ketentuan Umum, Identitas, Penyelenggaran Tridharma Perguruan Tinggi, Visi Misi Dan Organisasi, Tata Cara Pengangkatan Dan Pemberhentian Pimpinan Organ, Sistem Pengendalian Dan Pengawasan Internal, Dosen Dan Tenaga Kependidikan, Mahasiswa Dan Alumni, Sarana Dan Prasarana, Pengelolaan Anggaran, Kerja Sama, Sistem Penjaminan Mutu, Bentuk Dan Tata Cara Pembentukan Peraturan Dan Keputusan, Pendanaan Dan Kekayaan, serta ketentuan lainnya.

Pada kegiatan Sosialisasi ini juga dibuka sesi tanya jawab yang dimoderasi langsung oleh Dekan FKIP UNRI Prof Dr HM Nur Mustafa MPd, banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan, Sujianto pun menjawab seluruh pertanyaan dari para peserta. “Kita akan menindak-lanjuti segala permasalahan yang ada dan akan menyelesaikan dengan secapatnya, setelah itu Kita akan membangun segala sarana dan prasarana yang Kita butuhkan. “Ujar Sujianto.

Kegiatan sosialisasi ini menarik dan dapat memberikan informasi bagi sivitas akademika dalam penyelenggaraan dan pengelolaan kegiatan akademik.

Di akhir Sesi Sosialisasi ini, diharapkan kepada seluruh peserta dan sivitas Akademika dapat memahami dan dapat diterapkan dalam penyelenggaraan dan pengelolaan di FKIP Universitas Riau. “harapan Sujianto.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas