Pekanbaru

Pemko Pekanbaru Gratiskan KK dan KTP bagi Warga Miskin

warga miskin
warga miskin

Ilustrasi: (Foto: img.lensaindonesia.com)

PEKANBARU – Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun  ke-231 kota Pekanbaru yang diperingati setiap tanggal 23 Juni, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menyatakan akan memberikan layanan gratis pada pengurusan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi masyarakat miskin di wilayah kota dalam sebulan ke depan.

“Ini layanan gratis dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun  ke-231 Pekanbaru,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru Baharuddin di Pekanbaru, Senin (15/6/2015), seperti dilansir dari antarariau.com.

Dia mengatakan, pemberian layanan gratis KK dan KTP ini merupakan agenda tahunan perayaan HUT Pekanbaru. Tujuannya untuk membantu keluarga kurang mampu agar dapat memiliki administrasi kependudukan.

Menurut dia, selain karena biaya, tidak jarang keluarga kurang mampu ini lemah dalam administrasi, karena tidak memiliki akses ke pemerintah. Sehingga mereka sering mengabaikan kelengkapannya. Misalkan persyaratan untuk memiliki KK dan KTP salah satunya surat pindah dari daerah asal. Dengan adanya pelayanan gratis ini, Pemerintah Kota akan membantu berbagai kemudahan tersebut.

“Diprioritaskan bagi mereka yang tidak mampu dan belum punya adminitrasi kependudukan yang lengkap karena terkendala biaya,” ujarnya.

Syaratnya selain kurang mampu, mereka  sudah lama berada di Pekanbaru, dikuatkan dengan keterangan RT/RW setempat. Lebih lanjut Baharuddin mengatakan, untuk menjalankan program tersebut pihaknya telah menyurati  pemerintah kecamatan untuk mensosialisasikannya di wilayah masing-masing. “Karena RT/RW serta Camat setempatlah yang tahu warganya,” tambahnya.

Berbicara target diakuinya, sejauh ini pihaknya belum bisa mematok berapa banyak KK dan KTP yang akan digratiskan. “Kami akan melihat kecenderungan dan  menunggu data dari kecamatan,” ucapnya.

Usai pembuatannya masih menurut dia, KK dan KTP gratis ini secara simbolik akan diserahkan Wali Kota pada saat puncak acara peringatan HUT Pekanbaru. “Pada apel pagi peringatan hari jadi Pekanbaru tepat ditanggal 23 Juni akan dibagikan,” ujarnya.

Adalah tugas pemerintah untuk membantu dan meningkatkan taraf hidup warga miskin. Semoga peningkatan layanan sosial bagi warga kurang mampu oleh Pemko Pekanbaru diharapkan kedepannya dapat terus ditingkatkan dan tidak diselenggarakan berdasarkan moment semata, misalnya karena moment HUT Kota, tetapi menjadi sebuah agenda sosial Pemko Pekanbaru yang terus bekesinambungan.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas