Pelalawan

Memburu Target; Akhir 2015 Kabupaten Pelalawan Terang-benderang

PLTMG PT Langgam Power
Kepala BPPT Dr Ir Marzan A Iskandar (dua dari kanan) diidampingi Bupati Pelalawan HM Harris saat meninjau PLTMG Langgam Power, beberapa waktu lalu.

KABUPATEN Pelalawan sebagai salah satu kabupaten otonom di Provinsi Riau dengan berbagai kandungan sumber daya alamnya, termasuk juga sumber energi bumi yang terkandung di dalamnya, terus berupaya untuk menjadikan kabupaten yang maju di Provinsi Riau.

Bahkan, Bupati Pelalawan HM Harris punya mimpi besar terhadap daerahnya, yakni ingin Kabupaten Pelalawan terang-benderang di akhir tahun 2015. Sungguh target besar dan impian yang besar dari seorang kepala daerah. Mimpi besar itu pun sudah setahun lalu mulai digaungkan.

Mimpi besar Bupati Pelalawan inilah yang juga menjadi program besar dan utama Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Pelalawan. Apalagi, program kelistrikan menjadi fokus Bupati Pelalawan HM Harris hingga dirinya mengakhiri masa jabatan sebagai Bupati Pelalawan hingga pertengahan 2016 nanti.

Berbagai upaya untuk meningkatkan elektrifikasi dan perluasan jaringan listrik terus dilakukan Dinas Pertambangan dan Enegeri Kabupaten Pelalawan sebagai upaya mempercepat terwujudnya Kabupaten Pelalawan terang-benderang sebagaimana yang telah diazamkan.

Menjadikan Pelalawan terang-benderang menjadi satu dari tujuh program unggulan Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang ditetapkan melalui Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD). RPJMD ini pun menjadi bagian dari visi Pembaharuan Menuju Kemandirian, yakni Program Pelalawan Terang.

Target terang benderang itu semakin menemui titik terang dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) PT Langgam Power yang bisa menambah daya 39,6 MW dari 12 mesin oembangkit yang masing-masing berkekuatan 3,3 MW.

Bupati Pelalawan di PLTMG Langgam Power

Bupati Pelalawan HM Harris berbincang dengan Bupati Inhu Yoppi Arianrto saat dua kepala daerah itu mengunjungi pembangkit listrik di PT Langgam Power beberapa waktu lalu.

“Saya optimis daerah dan wilayah perairan di Kabupaten Pelalawan juga dapat merasakan penerangan listrik dari PLTMG PT Langgam Power secepatnya. Pasalnya, untuk daerah perairan akan tetap terus menjadi fokus perhatian program Pelalawan Terang,” demikian dikatakan Bupati Pelalawan M Harris, bulan Maret tahun lalu dalam suatu acara di di Pangkalan Kerinci.

Beroperasinya pembangkit listrik milik PT Langgam Power ini pula yang menjadi alas kata optimistis Bupati Harris bahwa upaya mewujudkan Pelalawan terang-benderang itu akan terwujud.

“Kita optimis dengan adanya PLTMG Langgam Power ini, krisis listrik dapat diatasi pada tahun 2015. Seluruh masyarakat Pelalawan yang ada di 12 kecamatan sudah menikmati penerangan listrik serta bebas dari krisis listrik,” ungkap Bupati Pelalawan HM Harris.

Selain pasokan tenaga listrik, pemerintah juga menggesa pemasangan jaringan instalasi listrik di 12 kecamatan yang ada. Upaya ini digesa melalui program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa dan Kelurahan (PPIDK). Melalui program tersebut, banyak desa dan kelurahan telah mengajukan pembangunan jaringan listrik melalui anggaran dana PPIDK tersebut.

Mengingat program kelistrikan ini tidak bisa berdiri sendiri dan dalam regulasinya harus bekerja sama dengan pihak PLN, maka HM Harris pun berharap pihak PLN dapat menyambut baik program besar ini dengan mempersiapkan jaringan untuk mengalirkan arus ke rumah-rumah penduduk.

“Kita punya komitmen terhadap masyarakat melalui Program Pelalawan Terang yang telah dicanangkan Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Hal ini kita lakukan agar masyarakat Pelalawan bisa menikmati listrik dari kekayaan gas yang ada di Kabupaten Pelalawan ini,” tegasnya.

Bahkan, HM Harris bertekat di sisa-sisa masa kepemimpinannya akan fokus pada upaya mewujudkan Kabupaten Pelalawan terang-benderang itu. Sehingga, masalah kelistrikan menjadi salah prioritas utamanya dalam membangun Kabupaten Pelalawan.

Pemeerintah Kabupaten Pelalawan menyadari, dengan adanya sumber listrik yang cukup, aktivitas perekonomian dan aktivitas sosial masyarakat dapat berjalan baik dan mengalami peningkatan. Peningkatan akan berdampak pula terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat. Sebab,dengan pasokan listrik yang cukup, berbagai sumber ekonomi baru akan tumbuh di masyarakat, termasuk di desa-desa dalam wilayah Kabupaten Pelalawan.

Meski sampai saat ini program menuntaskan pasoan listrik masih belum bisa 100 persen, namun setidaknya sudah terjadi peningkatan yangs signifikan. Jika pada 2010 masih sekitar 21 persen tingkat elektrifikasi di Kabupaten Pelalawan, saat ini sudah mencapai lebih dari 60 persen.

“Maka kita  optimis adanya PLTMG Langgam Power ini, krisis listrik dapat diatasi. Seluruh masyarakat Pelalawan yang ada di 12 kecamatan sudah menikmati penerangan listrik serta bebas dari krisis listrik,” ungkap Harris.

Satu hal menggembirakan, program unggulan Pemerintah Kabupaten Pelalawan di bidang kelistrikan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk perusahaan-perusahaan besar yang beroperasi di Kabupaten Pelalawan. Sebagai contoh, PT ADEI Plantation and Industry berkomitmen membangun jaringan listrik sepanjang 16 kilometer dari Simpang Desa Nilo Kecil menuju Desa Telayap Kecamatan Pelalawan.

Untuk pembangunan jaringan listrik tersebut, Senin (27/4/2015) lalu, telah dilakukan survei bersama tim teknnis PPIDK Mandiri ke lapangan.

“Ya, memang benar kami akan membangun jaringan listrik sepanjang 16 KM mulai dari Simpang Desa Nilo Kecil hingga Desa Telayap. Sedangkan pembangunan jaringan listrik ini merupakan bentuk komitmen PT Adei dalam mendukung program Pemkab Pelalawan yakni program Pelalawan Terang,” ungkapnya.

Manfaatkan Potensi Lain

Menyadari kemampuan pasokan listrik yang ada di PLTMG masih terbatas, Pemkab Pelalawan pun terus berupaya mencari solusi lain agar program Pelalawan terang ini bisa terwujud.

Salah satu langkah lain yang dilakukan, di beberapa wilayah dalam Kabupaten Pelalawan, telah dikembangkan jaringan listrik tenaga surya atau yang dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

PLTS Pelalawan

Bupati Pelalawan HM Harris meresmikan PLTS di salah satu desa di Pelalawan, beberapa waktu lalu.

Berbagai desa telah terang-benderang dengan program listrik tenaga surya ini. Sebagai contoh, Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Desa Sungai Solok dan di Desa Sungai Upih sudah diresmikan pemakaiannya oleh bupati dan saat ini sudah beroperasi dengan baik.

Atas berbagai kerja sama dan upaya yang telah dilakukan untuk mewujudkan prohram besar pemerintah Kabupaten Pelalawan ini, HM Harris menyampaikan ucapan terima kasih, termasuk kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM yang telah memasukkan bantuan PLTS.

(adv/hms)

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas