Headline Rohul

Pemkab Rohul Tengah Menysusun Perbup Untuk Ranperda OPD

Sekda Rohul, Ir H Damri Harun MM, pimpin rapat penyusunan Perbup Ranperda OPD
Sekda Rohul, Ir H Damri Harun MM, pimpin rapat penyusunan Perbup Ranperda OPD

Sekda Rohul, Ir H Damri Harun MM, pimpin rapat penyusunan Perbup Ranperda OPD

PASIRPENGARAIAN – Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, tengah menyusun Peraturan Bupati (Perbup) seiring dengan telah diundangkannya Perda OPD menjadi Perda Nomor 5 Tahun 2016, tentang pembentukan dan penyusunan Perangkat Daerah oleh Pemerintah Provinsi. Perbup ini nantinya akan menjadi petunjuk tekhnis (Juknis) yang mengatur Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) serta uraian tugas pokok Fungsi dalam OPD baru tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rohul, Ir Damri Harun MM menjelaskan, perda OPD yang sudah diundangkan hanya menjelaskan nama OPD baru. Sementara untuk SOTK serta Tupoksi dalam OPD tersebut di atur dalam Peraturan Bupati (Perbup). Pemkab Rohul juga tengah melakukan cek dan ricek agar setelah Perda OPD diperbupkan  tidak ada Tupoksi yang tercecer sehingga menjadi kendala dalam pelaksanaan pembangunan 5 tahun kedepan.

“ Kita sudah surati seluruh OPD yang sekarang untuk menyusun uraian tugas. Semua data sudah sampai ke bagian hukum selaku leding sektor penyusunan OPD, uraian tugas tersebut kita akan lakukan terlebih duhulu cek dan ricek. Sehingga nanti dalam pelaksanaan tugas OPD ini tidak ada yang tertinggal tupoksinya dalam menjalankan pembangunan,” tutur Damri.

Damri juga mengharapkan dalam minggu ini seluruh uraian tugas dapat difinalkan dan ditetapkan melalui Perbup sehingga diharapkan Pemkab Rohul sudah dapat menyusun KUA PPAS 2017 sesuai OPD baru.

Ketika disinggung terkait pejabat yang akan mengisi SOTK baru ini, Sekda menyatakan hal tersebut tergantung kebijakan pimpimnan daerah dengan mengacu pada surat edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

“ Kalau untuk pejabat yang mengisi SOTK Baru, itu hak priogratif pimpinan daerah, jika Plt Bupati menginginkan dikukuhkan maka pejabat pengisi SOTK baru itu nantinya akan dikukuhkan,” pungkasnya.

Rapat Penyusunan Perbup di gelar di Aula lantai III Kantor Bupati Rohul, dipimpin langsung Sekdakab Rohul Ir H Damri Harun, Senin (24/10/2016) pagi. Hadir dalam rapat tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan Juny Syafri, Asisten III bidang Administarasi umum Srimulyati, Kepala Bappeda Rohul Nifzar, Kabag Hukum Helfiskar, serta beberapa utusan SKPD yang tergabung dalam tim penyusunan OPD.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas