Headline Rohul

Mewakili Provinsi Riau di Mataram, Warga Bangun Purba Ciptakan Mesin Pemotong Multi Fungsi

Camat Bangun Purba, Suharman Nasution SPi didampingi Rudianto foto bersama dengan perwakilan Pemprov Riau dan Mesin Multi Fungsi
Camat Bangun Purba, Suharman Nasution SPi didampingi Rudianto foto bersama dengan perwakilan Pemprov Riau dan Mesin Multi Fungsi

Camat Bangun Purba, Suharman Nasution SPi didampingi Rudianto foto bersama dengan perwakilan Pemprov Riau dan Mesin Multi Fungsi

PASIRPENGARAIAN – Salah seorang warga Pasir Agung Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, telah berhasil menciptakan sebuah alat mesin pemotong multi fungsi akan mewakilkan Privinsi Riau, diajang gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Nasional XVIII tahun 2016 Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Mengikuti event ini suatu kebanggaan bagi Rudianto (25) yang telah berhasil menciptakan alat tersebut sehingga membawa dirinya ikut serta dalam ajang tahunan gelar TTG di tingkat Nasional.

Kegiatan gelar TTG tingkat Nasional di Mataram berlangsung 23-26 Nopember 2016, yang dibuka secara langsung Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo.

Mesin pemotong multi fungsi ini baik untuk pembuatan kerupuk dan penganan lainnya yang diciptakan Rudianto tersebut, mendapat apresiasi dari pemerintah Pusat. Dengan dibuktikan, Menteri DPDTT memberikan piagam penghargaan kepada Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman atas keberhasilannya membina pemberdayaan masyarakat melalui teknologi tepat guna.

“ Alhamdulilah, hasil karya Rudianto, berupa mesin pemotong multi fungsi Binaan dari Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Kecamatan Bangun Purba mewakili Riau dalam gelar TTG Nasional. Ini suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu khususnya Riau umumnya,” papar Camat Bangun Purba, Suharman Nasution SPi kepada Riauposting.com, ketika mendampingi Rudianto mengikuti lomba Gelar TTG tingkat Nasional di Kota Mataram NTB bersama dengan perwakilan BPMP Bangdes Provinsi Riau, BPMPD dan Diskoperindag Rohul, Rabu (23/11/2016).

Salah satu keunggulan dari alat pemotong kerupuk multi fungsi ini, selain dapat menghemat waktu produksi dan bahan yang digunakan, alat ini juga bisa digunakan dengan dua cara, yakni dengan penggunaan arus listrik maupun manual. Sehingga alat ini bisa selalu digunakan kapan saja.

Suharman mengaku, hasil karya warga Pasir Agung yang bisa tampil dalam event gelar TTG tingkat Nasional,  tidak terlepas dukungan penuh dari Plt Bupati Rohul H Sukiman dalam melakukan pembinaan generasi muda untuk terus berkarya dan berinovasi dalam mentransformasi teknologi yang digunakan oleh pemerintah dan masyarakat, khususnya untuk para petani dan penggerak usaha mikro.

Selanjutnya, kegiatan gelar TTG Nasional ini, salah satu upaya strategis dalam menyebarluaskan mengenai informasi dan pengembangan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas