Headline Rohul

Berdasarkan Pleno II, Program OPD Rohul 2018 Yang Prioritas Mencapai Rp875,43 Miliar

Kepala Bappeda Rohul, Nifar SP MIp

Kepala Bappeda Rohul, Nifar SP MIp

PASIRPENGARAIAN – Berdasarkan pleno II rapat teknis pembahasan dan paparan usulan program prioritas masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Rokan Hulu, tahun 2018, dari hasil kesepakatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Rohul tahun 2017.

Dari rencana kerja OPD Rohul tahun 2018, sesuai dengan prioritas program kegiatan telah terhimpun 195 program dengan 1.022 kegiatan serta asumsi kebutuhan pagu anggaran atau belanja langsung sebesar Rp875.434.450.000.

Kepala Bappeda Rohul, Nifar SP MIp kepada wartawan, Senin (13/3/2017) menyebutkan, mesti dari pleno II rapat teknis pembahasan dan paparan seluruh SKPD dengan catatan khusus tentang rancangan awal Renja, Prioritas program dan kegiatan OPD Rohul yang telah disepakati dari hasil Musrenbang Kabupaten Rohul tahun 2017.

Namun yang telah diprioritaskan terhadap program kegiatan serta pagu anggaran yang telah disepakati sebesar Rp875,43 miliar itu, kemungkinan akan terjadi penambahan maupun pengurangan dari prioritas program kegiatan yang direncanakan itu.

” Karena nantinya dilakukan evaluasi dari bidang teknis Bappeda, yang disesuaikan dengan RPJMD Rohul 2016-2021, Rencana Strategis OPD, Urusan Kewenangan dan Estimasi kemampuan keuangan,” tutur Nifzar.

Nifzar mengaku, dari prioritas program kegiatan dan estimasi kebutuhan anggaran yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan tahun 2018, akan dibahas secara detail bersama Pokja Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Rohul, setelah nantinya mengikuti Pra dan Musrenbang Provinsi dan Musrenbang Nasional.

” Jadi Output mekanis semua perencanaan ini adalah, ditebitkannya Peraturan Bupati Rohul tentang RKPD Rohul tahun 2018 yang nantinya menjadi pedoman dalam penyusunan KUA dan PPAS 2018 dan RAPBD Rohul 2018,” ujarnya.

Berdasarkan berita acara hasil kesepakatan Musrenbang Kabupaten Rohul 2017 yang diketahui dan ditandatangani Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman itu, menyepakati sasaran dan prioritas daerah, rencana program serta kegiatan prioritas yang disertai indikator dan target kinerja dan
kebutuhan pendanaan dalam rancangan RKPD Kabupaten Rohul tahun 2018.

Selain menyepakati program dan kegiatan yang belum dapat diakomodir dalam rancangan RKPD Rohul 2018, beserta alasannya. Kemudian hasil kesepakatan Musrenbang RKPD Rohul tahun 2017 untuk dijadikan sebagai bahan penyusunan rancangan akhir RKPD Rohul tahun 2018.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas