Pemerintahan

Plt Bupati Minta OPD Rohul Segera Siapkan Proses Administrasi

Plt Bupati Rohul, H Sukiman ketika memimpin rapat di aula lantai III kantor bupati Rohul
Plt Bupati Rohul, H Sukiman ketika memimpin rapat di aula lantai III kantor bupati Rohul

Plt Bupati Rohul, H Sukiman ketika memimpin rapat di aula lantai III kantor bupati Rohul

PASIRPENGARAIAN – Plt Bupati Rohul H Sukiman meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah Rohul untuk mempersiapkan persyaratan dan proses administrasi percepatan dalam pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2017. Dengan harapan, program kegiatan yang telah direncanakan pemerintah daerah didalam APBD Rohul 2017, dapat segera dilaksanakan, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan pembangunan tersebut.

“ Kita minta OPD Rohul segera menyelesaikan proses administrasi untuk keperluan penggunaan dana APBD Rohul 2017. Terutama sekali, mempersiapkan pejabat Pengguna Anggaran atau kuasa pengguna anggaran dan bendahara agar segera di SK kan,” ungkap Plt Bupati Rohul H Sukiman menjawab wartawan, Kamis, (23/3/2017), terkait percepatan pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2017.

Dia meminta kepada kepala OPD Rohul agar segera menunjuk pejabat pembuat komitmen (PPK), Pejabat Pengadaan (PP), dan pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK). “ Saya minta seluruh OPD Rohul sudah menyerahkan SK pejabat pengguna anggaran, bendahara, PPK, PP dan PPTK paling lambat tanggal 27 Maret mendatang. Sehingga ketika APBD 2017 sudah bisa diproses, seluruh program kegiatan sudah bisa dilaksanakan,” jelasnya.

Wabup Rohul itu meminta seluruh Kepala SKPD, selaku pengguna anggaran agar segera mengumumkan Rencana Umum Pengadaan (RUP), baik yang akan dilelang maupun dilakukan secara swakelola.

Bukan itu saja, Kepala SKPD juga diminta segera memerintahkan PPK untuk menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan oleh Pokja Unit Layanan Pengadaan, sehingga kegiatan itu segera dilakukan pelelangan.

“ Sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan, berdasarkan pengalaman kita, tidak sangat efektif untuk memulai pelaksanaan kegiatan terutama pekerjaan fisik pada H-7 dan H plus 7 hari raya Idul Fitri. Sehingga dingatkan agar pengguna anggaran berhati-hati dalam pencairan uang muka kerja terhadap pekerjaan fisik yang baru bisa dimulai sepekan menjelang lebaran,” sebutnya.

Mantan Dandim Inhil itu mengingatkan, jangan sampai uang muka kegiatan tersebut nanti justru digunakan oleh rekanan kontraktor untuk memenuhi kebutuhan hari Raya Idul Fitri, bukan untuk memulai pelaksanaan pekerjaan.

Kepada 25 Anggota Pokja Unit Layanan Pengadaan (ULP), Sukiman, menegaskan, agar segera menyiapkan keperluan pelelangan kegiatan tahun 2017, sehingga nantinya setelah dokumen diserahkan oleh PPK OPD kepada ULP, maka proses lelang dapat segera dilaksanakan, jangan sampai keterlambatan pelaksanaan kegiatan disebabkan oleh keterlambatan proses pelelangan oleh Pokja ULP.

“ Saya ingatkan seluruh OPD Rohul untuk dapat melaksanakan program kegiatan sesuai dengan tupoksinya. Bekerjalah sesuai dengan aturan hukum dan peraturan yang berlaku. Jadikan regulasi yang ada sebagai landasan utama OPD dalam menjalankan tugas,” tambahnya.(Adv/hms)

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas