Headline Rohul

Sistem Pemasaran Dipangkalan Kacau, Diduga Penyebab Kelangkaan LPG 3 Kg di Rohul

Kepala Disperindag Rohul, H Sariaman
Kepala Disperindag Rohul, H Sariaman

Kepala Disperindag Rohul, H Sariaman

PASIRPENGARAIAN Diduga kacaunya sistem pemasaran ditingkat pangkalan beberapa pekan terakhir ini, membuat kelangkaan LPG 3 Kg di Kabupaten Rokan Hulu. Pasalnya selama beberapa bulan ini Pasokan Gas LPG 3 Kg di Rohul cenderung stabil.

Pasokan LPG 3 Kg, dari Pertamina untuk kabupaten  Rohul berkisar antara 215 ribu sampai 250 ribu tabung perbulan. meski terjadi fluktuasi jumlah pasokan LPG 3 Kg, namun hal itu tidak terjadi secara signifikan.

“ Dari data yang kita dapat dari agen dan pertamina, suplai lpg 3 kg ke rohul itu sebenarnya stabil walaupun ada fluktuasi, tapi itu tidak signifikan. jadi sulit mengatakan ditengah stabilnya pasokan ternyata fakta dilapangan LPG itu langka,” tutur Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Rohul, H Sariaman, Kamis (28/9/2017) Kepada Wartawan.

Lanjutnya, untuk mencari akar permasalahan Kelangkaan LPG 3 Kg ini, Disperidag Rohul, telah melakukan Rapat dengan 7 Agen  LPG 3 Kg di Rohul. Bahkan terakhir, pada Rabu lalu, Disperindag juga telah melakukan pertemuan dengan 141 Pangkalan yang tersebar di 16 Kecamatan yang ada di Rohul.

Dari hasil pertemuan tersebut, kata Sariaman, didapat kesimpulan bahwa penyebab Kelangkaan LPG 3 Kg ini dikarenakan sistem pemasaran di tingkat pangkalan yang kacau. banyak pangkalan yang menjual di luar daerah pemasarannya, sehingga pasokan untuk memenuhi kebutuhan LPG di wilayahnya tidak bisa dipenuhi sehingga terjadilah kelangkaan.

Untuk mengantisipasi Hal itu, Lanjut Sariaman, Disperindag Rohul telah membuat perjanjian dengan seluruh pangkalan yang ada di Rohul, dimana dalam perjanjian itu ada 3 point yang disepakti antara lain, pangkalan menyepakati untuk tidak menjual LPG 3 Kg keluar Daerah Pasarnya dan juga keluar Rohul. Kedua, Pangkalan mesti menjual LPG 3 Kg sesuai Harga Eceran Tertinggi yang sudah ditetapkan dan Ketiga, Pangkalan diminta untuk segera melaporkan Pangkalan yang menjual LPG 3 Kg keluar dari Rohul.

“ Bagi yang melanggar perjanjian ini, kita bisa Rekomendasikan Ke dinas Perizinan untuk di cabut izin pangakalannya,” tegas Sariaman.

Sariaman Menambahkan, untuk memaksimalkan  pengawasan dalam Distribusi LPG 3 Kg ini, pada bulan Oktober mendatang, Disperindag Rohul bersama Polres Rohul juga akan turun untuk melakukan pemantauan terhadap Distrubusai LPG 3 Kg ini. Jika nantinya ada Agen Atau pangkalan yang  berbuat curang maka, akan terancam pidana.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas