Headline Riau

TP4D Rohul Terus Lakukan Pendampingan Program Pembangunan Fisik Daerah Tahun 2017

Ketua TP4D Kabupaten Rohul, Agus Kurniawan SH MH
Ketua TP4D Kabupaten Rohul, Agus Kurniawan SH MH

Ketua TP4D Kabupaten Rohul, Agus Kurniawan SH MH

PASIRPENGARAIAN – Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan Pembangunan Daerah (TP4D) Kabupaten Rokan Hulu telah melaksanakan tugasnya secara maksimal dalam proses pembangunan daerah di Rokan Hulu.

Ketua TP4D Kabupaten Rohul, Agus Kurniawan SH MH, Rabu (15/11/2017) siang mengatakan, pada tahun 2017 ini TP4D Rohul diminta mendampingi pembangunan fisik dilakukan empat dinas di lingkungan Pemkab Rohul,‎ yakni Dinas PUPR, Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat, Disdikpora, dan Disperindag.

“ Kita terus melakukan Pengawasan dan pengawalan terhadap program pembangunan fisik yang dilaksanakan oleh empat dinas tersebut,” tutur Agus.

Agus Kurniawan yang juga Kasi Intelijen Kejari Kabupaten Rohul menambahkan, bahwa keterlibatan pengawasan dan pengawalan dilakukan TP4D Rohul terhadap pembangunan fisik yang sedang dilakukan dinas tergantung permintaan‎. Bila ada permohonan, TP4D siap melakukan pengawalan, sehingga terjadi kerugian negara saat kegiatan.

Dirinya mengaku, pendampingan dilakukan TP4D akan menguntungkan dinas, sebab mulai sistem perencanaan hingga finalisasi kegiatan semua dipantau, sehingga potensi yang akan merugikan negara bisa diantisipasi atau dicegah sebelum terjadi.

“ Yang kita awasi dan dikawal itu sistem regulasinya sampai sistem pelaksanaannya, tetapi kita juga tetap berikan rasa nyaman bagi aparatur dalam bekerja,” jelas Agus.

Selanjutnya, Agus menjelaskan, bila ada temuan-temuan yang mengarah merugikan negara, TP4D akan konsolidasikan bersama, seperti dengan pihak Inspektorat Kabupaten Rohul yang berfungsi sebagai pengawas internal.‎ Meski berfungsi sebagai pengawalan, TP4D tetap memberikan rasa nyaman ke aparatur sipil negara atau ASN dalam bekerja melaksanakan regulasi yang ada.‎

“ Tapi jangan main-main, sebab kalau ada kesalahan tetap akan ditindak sesuai hukum yang berlaku. Intinya TP4D lebih mengutamakan pencegahan. Namun demikian, bila kesalahan vatal tetap ditindak, sesuai hasil konsolidasi tim‎,” paparnya.

Sebelumnya pihak Kejari Rohul sendiri sudah mensosialisasikan Fungsi TP4D kepada seluruh Kepala Desa atau Kades se-Kabupaten Rokan Hulu di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center Rohul.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas