Headline Rohul

Teken MoU, Kasda Rohul Kembali Ke Bank Riau Kepri 

Bupati Rohul, H Sukiman dan Direktur Bank Riau Kepri DR Irvandi Gustari menandatangani MoU tentang pengelolaan kasda Rohul
Bupati Rohul, H Sukiman dan Direktur Bank Riau Kepri DR Irvandi Gustari menandatangani MoU tentang pengelolaan kasda Rohul

Bupati Rohul, H Sukiman dan Direktur Bank Riau Kepri DR Irvandi Gustari menandatangani MoU tentang pengelolaan kasda Rohul

PASIRPENGARAIAN – Telah sekian lama berpisah, kini kas daerah Kabupaten Rokan Hulu kembali di serahkan ke Bank Riau Kepri Kantor Cabang Pasirpengaraian. Hal ini dibuktikan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dengan Managemen PT Bank Riau Kepri di halaman Kantor Bupati Rokan Hulu, Selasa (15/5/2018) siang.

Penandatanganan MoU ini di lakukan Bupati Rohul, H Sukiman dan Direktur Bank Riau Kepri, DR Irvandi Gustari yang Disaksikan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri)‎ H Wan Thamrin Hasyim, Ketua LAMR dan Forkompinda Rohul serta perangkat daerah pemkab Rohul. Dimana, Bank Riau Kepri cabang Pasirpengaraian dipercaya mengelola kas daerah (Kasda) Pemkab Rohul.

Dimana, acara tersebut turut dihadiri Bupati Rohul Sukiman,‎ Dandim 0313/ KPR Letkol Inf Beny Setiyanto‎, Kapolres Rohul AKBP M Hasyim Risahondua, Kepala Kejari Rohul Freddy Daniel Simanjuntak, Pj Sekda Rohul H Abdul Haris Lubis SSos MSi, Ketua MKA LAM Riau Al Azhar, Komisaris Bank Riau Kepri H Mambang Mit, Kepala Kanca Bank Riau Kepri Pasirpengaraian Yudi Asdam, dan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Plt Gubri H Wan Thamrin Hasyim‎ mengatakan Bank Riau Kepri dipercaya mengelola Kasda Rohul telah melalui rapat seluruh pemegang saham.

Diakuinya, memang sudah sepantasnya Kasda dikelola oleh Bank Riau Kepri yang merupakan bank daerah, sebab Kabupaten Rohul merupakan bagian dari Provinsi Riau.

” Kita cuma punya satu bank daerah namanya Bank Riau Kepri, jadi kita harus kembangkan apa yang menjadi milik kita,” tuturnya.

Wan Thamrin mengimbau kepada seluruh kepala daerah di Provinsi Riau ikut membesarkan Bank Riau Kepri sebagai bank daerah kebanggaan masyarakat di Bumi Lancang Kuning.

” Saya sebenarnya miris, tak tau siapa yang salah dan benar. Pak Bupati Sukiman sudah berniat untuk memindahkan kembali Kas Daerah ke PT Bank Riau Kepri cabang Pasirpengaraian. Jadi pindahnya Kasda Rohul ini bukan karena saya. Saya hanya memantik api saja, pada hari ini dilakukan MoU antara Pemkab dengan PT Bank Riau Kepri tentang pemindahan Kasda,’’ jelasnya.

Dalam sambutannya, Wagubri menegaskan, dalam pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham yang dihadiri  Bupati dan Walikota se Riau dan dihadapan Dirut dan Komisaris PT BRK.  ‘’ Saya tak peduli siapa yang salah dan siapa yang benar. Kembalikan uang itu (Kasda) itu ke PT Bank Riau Kepribrk. Saya tak peduli siapapun, bukan saya menyalahkan H Suparman (Mantan Bupati Rohul, red) dan membela H Sukiman sebagai Bupati Rohul tapi ini semua demi masyarakat Rohul,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan‎ Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Rohul Jaharuddin SP MM kepada wartawan, Selasa (15/5/2018) menjelaskan, tindaklanjut dari penadatanganan MoU antara Bupati Rohul H Sukiman dengan Dirut PT Bank Riau Kepri Irvan Gustari, maka dengan telah disiapaknnya administrasi secara teknis, seperti SK Penunjukan, sistem secara teknis, serta pembukaan rekening bila dibutuhkan bank oleh pemerintah.‎

Maka Kasda Rohul secara otomatis akan dipindahkan kembali ke Bank Riau Kepri. ‘’Secepatnya Kasda Rohul itu dikembalikan ke ke PT Bank Riau Kepri Cabang Pasirpengaraian. Karena dengan dilaksanannya MoU, kita sudah mulai berproses. Namun administrasi‎ yang harus dikerjakan banyak, setelah semua administrasi selesai maka kita langsung pindahkan,’’ tuturnya.

Dalam pada itu, Dirut PT BRK DR Irvan Gustari kepada wartawan, Selasa (15/5/2018) menyatakan, secara resmi Kasda Rohul dikelola oleh PT Bank Riau Kepri Cabang Pasirpengaraian. Sebelum penandatangan MoU, lanjutnya, antara Pemkab dan PT Bank Riau Kepri telah lakukan koordinasi dengan pihak terkait. Artinya penandatangan MoU ini hanya seremonial saha, jauh hari telah dilakukan rapat-rapat dengan Pemkab Rohul.

‘’Saham Pemkab Rohul di PT Bank Riau Kepri sebesar 0,75 persen atau sekitar Rp9 miliar. Dengan dikembalikannya pengelolaan Kasda Rohul ke Bank Riau Kepri, tentunya masing masing pihak melakukan pembenahan. Jadi segala pembayaran melalui APBD balik ke BRK, uang gaji, pinjaman pegawai dan lainnya balik kembali,’’ tuturnya.

Irvandi menyatakan, pihaknya siap mengelola Kasda Rohul yang sudah menerapkan sistem non tunai sejak Januari 2018. Karena Bank Riau Kepri sudah diakui, dan merupakan bank daerah terbaik di Indonesia di bidang service pelayanan kepada para nasabah belum lama ini, dan itu mengungguli Bank DKI dan BJB serta bank daerah lainnya di Indonesia.

‘’Standar bank sebenarnya sama. Cuma satu yang perlu dilakukan, yakni komunikasi dan koordinasi sebenarnya yang perlu dilakukan. Selama ini sudah dilakukan, jangan mencari kesasalahan, kedepannya bagaimana solusinya,’’jelasnya.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas