Advert To Riau

Olimpiade PPKN Dibuka Dekan FKIP, Dihadiri Anggota DPD RI Asal Riau

Dekan FKIP Universitas Riau Prof Dr HM Nur Mustafa menyampaikan sambutan.

Dekan FKIP Universitas Riau Prof Dr HM Nur Mustafa menyampaikan sambutan.

PEKANBARU-Olimpiade VII PPKN  yang ditaja Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau dengan tema mewujudkan generasi pancasilais yang cemerlang dibuka langsung  Dekan FKIP Universitas Riau Prof Dr HM Nur Mustafa MPd.

Turut hadir dalam kegiatan ini Plt Gubernur Riau yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Ahyu Suhendra SE, Kapolda Riau yang diwakili  Zulkifli Yung SH MH, Wakil Dekan III FKIP  Dr Mahdum Adnan MPd, Koordinator Prodi PPKN FKIP Universitas Riau Sri Erlinda MSi, para dosen prodi PPKN, seluruh kelembagaan di FKIP  dan guru pembimbing serta para peserta olimpiade PPKN se-Provinsi Riau.

Dekan FKIP Universitas Riau Prof Dr HM Nur Mustafa MPd dalam sambutannya mengatakan,  kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan perlombaan yang diadakan di FKIP Universitas Riau. Konsekuensi dari suatu perlombaan, tambah M Nur, tentu saja ada yang meraih kemenangan dan menjadi juara, namun ada pula yang belum berhasil meraih juara.

Lebih lanjut M Nur mengatakan, kegiatan olimpiade ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun diadakan FKIP Universitas Riau dan merupakan suatu pembinaan karakter, kepercayaan dan kemampuan mahasiswa. ”Ini menguji apa yang didapat di bangku perkuliahan diaplikasikan ke masyarakat dengan baik,” ungkap M Nur.

Di akhir sambutannya M Nur mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta. “Selamat bertanding dan semoga kegiatan ini mendapat ridho dari Allah SWT serta terlaksana dengan baik” harapan M Nur.

Anggota DPD RI asal Riau Drs H Abdul Gafar Usman MM (tengah) menghadiri pembukaan Olimpiade PPKN.

Anggota DPD RI asal Riau Drs H Abdul Gafar Usman MM (tengah) menghadiri pembukaan Olimpiade PPKN.

Olimpiade PPKN ini juga dipadukan dengan  talk show bersama anggota DPD RI asal Provinsi Riau Drs H Abdul Ghafar Usman MM.

Pada talk show tersebut, Abdul Ghafar mengupas pembahasan tentang Pancasila. “Pancasila itu satu, silanya yang lima. Kita harus bangga dengan negara kita Indonesia. Kita harus saling hormat-menghormati, harga-menghargai dan sayang-menyayangi. Orang tua dihormati, sama besar dihargai dan yang kecil disayangi,” ungkap Abdul Ghafar.

Menyinggung Olimpiade PPKN ini, mantan Kakanwil Kemenag Provinsi Riau ini menyampaikan bahawa ini merupakan suatu proses yang dilalui seluruh peserta agar mentalnya kuat dan mampu bersaing di masa depan, “Adik-adik saling berlawan tapi tidak saling bermusuhan. Perlombaan apapun yang diselenggarakan, baik lomba nasional maupun internasional, jadilah orang-orang yang berprestasi untuk kebanggaan Indonesia.” harapnya.

Di akhir pemaparannya, Abdul Ghafar menguraikan tentang tujuan negara Indonesia adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, mensejahterakan kehidupan rakyat, melindungi segenap jiwa raga dan ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia. “Calon pemimpin Indonesia di masa depan harus tahu dan mengerti tentang negara dan tujuan negara kita,” tegasnya.

Anggota DPD RI asal Riau Drs H Abdul Gafar Usman MM memaparkan tentang Pancasila di hadapan para peserta Olimpiade PPKN FKIP Universitas Riau.

Anggota DPD RI asal Riau Drs H Abdul Gafar Usman MM memaparkan tentang Pancasila di hadapan para peserta Olimpiade PPKN FKIP Universitas Riau.

Diperoleh informasi dari panitia pelaksana, kegiatan Olimpiade PPKN FKIP Universitas Riau ini diikuti 648 peserta tingkat SD, SMP dan SMA se-Provinsi Riau. Terdiri dari 468 peserta dari Kota Pekanbaru, 28 peserta dari Kabupaten Bengkalis, 122 peserta dari Kabupaten Siak, 18 peserta dari Kabupaten Kampar, dan 12 peserta dari Kabupaten Pelalawan.

Adapun jenis perlombaannya terdiri dari Cerdas Cermat, Tes Tertulis, Pidato Kebangsaan, Karikatur, Debat Pendidikan, Foto Moment dan Ranking 1.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas