Advert To Riau

Praktikum Sastra XXVI Dibuka Rektor Unri, Bangkitkan Semangat Bersastra

PEKANBARU -Praktikum Sastra XXVI dengan tema “Junjung Tinggi Marwah Indonesia, Bangkitkan Semangat Bersastra dan Gemakan Keragaman Budaya” yang ditaja Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dibuka Rektor Universitas Riau diwakili Wakil Rektor III Dr Syapsan ME, Senin (26/3/2018).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Guru Besar di lingkungan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Prof Dr Hasnah Faizah MHum, Prof Dr Auzar MS, Dekan FKIP Unri diwakili WD I FKIP Universitas Riau Dr Zul Irfan MSi.

Hadir juga Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Dr Hermandra MPd, Koordinator Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Dr Mangatur Sinaga MHum, para dosen pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, gubernur mahasiswa, bupati mahasiswa dan DPM FKIP Unri, mahasiswa dan alumni Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, serta para peserta dan guru pembimbing.

Koordinator Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Dr Mangatur Sinaga M Hum dalam sambutannya menegaskan komitmennya bahwa mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia siap mengikuti berbagai kegiatan di Universitas Riau. “Pantun dan membaca puisinya bagus dan karya-karyanya sudah tercover 23.000 buku yang telah dipamerkan,“ tegas Mangatur.

Mantan Kepala SMP An-Nur ini mengajak seluruh dosen prodi Bahasa dan Sastra Indonesia agar aktif membantu dan menyukseskan kegiatan Praktikum Sastra XXVI ini. “Ayo, kita berbuat sesuatu untuk kebaikan. Jangan salah-menyalahkan, jangan terlalu merendahkan orang. Sekecil apa pun perbuatan mahasiswa, itu adalah yang terbaik asal cocok dengan agama dan negara kita, tolong itu dihormati dan dihargai,“ tegas Mangatur Sinaga.

Dekan FKIP Unri yang diwakili WD I Dr Zul Irfan MSi dalam sambutannya mengatakan FKIP Universitas Riau banyak mempunyai sumber daya manusia yang bagus. Salah satunya di bidang seni, baik paduan suara maupun tari kreasi. Ke depan, kegiatan Rektor bisa menggunakan tari kreasi dan paduan suara dari mahasiswa FKIP, “ ungkap Zul Irfan.

Lebih lanjut Zul Irfan menambahkan, kegiatan praktikum sastra ini sangat penting sebab pada zaman sekarang orang lebih cenderung dan terbuai dengan teknologi yang mengabaikan keramah-tamahan dan sopan santun. “Mari kita isi jiwa kita dengan sastra sehingga keramah-tamahan dan sopan santun yang kita miliki akan muncul kembali,” ajak Zul Irfan.

Di akhir sambutannya Zul Irfan mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta serta guru pembimbing. “Kami dari FKIP memberikan apresiasi tinggi dan luar biasa, mudah-mudahan kegiatan ini  bermamfaat bagi kita semua untuk kemajuan sastra Indonesia dan semoga Universitas Riau jadi pusat perkembangan Sastra Budaya Indonesia,” harapnya.

Rektor Universitas Riau yang diwakili WR III Unri Dr Syapsan ME dalam sambutannya mengucapkan selamat datang para peserta dan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana praktikum sastra serta para sponsor. Semoga kegiatan praktikum sastra ini menjadi wadah silaturrahim kita sesama peminat sastra dan menjadi tempat berbagi ilmu.

Diperoleh informasi dari panitia pelaksana Praktikum Sastra XXVI terdapat 1.326 peserta yang akan  berlomba, terdiri dari 14 peserta tingkat SD, 351 peserta tingkat SMP, 657 peserta tingkat SMA, 155 peserta tingkat Mahasiswa serta 59 peserta umum.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas