Headline Rohul

Ruas Jalan Rusak, Warga di 3 Desa di Tambusai Mengeluh

Jalan aspal rusak menghubungkan 3 desa di Tambusai
Jalan aspal rusak menghubungkan 3 desa di Tambusai

Jalan aspal rusak menghubungkan 3 desa di Tambusai

TAMBUSAI – Sebanyak tiga kerusakan ruas jalan aspal yang berada di tiga desa yang ada di Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu yakni Desa Rantau Panjang, Desa Tingkok dan Desa Suka Maju dikeluhkan masyarakat setempat.

Kerusakan ruas jalan aspal yang dibangun melalui dana APBD Rohul itu, disebabkan tidak sesuainya tonase muatan angkutan produksi perusahaan perkebunan yang beroperasi melintasi ruas jalan desa tersebut.

Berdasarkan pantauan Riauposting.com dilapangan, kerusakan ruas jalan ditiga desa tersebut, ada puluhan titik. Kondisi jalan aspal itu sangat rawan terjadinya kecelakaan lalulintas. Tidak saja dirasakan masyarakat 3 desa, tetapi juga dialami oleh Plt Bupati Rohul H Sukiman saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Suka Maju, Kecamatan Tambusai, Kamis, (16/2/2017) siang saat menghadiri acara Syukuran Indra Admaja atas terpilih dan dilantik sebagai Kades Suka Maju.

Kerusakan ruas jalan aspal yang sangat parah terjadi di Desa Tingkok dan Desa Rantau Panjang. Selain jalan tersebut dilintasi truk colt diesel milik masyarakat yang mengangkut hasil perkebunan sawit, ruas jalan tersebut menjadi jalan lintasi dari sejumlah perusahaan yang mengangkut Tanda  Buan Segar dan CPO.

Jalan yang rusak salah satu perusahaan, upaya memanggil perusahaan untuk mengajak bersama-sama menjaga dan merawat jalan dengan baik. Karena jalan iu dinikmati rakyat dan perusahaan, kalau hanya memakai tanpa ikut bertanggungjawab memlihara dan memperbaiki, itu tidak adil.

Plt Bupati Rohul, H Sukiman mengatakan, perusahaan yang beroperasi di tiga desa tersebut, tidak saja mencari keuntungan semata. Tapi juga diharapkan berpartisipasi dalam memperhatikan pembangunan infrastruktur jalan utama masyarakat untuk menuju ke ibukota Kecamatan Tambusai.

“ Saya sudah sampaikan ke Camat Tambusai, Zahrial Lutfi, untuk mengundang perusahaan yang melintasi ruas jalan Desa Suka Maju, Desa Tingkok dan Desa Rantau Panjang, untuk membicarakan komitmen perusahaan dalam memberikan kontribusi kepada desa yang setiap hari akses jalan masyarakat ini dilalui untuk mengangkut hasil produksinya,” tutur Sukiman.

Sukiman mengaku, secepatnya pemerintah Kecamatan Tambusai untuk mengundang perusahaan itu untuk duduk bersama di ibukota kabupaten. “ Lebih cepat lebih baik, karena kondisi kerusakan sejumlah titik ruas jalan aspal di 3 desa itu sangat memprihatinkan,” ujarnya.

Mantan Dandim Inhil itu menilai, sudah sewajarnya perusahaan yang beroperasi di tiga desa itu memperhatikan pembangunan di desa tempat perusahaan itu berusaha. “ Perusahaan harus salurkan program CSR untuk desa yang menjadi daerah lintasan angkutan produksi perusahaan. Terutama infrastruktur jalan desa yang harus diperhatikan,” jelasnya.

Sementara itu, Kades Suka Maju, Indra Admaja kepada wartawan, Kamis (16/2/2017) menjelaskan, selama Ini, perusahaan yang beroperasi di desanya atau desa tetangga yang melintasi ruas jalan desa Suka Maju, kurang kontribusinya memperhatikan pembangunan infrastruktur desa. Sementara, jalan desa menjadi jalan lintasan alternative bagi perusahaan mengangkut hasil perkebunan.

“ Kedepan saya bersama masyarakat, akan melakukan komunikasi dengan perusahaan terhadap komitmennya dalam pembangunan infrastruktur di Pedesaan. Didesa Suka Maju ada PT Panca Surya Agrindo, PT PISP dan di desa tetangga ada PT Torganda dan Torus Ganda. Perlunya duduk bersama untuk mencarikan solusi dalam mengatasi infrastuktur jalan desa yang rusak,” paparnya.

Indra mengaku, ada 4 kilometer ruas jalan yang rusak di wilayah kerjanya. Jalan yang rusak itu sangat dikeluhakan masyarakat disaat musim penghujan seperti sekarang. Karena berpengaruh terhadap harga dari barang haraian serta terganggunya masyarakat dalam menjual hasil perkebunan dan pertanian keluar.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas