Rokan Hulu

Pasca Hanyutnya Jembatan Sei Mentawai Ribuan Warga Rokan IV Koto Kesulitan Sembako

Riauposting.com

PASIRPENGARAIAN-Pasca hanyutnya Jembatan Sungai Mentawai di Desa CipangKanan, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, diterjang arus sungai April 2014 lalu, dan diperparah hujan lebat 16 November lalu, menyebabkan saat ini ribuan masyarakat empat desa di Kecamatan Rokan IV Koto yakni, Desa Tibawan,  Cipang Kiri, Cipang Kiri Hilir dan KubangBuaya (Cipang Kanan), kesulitan mendapatkan kebutuhan makanan pokok seperti beras dan bahan sembako lainnya. Hingga saat ini keempat desa tersebut belum bisa dilalui kendaraan roda empat.

Informasi ini disampaikan Camat Rokan IV Koto Zaimar di Pasirpengaraian, Kamis (11/12/2014). Menurutnya, penduduk empat desa tersebut sebanyak 7.500 jiwa lebih, saat ini benar-benar sangat kesulitan mendapat makanan, karena akses ke tempat itu sangat sulit.

“Kami minta Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu dan BPBD Provinsi Riau untuk memberikan bantuan tanggap daruratnya, sebab masyarakat sangat membutuhkan saat ini. Dengan tidak adanya akses bagi masyarakat, bahkan dampaknya terjadi kenaikan  harga kebutuhan masyarakat hingga 100 persen,” ungkap Zaimar.

Mantan CamatTambusai Utara ini, meminta Dinas PU Provinsi Riau, supaya secepatnya membangun Jembatan  Sei Mentawai itu secara parmanen, karena kondisi masyarakat saat ini benar-benar kritis kekurangan makanan. “Apalagi rata-rata masyarakat hanya bertumpu pada mata pencaharian sebagai penyadap karet. Dengan tidak adanya akses harga getah pun melorot
tajam, sehingga penderitaan masyarakat semakin parah,” ujar Zaimar.

Zaimar menambahkan, empat desa ini berbatasan dengan Kecamatan Babak Tuhul, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumbar. Saat ini, selain jembatan putus, jalan juga kondisi sangat parah pasca hujan lebat satu bulan lalu, apalagi jalannya yang mendaki dan berbukit-bukit.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas