Opini

Perencanaan Strategis Salah Satu Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan

Salah seorang Dosen UPP yang saat ini menyelesaikan pendidikan S3 jurusan Manajemen Pendidikan di UNJ, Hardianto
Salah seorang Dosen UPP yang saat ini menyelesaikan pendidikan S3 jurusan Manajemen Pendidikan di UNJ, Hardianto

Salah seorang Dosen UPP yang saat ini menyelesaikan pendidikan S3 jurusan Manajemen Pendidikan di UNJ, Hardianto

PASIRPENGARAIAN – Pendidikan yang bermutu merupakan kebutuhan dewasa. Bahwa sampai saat ini, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Akan tetapi sejauh ini pendidikan yang bermutu belum juga dirasakan oleh masyarakat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan perencanaan strategis untuk mencapai mutu pendidikan.

Hal ini dijelaskan oleh salah seorang Dosen Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Hardianto yang saat ini menyelesaikan pendidikannya ditingkat perguruan tinggi di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) S3 jurussan Manajemen Pendidikan kepada Riauposting.com melalui relasenya, Selasa (24/1/2017).

Hardianto menambahkan, sebelum melihat bagaimana penggunaan rencana strategis, maka pengertian mutu harus benar-benar dipahami. Mutu tidak hanya berupa capaian kuantitatif tetapi lebih dari itu. Mutu pada dasarnya adalah ketika terpenuhinya harapan pelanggan terhadap organisasi. Pada lembaga pendidikan, sekolah bermutu adalah sekolah yang telah memenuhi harapan pelanggannya, baik pelanggan internal (tenaga pendidik dan tenaga kependidikan) maupun pelangan eksternal (peserta didik, masyarakat maupun pemerintah).

“ Pada dasarnya memang setiap sekolah tentunya sudah memiliki rancana dalam melaksanakan roda organisasinya. Rencana harus dibuat bukan hanya sebagai persyaratan administrasi saja, lebih dari itu rencana merupakan panduan yang akan dijadikan rujukan untuk melaksanakan kegiatan. Oleh karena itu dalam menyusun rencana dibutuhkan ketelitian dan keterampilan, sehingga rencana yang disusun bisa menjadi penuntun melaksanakan kegiatan. Rencana yang dibuat untuk jangka panjang dikenal juga dengan istilah rencana strategis (renstra),” tuturnya.

Lanjut Hardianto, dalam membuat renstra diperlukan keterlibatan seluruh komponen sekolah dan stakeholders lainnya. Secara sederhana dapat dideskripsikan langkah-langkah yang mesti dilakukan oleh perencana, adalah sebagai berikut:

Langkah pertama adalah mendeskripsikan visi. Visi merupakan cita-cita organisasi. Perencana hendaknya merumuskan visi secara jelas, ringkas dan dapat dicapai. Visi nantinya diturunkan dalam bentuk misi dan tujuan. Visi yang disusun harus dipahami oleh seluruh komponen sekolah, sehingga semuanya bekerja untuk mewujudkan visi.

Langkah kedua adalah menganalisis faktor internal organisasi. Faktor internal yang perlu dilihat adalah kekuatan dan kelemahan organisasi. Perlu diidentifikasi apa saja kekuatan dan kelemahan sekolah. Jangan terlalu percaya diri dengan kekuatan yang dimiliki dan jangan terlalu pesimis dengan kelemahan yang ada. Kekuatan dan kelemahan harus dilihat seobyektif mungkin.

Langkah ketiga adalah menganalisis faktor eksternal organisasi. Faktor eksternal organisasi adalah peluang dan ancaman yang dihadapi organisasi. Perencana mesti jeli melihat setiap peluang dan ancaman. Jangan terlalu besar hati melihat peluang dan jangan terlalu takut dengan ancaman.

Langkah terakhir adalah menyusun butir butir perencanaan. Susunlah perencanaan strategis dengan mengoptimalkan kekuatan yang ada untuk mengambil peluang serta meminimalisir kelemahan dan menghindari ancaman.  Langkah-langkah ini memang terlihat sederhana, akan tetapi sangat sulit dilakukan.

“ Sangat keliru seandainya kita menggunakan atau mencontoh rencana sekolah lain untuk dijadikan rencana sekolah kita, karena kita memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang pasti berbeda. Mari kita buat gerakan setiap sekolah untuk menyusun rencana strategis pendidikan di lembaga kita. Semoga pendidikan di Rokan Hulu bisa menjadi lebih maju,” harapnya.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas