Advert To Riau

e-Government Banjir Apresiasi, Riau Terus Suarakan Riau Go IT

Inovasi TIK Riau Go IT

PEKANBARU – Perkembangan pemanfaatan teknologi informasi di lingkungan pemerintahan Provinsi Riau hingga ke kabupaten/kota yang berada di kawasan ini berlangsung cukup baik. Kemajuan demi kemajuan selalu muncul sehingga program Riau Go IT kini mendapatkan banyak apresiasi.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyebutkan, Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) telah menjadi salah satu kekuatan yang diharapkan untuk mendorong terbentuknya iklim pemerintahan yang produktif dan bersih. “Sekarang seluruh SKPD se-Provinsi Riau sudah menerapkan e-Government (electonic government) melalui sistem yang kita bangun, yaitu Riau Go IT. Di mana sistem ini terintegrasi ke seluruh SKPD,” sebut gubernur yang akrab dengan panggilan Andi Rachman ini.

Dijelaskan, reformasi birokrasi merupakan langkah penting dari proses perbaikan dalam menjalankan pemerintahan. Dilatarbelakangi tuntan akan sistem pemerintahan yang bersih, transparan serta mampu menjawab tuntutan yang lebih efektif. Di sinilah salah satu fungsi e-Government yang diharapkan sanggup mendorong percepatan penyelenggaraan reformasi birokrasi tersebut.

Saat ini Riau Go IT memiliki cakupan yang cukup luas, mulai dari layanan informasi bagi warga, sistem kontrol SKPD hingga pengurusan berbai urusan seperti bisnis dan perizinan yang melibatkan pemerintah dan masyarakat.

Transparansi merupakan unsur terdepan dalam e-Government. Andi Rachman menyatakan, pelayanan informasi secara transparan akan meningkatkan kredibilitas pemerintah dan tingkat kepercayaan masyarakat, sekaligus menekan kemungkinan adanya proses birokrasi yang menyulitkan masyarakat. Selain itu, pendayagunaan teknologi informasi, khususnya internet akan menjadikan konektivitas layanan semakin cepat.

Disebutkan, Riau Go IT merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden No. 3 tahun 2003 tentang kebijakan nasional pengembangan e-Government Indonesia. Provinsi Riau dalam hal ini terus berupaya mewujudkan cita-cita nasional tersebut dengan melakukan langkah penerapan IT secara terstruktur dalam roda pemerintahan.

x5r40g[1]“Riau melalui Dinas Komunikasi dan Informatika telah menjalankan e-Government. Semua sistem pemerintahan termasuk berkaitan dengan informasi publik telah dijalankan,” terang Gubri (Gubernur Riau).

Salah satu keunggulan tak terbantahkan dari e-Government adalah tersedianya media komunikasi dan informasi yang dapat diakses oleh masyarakat dengan sangat mudah, kapan pun dan di manapun tanpa perlu mendatangi instansi terkait.

“Informasi dapat dicari di kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan,” sebutnya.

Dengan e-Government, pemerintah telah mendekatkan diri dengan masyarakat melalui layanan yang baik serta transparan. Menurut Andi Rachman, keterbukaan ini menghilangkan sifat kesalingcurigaan dari semua pihak.

Di sektor pemerintahan, e-Government mencakup hal yang lebih kompleks. Koordinasi antar personil hingga SKPD dimungkinkan melalui saluran yang lebih efisien dan efektif, seperti komunikasi surat (email, dll) serta komunikasi langsung (video conference). Adalah hal wajar saat e-Government yang dikemas melalui Riau Go IT diterapkan, setiap personil dan masyarakat diminta untuk melek teknologi.

FGD e-Government

Pelaksanaan e-Government memang terus menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Riau agar selalui terkontrol dan dapat ditingkatkan. Baru-baru ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Riau menggelar Forum Group Discussion (FGD) untuk menjalankan pembinaan, evaluasi dan pengendalian di lingkungan SKPD Pemrov Riau.

Kadiskominfo Provinsi Riau Yogi Getri mengatakan, perkembangan pengguna internet yang begitu pesat di Indonesia, khususnya Provinsi Riau perlu dilihat dari berbagai sisi, baik kekuatan, peluang, hingga tantangan.

“Salah satu teknologi internet yang sangat diperlukan saat ini adalah teknologi informasi yang mana telah memberikan andil besar dalam perubahan organisasi, pendidikan, transportasi, kesehatan, penelitian serta bidang lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan informasi yang makin tinggi, sudah selayaknya e-Government dikembangkan,” papar Yogi.

FGD tersebut juga dihadiri oleh Kasubdit Teknologi dan Infrastruktur e-Government Kemenkominfo Bambang Dwi Anggono yang berpendapat, integrasi melalui IT di lembaga pemerintah juga merupakan bagian penting. Apalagi melihat masih minimnya SDM TIK yang berkualitas. Bambang menambahkan, pihaknya tengah berupaya untuk menyatukan Kominfo se-Indonesia agar terciptanya ekosistem informasi smart nation.

Pemanfaatan e-Government yang disuarakan melalui Riau Go IT telah memberi harapan baru agar daerah-daerah lain di Indonesia memulai langkah yang sama. Jika e-Government yang ideal bisa diimplementasikan, maka bukannya tidak mungkin hasil yang lebih baik bisa diperoleh. (adv/humas)

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas