Teknologi

Data di Smartphone Anda Hilang? Begini Cara Mengembalikannya

Data di Android Smartphone yang terhapus datanya sudah bisa dikembalikan.

SERING kali kita kesal karena data di smartphone terhapus karena salah pencet atau mungkin hang. Celakanya lagi, data yang terhapus itu berada di memori internal yang jelas saja tidak tersimpan di SD memori.

Kekesalan semakin memuncak ketika data yang terhapus adalah kenangan tertentu, atau momen penting yang belum sempat dipindahkan ke memori penyimpanan lain. Salah satu misalnya, ketika foto-foto liburan bersama orang-orang spesial ke tempat yang spesial pula, tiba-tiba saja terhapus tanpa bekas.

Sejalan berkembangnya teknologi. Sekarang Anda tak perlu lagi risau. Saat ini  Android Data Recovery sudah bisa  memulihkan data di memori internal perangkat yang sempat hilang atau terhapus. Aplikasi tersebut mampu bekerja di OS Android 4.4 dan 5.0. Sementa ra itu, pengguna iPhone bisa menggunakan iPhone Data Recovery.

Yang Anda perlukan adalah Android/iPhone Data Recovery yang merupakan program khusus untuk memulihkan kontak, pesan, history WhatsApp, gambar, musik dan video dari internal serta eksternal memori di smartphone. Anda juga perlu menyiapkan kabel USB dan komputer  yang berjalan paling tidak di Windows 7 atau Mac.

Langkah selanjutnya, perhatikan hal berikut ini. Jangan dulu gunakan ponsel Anda sebelum data lama Anda terecovery, karena data baru yang Anda tambahkan berarti akan menghapus selamanya tempat file yang terhapus.

Jika Anda sudah terlanjur menggunakan Android tersebut sebelum data Anda yang hilang dipulihkan, maka data Anda tak bisa kembali seluruhnya karena sudah tertipa file baru atau overwritten. Pastikan smartphone masih memiliki daya paling tidak 20 persen sehingga ia tidak akan mati dalam proses pemulihan.

Berikut ini lima langkah untuk mengembalikan data yang hilang sebagaimana dilansir dari Okezone.com:

1. Hubungkan Android/iPhone ke komputer dengan USB.  2. Lakukan Enable USB Debugging.  3. Pilih jenis file yang akan dipindai dan mode apa yang akan digunakan. Ketika Anda menyelesaikan step ketiga, software akan meminta Anda untuk memindai. Pilih file yang ingin Anda pulihkan.

4. Izinkan permintaan SupperUse dan mulai pemindaian. Klik allow di tabel SupperUse dan centang remember. Setelah itu izinkan SuperSU dan SupperSU CMW dengan kembali mengeklik tombol allow. Lalu klik start.

5. Preview dan pulihkan file dari memori internal. Hasil pemindaian akan ditunjukkan dalam warna merah dan hitam.

Perhatikan file sebelum Anda memutuskan untuk memulihkannya. Centang hanya yang warna merah karena mereka adalah file yang sudah terhapus. Kemudian klik recover di bagian bawah layar. Ketika selesai, konten Anda yang hilang telah ada di PC.

Apa tanggapan Anda?

argumen pembaca

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke Atas