Riauposting http://riauposting.com Jelas Beda Sat, 18 Aug 2018 14:17:49 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.8.2 Workshop Pemanfaatan ICT dalam SCL FKIP Unri Hadirkan Narasumber dari Dirjen Belmawa http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18666/workshop-pemanfaatan-ict-dalam-scl-fkip-unri-hadirkan-narasumber-dari-dirjen-belmawa/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18666/workshop-pemanfaatan-ict-dalam-scl-fkip-unri-hadirkan-narasumber-dari-dirjen-belmawa/#respond Sat, 18 Aug 2018 08:43:33 +0000 http://riauposting.com/?p=18666

PEKANBARU(18/8/2018)– Sosialisasi dan workshop pemamfaatan ICT (Information and Communication Technology) dalam SCL (Student Centered Learning) memasuki revolusi industry 4.0, yang diselenggarakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau (FKIP Unri) menghadirkan dosen Universitas Indonesia Drs Gatot Fatwanto Hertono MSc PhD atas nama Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) sebagai narasumber.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau yang diwakili Wakil Dekan I Bidang Akademik FKIP Unri Dr Zul Irfan MSi, Koordinator Prodi Kimia Abdullah SSi MSi, Koordinator Prodi Biologi Dr Evi Suryawati MPd, Koordinator Prodi Matematika Dr Kartini MSi, Koordinator Prodi PPKn Sri Erlinda SIP MSi, Koordinator Penjaskesrek Aref Vai SPd MPd, para Sekretaris Jurusan dan dosen utusan masing-masing Prodi di lingkungan FKIP Unri.

Ketua Panitia Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Pembelajaran Berpusat pada Mahasiswa memasuki Revolusi Industri 4.0 (PKP-PBMRI) FKIP Unri Dr Maria Erna MSi melaporkan, kegiatan sosisalisasi ini merupakan satu dari empat kegiatan hibah yang didanai oleh Belmawa Dikti dan disupport oleh FKIP Unri.

“Kegiatan ini bertujuan menggabungkan antara pembelajaran berpusat pada mahasiswa dengan memamfaatkan ICT berbasis lesson study for learning community (LSLC) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran memasuki revolusi 4.0,“ tambah Koordinator S2 Pendidikan Kimia FKIP Unri ini.

Lebih lanjut Maria Erna mengatakan dengan program hibah ini, hendaknya dapat menghasilkan produk inovatif pembelajaran baik itu mengenai model maupun metode pembelajaran yang efektif untuk digunakan di FKIP Unri, dan diharapkan juga mampu menghasilkan artikel ilmiah yang dapat diseminarkan maupun dipublikasikan di jurnal nasional maupun Internasional.

Drs Gatot Fatwanto Hertono MSc PhD mengatakan pengalamannya dalam mengelola pemamfaatan ICT di Universitas Indonesia (UI), ada tiga hal/aspek yang harus dipenuhi; pertama penyiapan SDM baik dosen maupun mahasiswanya melalui pelatihan/workshop. Perlu dipersiapkan untuk bisa lebih memamfaatkan ICT dalam pembelajaran. Kedua, perlu dukungan infrastruktur dan fasilitas sarana dan prasarana, jangan sampai dosen dan mahasiswanya telah siap tetapi ketika mereka mau menggunakan mungkin fasilitas kurang mendukung atau kurang memadai. Misalnya bandwidthnya masih kecil akhirnya mahasiswa dan dosen  enggan  meneruskan kegiatan-kegiatan yang berbasis ICT.

Ketiga, dari aspek tata kelolanya baik dari sisi penjaminan mutunya maupun aplikasi anak didiknya juga perlu disiapkan, karena pembelajaran berbasis ICT atau TIK ini perlu dibuatkan komponen atau instrument khusus untuk mengukur penjaminan mutu ke dalam penerapan pembelajaran berbasis ICT.

Lebih lanjut Gatot Fatwanto mengatakan, untuk peningkatan kualitas proses belajar di perguruan tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) menyelenggarakan program hibah PKP-PBMRI bertujuan untuk penguatan pendidikan karakter, penekanan pendekatan pembelajaran berpusat pada mahasiswa, membangun komunitas belajar sepanjang hayat, mewadahi karakteristik mahasiswa generasi milenial dan post milenial, pendekatan pembelajaran multidisipliner, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, serta peningkatan kemampuan abad 21 (keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, kreatifitas, IT literacy, cross culture understanding, problem solving, self-directed learning.

“Salah satu tujuan dari hibah PKP-PBMRI tersebut lebih mendorong atau menstimulasi perguruan tinggi untuk lebih memamfaatkan TIK dalam pembelajaran, terutama untuk menghadapi revolusi teknologi yang muncul atau dikenal dengan Revolusi 4.0. Kita harus lebih siap lagi dalam menghadapi era Revolusi 4.0 ini.“ ungkapnya.

Gatot menambahkan, hibah PKP-PBMRI salah satu keluarannya antara lain mempublikasikan hasilnya dalam bentuk seminar atau konferensi. Hasil pengembangan modulnya tersebut pada saat di publikasikan, di konferens atau diseminarkan akan bisa diketahui oleh masyarakat luas.

Dengan munculnya berbagai model pembelajaran di Unri, dampaknya Unri sendiri akan lebih bisa menawarkan atau membuka program-program pendidikan jarak jauh yang bisa diikuti oleh masyarakat luas dengan model-model pembelajaran yang diterapkan dan disesuaikan dengan pendidikan jarak jauh. Pada akhirnya masyarakat juga tahu bahwa Unri juga sudah siap dalam penyelenggaraan PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) yang bisa diikuti masyarakat luas.

Di akhir pemaparannya Gatot mengharapkan kepada para dosen agar lebih memahami. Untuk menghadapi dan mengantisipasi revolusi industri 4.0 ini, hendaknya para dosen lebih banyak memaparkan ICT dalam pembelajaran dalam bentuk penerapan SCL yang berbasis TIK dengan berbagai model-model yang diharapkan muncul dari Universitas Riau sendiri.

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18666/workshop-pemanfaatan-ict-dalam-scl-fkip-unri-hadirkan-narasumber-dari-dirjen-belmawa/feed/ 0
Dibuka Kadiskes Rohul, RS Surya Insani Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis http://riauposting.com/berita/kesehatan/18660/dibuka-kadiskes-rohul-rs-surya-insani-gelar-operasi-bibir-sumbing-gratis/ http://riauposting.com/berita/kesehatan/18660/dibuka-kadiskes-rohul-rs-surya-insani-gelar-operasi-bibir-sumbing-gratis/#respond Sat, 11 Aug 2018 06:05:03 +0000 http://riauposting.com/?p=18660
Owner RS Surya Insani, Evi Juliana SE MM dan undangan meninjau ruang operasi

Owner RS Surya Insani, Evi Juliana SE MM dan undangan meninjau ruang operasi

PASIRPENGARAIAN – Rumah Sakit Surya Insani Pasirpengaraian Kabupaten Rokan Hulu menggelar operasi bibir sumbing dan celah langit-langit secara gratis. Bakti sosial yang dilaksanakan RS Surya Insani itu diikuti 28 anak di kabupaten Rohul yang dipusatkan di Rumah Sakit (RS) Surya Insani Pasir Pengaraian, Sabtu(11/8/2018) pagi.

Operasi Bibir Sumbing itu dibuka olehKepala Dinas Kesehatan Rohul, dr Bambang Triono. Kegiatan sosial ini terlaksana atas kerjasama RS Surya Insani dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Rohul, Yayasan Smile Trien dan RS Ibnu SinaPekanbaru.

Bakti sosial operasi bibir sumbing dan celah langit-langit gratis itu, melibatkan Dokter dari berbagai daerah dan dibantu juga oleh tim medis dari RS Surya Insani. Bakti sosial ini berlangsung se Indonesia.

Kadis Kesehatan Rohul, dr Bambang Triono mengatakan, ucapan terimakasih kepada RS Surya Insani,Diskes Rohul sangat mendukung setiap program rumah sakit yang selalu peduli dengan kesehatan masyarakat.

“ Atas nama Pemkab Rohul, kita menyambut baik kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing ini yang dilaksanakan RS Surya Insani. Kedepannya, rumah sakit swasta atau badan usaha lain juga diharapkan bisa melaksanakan kegiatan yang sama,”jelasnya.

Owner RS Surya Insani Pasirpengaraian, Evi Juliana SE MM mengucapkan terimakasih kepada BAZNAS Rohul, RS Ibnu Sina, Smile Trien, Dinas Kesehatan Rohul dan juga masyarakat, ini merupakan suatu prestasi bagi RS Surya Insani untuk lebih baik lagi kedepannya.

“ Terimakasih kami ucapkan kepada Pemkab Rohul melalui Dinas Kesehatan Rohul, BAZNAS Rohul, RS Ibnu Sina Pekanbaru dan Smile Trien serta masyarakat yang telah ikut mensukseskan program kita ini,” tuturnya.

Evi Juliana yang juga Ketua KADIN Rohul itu menyatakan, kegiatan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit gratis yang dilaksanakan serentak se Indonesia, untuk di Provinsi Riau yang mengadakan kegiatan ini hanya di RS Ibnu Sina Pekanbaru dan RS Surya Insani Pasirpengaraian. Ini merupakan bentuk kepedulian Surya Insani kepada masyarakat.

Evi Juliana yang akrab disapa Yuli itumengatakan, penyebab terjadinya bibir sumbing karena faktor genetik, gizi yang kurang seimbang dan faktor lingkungan. Pihaknya komitmen mendukung program Pemkab Rohul, dengan memperkecil jumlah penderita bibir sumbing.

Yuli mengakui, Program Operasi Bibir sumbing dan celah langit-langit gratis kali ini dilaksanakan untuk kedua kalinya, insyaallah kedepannya program ini akan dilaksanakan setiap tahunnya.

“ Program operasi bibir sumbing dan celah langit-langit gratis yang kita taja pada hari ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya dan insyaallah program ini akan kita laksanakan setiap tahunnya. Kemudian kita juga merupakan salah satu RS yang berhasil mengumpulkan peserta operasi bibir sumbing dan celah langit-langit gratis ini terbanyak di indonesia,” papar Yuli.

Hadir pada kegiatan itu, Kadiskes Rohul, perwakilan Dinas Sosial Rohul, Ketua TP PKK Kecamatan Rambah, BAZNAS Rohul, perwakilan RS Ibnu Sina Pekanbaru yang juga perwakilan dari Smile Trien, Ketua Ikatan Dokter Gigi Rohul dan peserta Operasi Bibir sumbing gratis.

Dalam kegiatan itu, selain melaksanakan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit gratis, BAZNAS Rohul juga menyerahkan uang santunan dan satu lembar kain sarung kepada peserta yang mengikuti program operasi bibir sumbing gratis tersebut.

]]>
http://riauposting.com/berita/kesehatan/18660/dibuka-kadiskes-rohul-rs-surya-insani-gelar-operasi-bibir-sumbing-gratis/feed/ 0
Unri dan Lima Prodi di FKIP Sudah Berakreditasi A http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18655/unri-dan-lima-prodi-di-fkip-sudah-berakreditasi-a/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18655/unri-dan-lima-prodi-di-fkip-sudah-berakreditasi-a/#respond Tue, 31 Jul 2018 07:31:38 +0000 http://riauposting.com/?p=18655

PEKANBARU- Universitas Riau (Unri) bersama lima Program Studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  (FKIP) Universitas Riau masing-masing Prodi Biologi, Prodi Fisika, Prodi Kimia, Prodi Matematika dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia telah memperoleh Akreditasi A.

Pernyataan tersebut disampaikan Dekan FKIP Unri Prof Dr H M Nur Mustafa MPd pada kegiatan pengukuhan yudisium sarjana pendidikan FKIP Unri di Gedung Serba Guna FKIP Unri,  Selasa (31/7/2018).

Yudisium sarjana pendidikan periode April-Juni 2018 di lingkungan FKIP Unri terdapat 139 lulusan, masing-masing  Pendidikan Kimia 40 lulusan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 16 lulusan, Pendidikan Fisika 15 lulusan, Bimbingan Konseling 27 lulusan, Pendidikan Sejarah 10 lulusan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 6 lulusan, Pendidikan Anak Usia Dini 7 lulusan, Pendidikan Bahasa Inggris 2 lulusan, Pendidikan Bahasa Jepang 4 lulusan, Pendidikan Ekonomi 2 lulusan, Pendidikan Kepelatihan Olahraga 9 lulusan serta Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi 1 lulusan.

Pemuncak program studi di lingkungan FKIP Universitas Riau, masing-masing  Haryati IPK 3.84 Prodi PBSI, Teja Pratama Putra IPK 3.84 Prodi Kimia, Daud Candra Girsang IPK 3.79 Prodi Sejarah, Rizka Yulia Putri IPK 3.78 Prodi BK, Widia Kusuma Wardani IPK 3.57 Prodi PPKn, Rizal Efendi Prodi Penjaskesrek, Muhammad Thoib Prodi Kepelatihan Olahraga, Sri Dewi Pramita Sari Prodi PG-PAUD, Raja Sirli Nur Andrian Prodi Bahasa Jepang, Ulfia Perdani Prodi Fisika, Nur Afina Prodi Ekonomi serta Nurul Hikmah Alfilailzam Prodi Bahasa Inggris.

M Nur Mustafa mengatakan “tahun ini, FKIP menerima mahasiswa baru sejumlah 1.408 mahasiswa.  Tahun ini pula ada 13 Prodi yang ikut Akreditasi, sementara 3 Prodi lainnya; Prodi PLS, Prodi PG-PAUD dan Prodi PGSD telah memperoleh nilai B pada tahun 2017 yang lalu.

“Ini suatu kemajuan bagi kita, Jurusan MIPA FKIP Unri semuanya berakreditasi A, ditambah Prodi Bahasa Indonesia juga berakreditasi A. Sementara Prodi Sejarah, Prodi Ekonomi dan Prodi Kepelatihan Olahraga masih mempertahankan nilai B. Mudah-mudahan Prodi PPKN, Prodi Bahasa Inggris, Prodi Bahasa Jepang, Prodi Bimbingan Konseling akan mendapatkan nilai A,“ harapnya.

M Nur menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh prodi dan dosen yang telah ikut menyukseskan dan menyiapkan segala sesuatu untuk kemajuan FKIP Universitas Riau.

Di akhir pengarahannya M Nur Mustafa mengharapkan,  seluruh alumni untuk mengikuti Program Profesi Guru PPG selama satu tahun, untuk melanjutkan pendidikan S2 di FKIP Unri serta berperan dalam kemajuan FKIP Universitas Riau.

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18655/unri-dan-lima-prodi-di-fkip-sudah-berakreditasi-a/feed/ 0
Civitas Akademika UIN Suska Riau Berikrar Setia Kepada NKRI http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18631/civitas-akademika-uin-suska-riau-berikrar-setia-kepada-nkri/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18631/civitas-akademika-uin-suska-riau-berikrar-setia-kepada-nkri/#respond Thu, 26 Jul 2018 12:33:28 +0000 http://riauposting.com/?p=18631

PEKANBARU (26/7/2018)– Civitas Akademika UIN Suska Riau berikrar dihadapan seluruh pejabat tinggi pemerintah Propinsi Riau untuk setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pembacaan ikrar tersebut dipimpin langsung oleh Rektor UIN Suska Riau Prof Dr KH Akhmad Mujahidin MAg.

Bismillahirahmannirrahim, Ya Alloh Saksikanlah pada sore hari ini, Kami keluarga besar UIN Suska Riau bertekad untuk setia kepada NKRI, anti hoax, anti radikalisme, anti terorisme, anti wahabisme dan paham-paham sesat lainnya.

Gubernur Riau yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Riau H Ahmad Hijazi mengatakan “Radikalisme merupakan paham yang menginginkan perubahan sosial dan politik dengan cara kekerasan, sementara Islam adalah agama yang penuh kedamaian, Islam tidak pernah membenarkan praktek penggunaan kekerasan di dalam menyebarkan agama, paham keagamaan serta paham politis, “Ungkapnya.

Lebih lanjut Ahmad Hijazi mengatakan “Kegiatan deklarasi setia NKRI anti hoax dan anti radikalisme yang diselenggarakan pada hari ini, merupakan kegiatan yang bermakna dalam menjelaskan pemahaman dan wawasan guna mewujudkan persamaan persepsi yang gerah didalam menghadapi terorisme, radikalisme yang dapat membahayakan negara, “Tegasnya

Kegiatan ini membuktikan bahwa kita selalu setia kepada NKRI dan akan menepis segala berita hoax dan pemahaman radikal serta terorisme, “Tambahnya.

Diakhir pengarahannya Ahmad Hijazi mengucapkan “atas nama pemerintah Propinsi Riau kami ucapkan terima kasih kepada UIN Suska Riau yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dalam mewujudkan akademisi yang hebat dan berwawasan Moderat untuk Indonesia yang kuat. “terima kasih atas segala bentuk dukungan kepada pemerintah Provinsi Riau dalam kontribusi memberikan pemikiran strategis untuk membangun Riau ke depan. “Ucapnya.

Di kesempatan yang sama Kapolda Riau Irjen Pol Nandang MH mengatakan “mahasiswa memiliki kecerdasan, memiliki akhlakul karimah, memiliki intelektual, mahasiswa mempunyai peran ironstock, mahasiswa adalah generasi yang dipersiapkan untuk kepemimpinan di masa yang akan datang, mahasiswa harus menjadi contoh teladan dan harus bisa Menetralisir paham-paham yang terjadi ditengah masyarakat. “Terangnya.

Di akhir pemaparannya Nandang mengajak seluruh civitas akademika UIN Suska Riau untuk selalu cinta tanah air “mari cintai negeri ini, mari kita lawan berita Hoax, mari kita berantas radikalisme dan terorisme di kampus UIN Suska Riau ini. “Ajaknya.

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18631/civitas-akademika-uin-suska-riau-berikrar-setia-kepada-nkri/feed/ 0
The Best Faculties of UIN Suska Riau is Tarbiyah http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18643/the-best-faculty-of-uin-suska-riau-is-tarbiyah/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18643/the-best-faculty-of-uin-suska-riau-is-tarbiyah/#respond Thu, 26 Jul 2018 12:19:57 +0000 http://riauposting.com/?p=18643

PEKANBARU– The Best Faculties of UIN Suska Riau is Tarbiyah. Tarbiyahlah tempat sarang ilmu yang mengantar Saya sebagai visiting professor of Arabic.

Pernyataan tersebut disampaikan Rektor UIN Suska Riau Prof Dr KH Ahmad Mujahidin MAg secara langsung pada kegiatan pisah sambut pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau, Kamis (26/7/2017) di Aula FTK UIN Suska Riau.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Dr H Muhammad Syaifuddin MAg dalam sambutannya melaporkan kepada Rektor “kegiatan pisah sambut ini, sudah lama kita rencanakan. Alhamdulillah hari ini terlaksana, “Terangnya.

Lebih lanjut Muhammad Syaifuddin mengajak kepada seluruh civitas akademika FTK UIN Suska Riau harus bekerjasama, “Kita harus kompak, harus damai dan harus selamat” sebagaimana yang ditegaskan Rektor UIN Suska Riau, “Pintanya.

Diakhir sambutannya Muhammad Syaifuddin mengucapkan terima kasih kepada Rektor UIN Suska Riau dan terima kasih kepada mantan Dekan FTK UIN Suska Dr Mas’ud Zein MPd yang telah meletakkan dasar-dasar organisasi “Kami siap lanjutkan dengan menerapkan beragam inovasi, kami akan menata dan menerapkan menjadi lebih baik lagi sebagaimana misi Gubernur Riau “UIN Suska Riau harus menjadi Qur’an Centre untuk Riau, “Tegasnya.

Rektor UIN Suska Riau Prof Dr KH Akhmad Mujahidin MAg dalam arahannya mengajak kepada seluruh civitas akademika UIN Suska Riau “mari kita kompak, mari kita damai, sekarang Ananda baru 10 hari jadi Rektor, ayo dukung sama-sama, “Pintanya.

Lebih lanjut Akhmad Mujahidin mengatakan “pustaka sekarang tidak tepat tempatnya, kita akan dirikan pustaka UIN Suska Riau yang dekat dan mudah dijangkau oleh mahasiswa, dan insya Alloh pustaka lama akan menjadi pusat bisnis UIN Suska Riau, “Terangnya.

Diakhir pemaparannya Akhmad Mujahidin mengharapkan seluruh keluarga besar UIN Suska Riau selamat dunia akhirat tidak terlibat korupsi, tidak terlibat narkoba ataupun tindakan kriminal lainnya, “Harapan Akhmad Mujahidin.

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18643/the-best-faculty-of-uin-suska-riau-is-tarbiyah/feed/ 0
UIN Suska Riau, akan jadi Terdepan di Indonesia http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18620/uin-suska-riau-akan-menjadi-terdepan-di-indonesia/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18620/uin-suska-riau-akan-menjadi-terdepan-di-indonesia/#respond Wed, 25 Jul 2018 09:03:10 +0000 http://riauposting.com/?p=18620

PEKANBARU– UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang membawa nama Sultan, Insya Allah akan menjadi Perguruan Tinggi terdepan di Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan secara langsung  Gubernur Riau terpilih Drs H Syamsuar MSi didampingi Wakil Gubernur Riau terpilih Brigjen TNI (Purn.) H Edy Afrizal Natar Nasution SIP kepada Civitas Akademika UIN Suska Riau dalam rangka silaturrahim Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih periode 2019-2024 di Ball Room Lt 5 Rektorat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Rabu (25/7/2018).

Rektor UIN Suska Riau Prof Dr KH Akhmad Mujahidin MAg dalam sambutannya melaporkan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, bahwa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau memiliki lebih dari 36.000-an mahasiswa, 1.020 dosen, 800-an karyawan. “Itu artinya Civitas Akademika UIN Suska Riau penduduknya lebih kurang 37.000-an, Insya Allah catatan kementerian terbesar se-Indonesia,“ ungkapnya.

Akhmad Mujahidin menambahkan UIN Suska Riau dihuni oleh 12 Kabupaten/Kota, 8 suku besar, 4 Sungai besar; Sungai Kampar, Sungai Indragiri, Sungai Siak dan Sungai Rokan, semuanya ada di sini untuk saling bekerja sama. “4 prinsip yang harus ada pada kita semua, “Mari kita saling kerja sama, kita saling membantu, kita saling menguatkan dan kita saling menyelamatkan,“ ajaknya.

Lebih lanjut Rektor UIN Suska Riau memperkenalkan 22 pimpinan UIN Suska Riau yang mencerminkan rakitan pulau-pulau di Indonesia dan rakitan sungai-sungai yang ada di Riau sesuai dengan visi Gubernur. “Merakit pulau-pulau ini bagaimana bisa menyatu untuk pendapatan keunggulan-keunggulan,” tambahnya.

Menurutnya, terdapat 6 Kepala UPT, 42 Program Studi, 7 Pasca Sarjana, selain Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syari’ah dan Fakultas Dakwah, kita memiliki 4 Fakultas umum, masing-masing: Fakultas Peternakan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sain dan Teknologi serta Fakultas Psikologi dan Insya Alloh dalam waktu dekat Fakultas Kedokteran segera terrealisasi. “Kami siap berkhidmat untuk Riau. “Tegasnya.

Di akhir sambutannya Rektor UIN Suska Riau berharap kepada Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih “jadikanlah UIN Suska Riau sebagai mitra strategis Bapak, program-program unggulan yang dicita-citakan serta misi-misi tentang keislaman, kemelayuan, “pastikan UIN Suska Riau berpartisipasi aktif membantu Bapak dan bawalah UIN Suska Riau menjadi partner utama Bapak dalam membangun Riau sehingga kami merasa bagian integral dari program-program Bapak. “harapannya.

Drs Syamsuar MSi didampingi wakil Gubernur terpilih Brigjen TNI (Purn.) H Edy Afrizal Natar Nasution SIP dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada Rektor UIN Suska Riau yang telah memberikan ruang dan kesempatan  untuk bersilaturrahim ke UIN Suska Riau. “Terima kasih dan selamat kepada Rektor bersama seluruh Civitas Akademika, semoga UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang membawa nama Sultan, insya Alloh menjadi terdepan di Indonesia,” ungkap Syamsuar.

Lebih lanjut Syamsuar menyampaikan “sudah menjadi kewajiban bagi kita semua mengembangkan pendidikan di Riau sehingga kelak pendidikan anak-anak kita bisa bersaing di kancah nasional maupun Internasional serta menjadi investasi yang kita banggakan di masa yang akan datang,” tegasnya.

Untuk itu program kerja prioritas Kami, masing-masing: “memberikan beasiswa kepada mahasiswa, siswa-siswa yang kurang mampu, guru-guru, dosen-dosen, ustad dan ustadzah, serta beasiswa untuk anak-anak penghafal al-Qur’an, “Mendirikan Qur’an Centre, mengadakan Embarkasi haji, pemberdayaan ekonomi pesantren, mempersiapkan pendidikan untuk anak-anak dari SD sampai SMA gratis, mengembangkan Zakat dan Wakaf, menggerakan Ekonomi Syariah serta bertekad akan ikut bersama-sama memberantas narkoba di Riau,” tekadnya.

Di akhir pemaparannya Syamsuar mengharapkan dukungan dari seluruh kampus, cendekiawan, para ulama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan semua komponen yang ada di Riau, “mari kita bersatu padu mewujud Riau yang berdaya saing, sejahtera, bermartabat dan unggul di Indonesia. Mudah-mudahan hajat besar ini bisa terwujud dan diridhoi Alloh SWT serta mendatangkan kebaikan di Riau dan kebaikan di tanah air yang kita sayangi ini.“ harap Syamsuar.

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18620/uin-suska-riau-akan-menjadi-terdepan-di-indonesia/feed/ 0
Tancap Gas, Rektor UIN Suska Riau Lantik Pejabat Baru http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18614/tancap-gas-rektor-uin-suska-riau-lantik-pejabat-baru/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18614/tancap-gas-rektor-uin-suska-riau-lantik-pejabat-baru/#respond Mon, 09 Jul 2018 04:02:45 +0000 http://riauposting.com/?p=18614

PEKANBARU-Di awal masa tugasnya setelah dilantik sepekan lalu, Rektor UIN Suska Riau Pror Dr KH Ahmad Mujahidin MAg langsung tancap gas. Sebagai upayanya untuk mencapai target untuk meraih Akreditasi A untuk jurusan di UIN Suska Riau, Senin (9/7/2018), rektor telah melantik struktur baru UIN Suska Riau.

Rektor telah melantik seluruh pejabat baru yang menjadi timnya dalam menakhodai UIN Suska beberapa tahun ke depan. Sebagaimana SK Rektor  Nomor SR-10 s.d 25/ Un.04/KP. 07.6/07/2018,  berikut nama-nama pejabat yang dilantik:

  1. Dr. H. Suryan A. Jamrah, MA sebagai wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan UIN Suska Riau
  2. Dr. H. Kusnadi, MPd sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum , Perencanaan dan Keuangan UIN Suska Riau
  3. Drs. H. Promadi, MA., Ph.D. Sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Suska Riau
  4. Dr. H. Muhammad Syaifuddin, M.Ag sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  5. Dr. H. Hajar, M.Ag sebagai Dekan Fakultas Syariah dan Hukum
  6. Dr. H. Jamaluddin M.Us sebagai Dekan Fakultas Ushuluddin
  7. Dr. Nurdin, MA Sebagai Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi
  8. Dr . H. Mas’ud Zein, M.Pd sebagai Dekan Fakultas Sains dan Teknologi
  9. Prof. Dr. Hairunas, M.Ag sebagai Dekan Psikologi
  10. Dr. H. Muh. Said HM, M.Ag MM sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
  11. Edi Erwan, S.Pt, M.Sc., Ph.D sebagai Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan
  12. Dr. Afrizal M. MA sebagai Direktur Pasca Sarjana
  13. Prof Dr. H. M Arrafie Abduh, M. Ag  Ketua  Lembaga Penelitaan dan Pengabdian kepada Masyarakat
  14. Prof Dr. H. Salfen Hasri, M. Pd Ketua Lembaga Penjamin Mutu
  15. Prof Dr. H. Kurnia Ilahi, MA sebagai Koordinator Kopertais Wilayah XII Riau-Kepulauan
  16. Dr. Miftahuddin, M.Ag sebagai Sekretaris Koordinator Kopertais Wilayah XII Riau-Kepulauan
]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18614/tancap-gas-rektor-uin-suska-riau-lantik-pejabat-baru/feed/ 0
Sebulan, Santri Hapal Al-Quran 30 Juz, Nenek 78 tahun Hapal 8 Juz http://riauposting.com/berita/lainnya/18604/sebulan-santri-hapal-al-quran-30-juz-nenek-78-tahun-hapal-8-juz/ http://riauposting.com/berita/lainnya/18604/sebulan-santri-hapal-al-quran-30-juz-nenek-78-tahun-hapal-8-juz/#respond Tue, 03 Jul 2018 22:53:05 +0000 http://riauposting.com/?p=18604

* Karantina Angkatan IV Dimulai Agustus Mendatang

PEKANBARU–Bermodalkan hapalan satu juz, Muhammad Arif (15) mampu menyelesaikan hapalannya hingga 30 juz hanya dalam masa sebulan. Selain Arif, seorang nenek bernama Hj Maimun (78) mampu menghapal hingga delapan juz, juga dalam waktu 30 hari.

Keduanya merupakan peserta Karantina Tahfizh Al-Quran Sebulan angkatan ketiga yang diselenggarakan Tafaqquh Study Club, Ramadhan lalu. Muhammad Arif saat ini adalah pelajar kelas satu Aliyah di salah satu pesantren di Jakarta.

Selain mereka berdua, ada Dhiwanul Akbar (15) bermodal 6 juz, menyelesaikan hapalan 30 juz di hari ke-21; Evi Yospa Putri (24) modal 5 juz, khatam di hari ke-29 dan Intan Sari (18) modal 5 juz dan menyelesaikan hapalan di hari ke-25.

“Pencapaian yang diraih para peserta itu merupakan karunia dari Allah. Kami di Karantina Tahfidz hanya memberikan motivasi, fasilitas dan menyiapkan program,’’ ujar Pembimbing Karantina Tahfidz Tafaqquh, Ustadz Azriansyah Al-Hafizh, Selasa (3/7) di Pekanbaru.

Menurut peraih juara pertama cabang Tahfizh 30 Juz MTQ Riau itu, hingga angkatan ketiga sudah lebih dari 300 peserta yang mengikuti karantina tahfizh.

“Alhamdulillah peserta selalu bertambah setiap angkatan. Insya Allah kami mulai angkatan keempat Agustus mendatang. Pendaftaran sudah kami buka,’’ ungkapnya.

Sementara itu Pembina Karantina Tahfizh Al-Quran Riau, Dr Musthafa Umar Lc, MA mengemukakan salah satu program uggulan Tafaqquh Study Club itu memiliki target minimal terdapat satu penghapal Al-Quran dalam setiap keluarga muslim di Riau.

‘’Ini kerja besar, perlu dukungan banyak pihak, kami hanya memulai. Insya Allah, kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan dan memudahkan bagi siapapun yang ingin menjadi penghapal Al-Quran,’’ ungkapnya.

Azriansyah menambahkan, khusus untuk angkatan keempat, pihaknya melaksanakan karantina di dua tempat, pertama di salah satu hotel di tengah kota Pekanbaru dan kedua di Ma’had Tahfizh Tafaqquh di Lubuk Sakat Kampar. “Di Lubuk Sakat khusus untuk lak-laki dan di Pekanbaru untuk laki-laki dan perempuan,’’ ujarnya seraya menyebutkan bagi masyarakat yang berminat dapat langsung datang ke Kantor Tafaqquh atau menghubungi 085278150912. ***

]]>
http://riauposting.com/berita/lainnya/18604/sebulan-santri-hapal-al-quran-30-juz-nenek-78-tahun-hapal-8-juz/feed/ 0
Konsorsium PAI se-Indonesia Dibuka Gubri, Rektor UIN Suska Sampaikan Harapan http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18609/konsorsium-pai-se-indonesia-dibuka-gubri-rektor-uin-suska-sampaikan-harapan/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18609/konsorsium-pai-se-indonesia-dibuka-gubri-rektor-uin-suska-sampaikan-harapan/#respond Thu, 07 Jun 2018 13:29:33 +0000 http://riauposting.com/?p=18609

PEKANBARU-Konsorsium Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Indonesia dengan tema “optimalisasi peran prodi Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat pendidikan Agama Islam Internasional, secara resmi dibuka Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Ahmad Syah Harrofie SH MH di Grand Suka Hotel Pekanbaru (Jum’at, 6/7/2018).

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Rektor UIN Suska Riau Prof Dr KH Akhmad Mujahidin MAg, Wali Kota Pekanbaru yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Baharuddin MSi, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Dr Mas’ud Zein MPd, WD I Dr Kusnadi MPd, WD II Dr Zaitun MAg, WD III Prof Dr Hairunnas MAg, Ka Prodi PAI Dr Yuliharti MAg, Ketua Panitia Pelaksana Dr Kholil Syu’aib MAg dan para peserta konsorsium prodi PAI se-Indonesia.

Rektor UIN Suska Riau Prof Dr KH Akhmad Mujahidin MAg dalam sambutannya mengatakan, seluruh program studi wajib bergabung dalam konsorsium. Konsorsium merupakan bagian integral dari kualitas sebuah program  studi. Konsorsium, tambah Rektor, juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari progam studi. “Semoga konsorsium ini berjalan sukses dan menghasilkan program-program unggulan untuk bangsa dan negara Indonesia,“ ungkap Rektor UIN Suska terpilih.

Di kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Dr Mas’ud Zein MPd menyampaikan rasa bahagia atas dilantiknya Rektor UIN Suska Riau Prof Dr KH Akhmad Mujahidin MAg oleh Kemenag RI pada hari Senin, 2 Juli 2018. “Dia adalah asli pertama alumni UIN Suska Riau yang menjadi Rektor ditempatnya sendiri,“ ucapnya dengan bangga.

Lebih lanjut Mas’ud Zein menyampaikan, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan prodi yang tertua di UIN Suska Riau. FTK UIN Suska mempersiapkan calon tenaga pendidik guru agama di sekolah dan guru agama bidang studi di madrasah, masing-masing Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Kimia, Pendidikan IPA dan magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. “Tahun ini kita menambah dua program studi yakni Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Geografi,“ ungkap Mas’ud Zein.

Konsorsium ini merupakan kegiatan rutin tahunan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Indonesia yang tempatnya selalu digilirkan ke seluruh Indonesia. “Alhamdulillah tahun ini dipercaya di Kota Pekanbaru,“ tambah Mas’ud Zein.

Di akhir sambutannya Mas’ud Zein memberikan apresiasi kepada Gubernur Riau dan Wali Kota Pekanbaru yang telah bersedia hadir dalam pertemuan pimpinan Program Studi  Agama Islam  seluruh provinsi di Indonesia. “Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan Gubernur, Wali Kota dan Dinas Pendidikan Provinsi Riau,“ ucapnya.

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18609/konsorsium-pai-se-indonesia-dibuka-gubri-rektor-uin-suska-sampaikan-harapan/feed/ 0
Ka Prodi Bahasa Arab FTK UIN Suska Diundang ke Arab Saudi http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18601/ka-prodi-bahasa-arab-ftk-uin-suska-diundang-ke-arab-saudi/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18601/ka-prodi-bahasa-arab-ftk-uin-suska-diundang-ke-arab-saudi/#respond Wed, 30 May 2018 12:18:27 +0000 http://riauposting.com/?p=18601

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau Dr Afrijon Efendi Lc MA diundang pada pertemuan Ilmiah Bahasa Arab Internasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 – 31 Juli 2018 di Riyadh Arab Saudi.

Pernyataan tersebut disampaikan Afrijon kepada Riauposting.com, Rabu (30/5/2018). Menurut Afrijon, undangan untuk mengikuti pertemuan tersebut disampaikan secara resmi oleh Dewan Pakar Markaz Al-Malik Abdullah bin Abdul Aziz II Khidmah Al-Lughah al-Arabiyyah. Menurutnya, pemilihan itu berdasarkan keaktifan dalam menggerakkan dan mengembangkan Bahasa Arab dan sukses melaksanakan daurah pengajaran Bahasa Arab pada Tahun 2017.

 “Tidak semua lembaga pendidikan tinggi di Indonesia mendapatkan undangan dari markaz Al-Malik Abdullah bin Abdul Aziz, hanya 15  yang terpilih di Indonesia, masing-masing Dekan Fakultas dua orang, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab tujuh orang, Sekretaris Prodi S2 Pendidikan Bahasa Arab satu orang, Kepala Pusat Pengembangan Bahasa Arab satu orang, dosen Pendidikan Bahasa Arab satu orang dan aktivis IMLA tiga orang.“ jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan I Dr Kusnadi MPd mengungkapkan dengan terpilihnya program studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska untuk menerima penghargaan dari markas besar Malik Abdullah bin Abdul Aziz Internasional, merupakan suatu torehan prestasi yang membanggakan dan menggembirakan. “Kita saling terkait, kehebatan ketua prodi juga mesti didukung oleh pimpinan dan begitu juga sebaliknya,“ terangnya.

Lebih lanjut Kusnadi menegaskan kondisi ini perlu diteruskan dan menjadi pemicu dan semangat baru bagi prodi lainnya di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska.  “Prodi lain juga sudah ada yang berprestasi berskala internasional sebelumnya seperti Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Suska, namun hari ini prestasi diraih dan ditorehkan oleh program studi Pendidikan Bahasa Arab,“ tegasnya.

Di akhir pemaparannya, selaku pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas torehan prestasi yang di raih Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. “Kami mengharapkan seluruh prodi di lingkungan FTK UIN Suska untuk terus berkarya hingga skala internasional. Mari kita menyatukan pemikiran,” ajakanya.

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18601/ka-prodi-bahasa-arab-ftk-uin-suska-diundang-ke-arab-saudi/feed/ 0