Riauposting http://riauposting.com Jelas Beda Thu, 20 Jul 2017 15:08:18 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.7.2 Diduga Karena Ledakan Bahan Peledak, Seorang Warga Rambah Samo Tewas 5 Luka-luka http://rokanhulu.riauposting.com/berita/headline-rohul/13334/diduga-karena-ledakan-bahan-peledak-seorang-warga-rambah-samo-tewas-5-luka-luka/ http://rokanhulu.riauposting.com/berita/headline-rohul/13334/diduga-karena-ledakan-bahan-peledak-seorang-warga-rambah-samo-tewas-5-luka-luka/#respond Thu, 20 Jul 2017 15:08:10 +0000 http://riauposting.com/berita/lainnya/18156/diduga-karena-ledakan-bahan-peledak-seorang-warga-rambah-samo-tewas-5-luka-luka/
Jenazah Wanda ketika mau dimasukkan ke ambulance

Jenazah Wanda ketika mau dimasukkan ke ambulance

PASIRPENGARAIAN – Seorang Warga Desa Rambah Utama, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu, Suwanda tewas meregang nyawa sekitar Pukul 11.30 WIB. Korban yang berprofesi sebagai supir truck pengangkut pasir itu diduga tewas, setelah mengotak atik benda berupa batray yang diduga adalah bahan peledak sisa latihan Trisula Perkasa Korparkhas TNI AU.

Selain Suwanda, juga terdapat 5 warga lain yang menjadi korban dalam kejadian tersebut. Masing-masing, Sugianto, Heru, Asep Sofian, Reni Cahyati dan Yudi Wiharjo. Mereka kini dirawat di Rumah Sakit Surya Insani, RSUD Pasirpengaraian dan Puskesmas Rambah Samo.

Berdasarkan Informasi Yang di rangkum dilapangan, Ledakan Terjadi sekitar Pukul 11.30 WIB. Ledakan terjadi di dusun Karya Bakti RT.1 RW 2.  Informasi warga, Kamis usai shalat Subuh, personel Paskhas TNI AU latihan di sekitar‎ SMKN 1 Rambah. Warga sempat mendengar sebuah ledakan. Namun sekitar pukul 11.30 Wib, warga mendengar sebuah ledakan keras lagi. Tidak lama kemudian, warga mendatangi lokasi‎, dan melihat korban Suwanda sudah tergeletak dengan kondisi wajah menghitam, seperti kena luka bakar.

Kemudian, bagian usus perut korban dan daging tubuh korban juga berhamburan ke segala arah, dan tangan kanan korban putus. Saat olah TKP ,Tim Identifikasi Polres Rohul juga mengumpulkan daging korban dari sejumlah titik.

“ Kami tidak mengetahui‎ darimana asal benda itu, yang menyebabkan meledak,” terang  ‎Dadang Rohman,‎ warga setempat.‎

Warga lain juga mengaku, awalnya ada seorang warga lain menemukan sebuah benda yang bentuknya seperti baterai sepeda motor warna kecoklatan, serta ada kabel warna merah, kuning, dan putih sepanjang sekitar 1 meter. Lalu, benda misterius tersebut dibawa ke samping rumah kontrakan milik Kartono yang saat itu ada sejumlah laki-laki sedang membangun rumah toko.

Kepala Desa Rambah Utama  Rudi mengakui memang wilayah tempat kejadian itu menjadi tempat latihan perang. Hal itu berdaarkan pemberitahuan yang disampaikan TNI AU kurang lebih seminggu lalu. bahwa di desa kita akan dijadikan lokasi latihan perang.

“ Semalam pun sudah diinformasikan dan disampaikan kepada warga melalui RK RW RT dan melalui masjid musholla latihan perang dari jam 6 sampai jam 8,” kata rudi.

]]>
http://rokanhulu.riauposting.com/berita/headline-rohul/13334/diduga-karena-ledakan-bahan-peledak-seorang-warga-rambah-samo-tewas-5-luka-luka/feed/ 0
Bupati Rohul Minta Lurah dan Kades Serius Mengelola Keuangan http://rokanhulu.riauposting.com/berita/pemerintahan/13331/bupati-rohul-minta-lurah-dan-kades-serius-mengelola-keuangan/ http://rokanhulu.riauposting.com/berita/pemerintahan/13331/bupati-rohul-minta-lurah-dan-kades-serius-mengelola-keuangan/#respond Wed, 19 Jul 2017 10:00:33 +0000 http://riauposting.com/berita/lainnya/18153/bupati-rohul-minta-lurah-dan-kades-serius-mengelola-keuangan/
Bupati Rohul, H Suparman SSos MSi ketika memberikan sambutan pada acara Halal Bihalal Keluarga Besar APPDB Rohul, Rabu (19/7/2017) pukul 10.00 wib

Bupati Rohul, H Suparman SSos MSi ketika memberikan sambutan pada acara Halal Bihalal Keluarga Besar APPDB Rohul, Rabu (19/7/2017) pukul 10.00 wib

PASIRPENGARAIAN – Bupati Rokan Hulu, H Suparman SSos MSi menegaskan kepada seluruh perangkat desa untuk serius mengelola keuangan desa. Kerana untuk melihat perkembangan pembangunan suatu daerah dimulai dari tingkat desa.

” Pembangunan suatu daerah dimulai dari desa. Untuk itu Lembaga keuangan yang ada di desa agar dapat serius mengelola, sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan juga bagi daerah,” tutur Suparman ketika menghadiri acara Halal bi halal Keluarga Besar APPDB Rohul, Rabu (19/7/2017) pukul 10.00 wib di Convention Hall Islamic Centre Rohul.

Suparman menegaskan agar seluruh Lurah dan Kades Rohul harus peduli dengan keberadaan BUEK atau BUMDesa, bukan mengambil keuntungan untuk kepentingan pribadi atau golongan. Jika keuangan desa dikelola dengan baik maka pembangunan di desa semakin bertambah.

“ Saya tegaskan, Lurah yang tidak peduli dan mengotak atik untuk kepentingan pribadi dan golongan tentang keuangan desa maka jabatannya akan diganti. Walaupun Kepala Desa dipilih oleh masyarakat akan dinonaktifkan bila tidak mau dan tidak peduli tentang perkembangan BUMDesa,” tegasnya.

Mantan Ketua DPRD Riau itu juga meminta seluruh Lurah dan Kades agar serius dan harus hadir setiap kegiatan mengenai BUMDesa kepentingan desa.

” Segala yang menjurus untuk kepentingan desa tidak ada lagi alasan tidak hadir. Kita harus serius, karena semua sudah pintar apa yang diperlukan daerah. Namun masih saja yang bersiasat di dalam siasat. Saya ingin ujung tombak keberhasilan daerah berawal dari desa,” harap Bupati Rohul Suparman.

Hadiri pada acara itu, Bupati Rohul H Suparman, SSos MSi, Kakan Kemenag Rohul H Syahrudin, perwakilan Kodim 0313/ KPR, Ketua Pengelola Islamic Center H Zulyadaini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Rohul H Abdul Haris, termasuk Ketua APPDB Rohul Andre Sandi Daulay, Lurah Pasir Pangaraian, Mukhlis SE, Lurah Kota Lama Aly Y

Kepala Dinas PMPD Rohul Abdul Haris mengatakan, berkat Perda tahun 2009 lahir Unit Ekonomi Desa Simpa Pinjam (UED-SP) di Rohul, bergerak di bidang simpan pinjam. Pada 2007 sejumlah UED-SP mulai ditingkatkan statusnya jadi BUMDesa agar usaha lebih leluasa membuka bidang usaha, sesuai Perda Nomor 8 tahun 2007.

Dimana untuk Unit usaha BUMDesa beragam, mulai pembelian TBS kelapa sawit, penyaluran gas LPG, air isi ulang, ternak dan usaha lain. ” Sampai kini jumlah BUMDesa di Rokan Hulu ada 141 unit, ditambah BUEK 6 unit, dan UED-SP 6 unit. Namun 3 unit UED-SP tengah peningkatan status,” jelasnya.

Ungkap Abdul Haris lagi, dari 141 BUMDesa, 31 BUMDesa memperoleh kategori sehat, 47 cukup sehat, 26 kurang sehat, sementara ada 49 BUMDesa lagi dalam kondisi tidak sehat dan perlu dilakukan pembinaan serta evaluasi.

Abdul Haris juga berharap,  Kepala Desa sebagai pembina terus melakukan pembinaan BUMDesa masing-masing untuk mengejar ketertinggalan.

“ Karena masih ada ditemukan Kepala Desa yang lebih mementingkan kepentingan pribadi dan kelompok, dari pada menangani BUMDesa di desanya,” kata Abdul Haris.

Walau demikian jelas Haris, perkembangan keuangan BUMDesa di Rohul masih yang tertinggi di tanah air, dengan modal awal Rp 65 miliar sudah meningkat menjadi Rp 128 miliar. Sedangkan perputaran dana mencapai Rp 500 miliar, dan tunggakan pembayaran hanya sekitar 7 persen.

” Bisa dikatakan Bumdesa di Rohul masih tertinggi perputaran dananya se-Indonesia,” ungkap Abdul Haris.

]]>
http://rokanhulu.riauposting.com/berita/pemerintahan/13331/bupati-rohul-minta-lurah-dan-kades-serius-mengelola-keuangan/feed/ 0
Bank BRI Cabang Pasirpengaraian Luncurkan Kartu BRI Polri Promotor di Mapolres Rohul http://rokanhulu.riauposting.com/berita/headline-rohul/13324/bank-bri-cabang-pasirpengaraian-luncurkan-kartu-bri-polri-promotor-di-mapolres-rohul/ http://rokanhulu.riauposting.com/berita/headline-rohul/13324/bank-bri-cabang-pasirpengaraian-luncurkan-kartu-bri-polri-promotor-di-mapolres-rohul/#respond Mon, 17 Jul 2017 14:07:08 +0000 http://riauposting.com/berita/lainnya/18144/bank-bri-cabang-pasirpengaraian-luncurkan-kartu-bri-polri-promotor-di-mapolres-rohul/
Kabag Dana dan Jasa Kanwil BRI Pekanbaru, Parluhutan Pardosi, didampingi Pimpinan BRI Kanca Pasirpengaraian, Bhakti Agung Siswanto SE menyerahkan secara simbolis Kartu BRI Polri Promotor kepada Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH

Kabag Dana dan Jasa Kanwil BRI Pekanbaru, Parluhutan Pardosi, didampingi Pimpinan BRI Kanca Pasirpengaraian, Bhakti Agung Siswanto SE menyerahkan secara simbolis Kartu BRI Polri Promotor kepada Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH

PASIRPENGARAIAN – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Pasirpengaraian, telah melakukan Sosialisasi dan kerjasama dengan Mapolres Rokan Hulu tentang Kartu BRI Promotor Polri pada Rabu (12/7/2017) di Aula Kantor Mapolres Rohul.

Hadir pada sosialisasi Kartu BRI Promotor Polri itu, Kabag Dana dan Jasa Kanwil BRI Pekanbaru, Parluhutan Pardosi, Pimpinan BRI Kanca Pasirpengaraian, Bhakti Agung Siswanto SE beserta pegawainya, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH, Para Kabag, Kasat, Kapolsek dan Perwira serta seseluruh personil polri di lingkungan Polres Rohul.

Pimpinan BRI Kanca Pasirpengaraian, Bhakti Agung Siswanto SE kepada Riauposting.com, Senin (17/7/2017) menjelaskan, bahwa Promotor itu adalah singkatan dari Profesional, Modern dan Terpercaya. Kartu BRI Promotor Polri ini diciptakan khusus untuk melengkapi dan mendukung KTA Elektronik Polri sehingga para personil Polri memiliki produk berkartu dengan desain yang sangat menarik.

Selain itu, tambah Agung, bahwa keistimewaan Kartu BRI Polri Promotor adalah memberikan kemudahan bagi Polri dalam bertransaksi yang bisa digunakan dan kapan saja. Untuk memenuhi kebutuhan transaksi berbeda-beda maka Kartu BRI Polri Promotor memiliki tiga jenis diantaranya yaitu, Kartu BRIZZI Polri Promotor, Kartu Debit BRI Polri Promotor dan Kartu KREDIT Polri Promotor.

Kartu Dengan telah dikeluarkannya Kartu Promotor BRI Polri ini, dapat memberikan kemudahan bagi anggota Polri dalam melakukan transaksi keuangan sehari-hari dan Polri dapat memilih dari tiga jenis kartu promotor BRI yang telah diluncurkan,” tutur Agung.

Orang nomor satu di BRI Kanca Pasirpengaraian itu mengatakan bahwa perjanjian kerjasama antara PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kanca Pasirpengaraian dengan Polres Rohul tentang penerbitan dan pengelolaan Kartu Debit, Kartu Kredit dan Kartu BRIZZI Polri Promotor ini telah dilakukan dan ditandatangani pada 12 Juli 2017 di Aula Polres Rohul.

]]>
http://rokanhulu.riauposting.com/berita/headline-rohul/13324/bank-bri-cabang-pasirpengaraian-luncurkan-kartu-bri-polri-promotor-di-mapolres-rohul/feed/ 0
IDI Rohul Implementasikan Peran Dokter Sebagai Agen Perubahan http://rokanhulu.riauposting.com/berita/lainnya/13317/idi-rohul-implementasikan-peran-dokter-sebagai-agen-perubahan/ http://rokanhulu.riauposting.com/berita/lainnya/13317/idi-rohul-implementasikan-peran-dokter-sebagai-agen-perubahan/#respond Mon, 17 Jul 2017 07:29:39 +0000 http://riauposting.com/berita/lainnya/18141/idi-rohul-implementasikan-peran-dokter-sebagai-agen-perubahan/
Ketua IDI Cabang Rohul Dr Zuldi Afki menyampaikan sambutannya di acara Raker IDI Cabang Rohul

Ketua IDI Cabang Rohul Dr Zuldi Afki menyampaikan sambutannya di acara Raker IDI Cabang Rohul

PASIRPENGARAIAN –  Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Rokan Hulu menggelar Rapat Kerja tahun 2017 untuk menimplementasikan Peran Dokter Sebagai Agen Perubahan dalam Reformasi Bidang Kesehatan.

Dalam kegiatan ini IDI Cabang Rohul mengusung tema “Dengan Rapat Kerja IDI Kita Implementasikan Peran Dokter Sebagai Agen Perubahan Dalam Reformasi Bidang Kesehatan” ini dihadiri puluhan dokter se Rohul mulai dari dokter umum, kandungan, paru-paru, gigi mata dan dokter lainnya.

Kegiatan tersebut langsung dibuka secara resmi oleh  Kepala Dinas Kesehatan rohul yang  diwakili Kabid P2P Dr Bambang Trioyono di salah satu hotel dirokan hulu Kamis (13/7/2017) siang.

Kepala dinas kesehatan Rohul, Drg Grifino, Senin ( 17/7/2017) menghimbau seluruh para dokter untuk menjaga kode etik atau sumpah kedokteran dan termasuk nama baik organisasi IDI itu sendiri.

” Dengan demikian organisasi IDI tetap dipercaya oleh masyarakat Rokan Hulu, untuk saat ini kabupaten Rohul kita masih kekurangan tenaga dokter terutama dokter umum, dokter gigi, dan dokter lainnya,” paparnya.

Sementara itu, Ketua IDI Cabang Rohul Dr Zuldi Afki yang juga sebagai dokter spesialis paru-paru (SpP) (17/7/2017) mengatakan Dilakukannya rapat kerja anggota IDI untuk menampung semua aspirasi para dokter, selain itu terciptanya panduan dan pedoman para dokter untuk mengetahui arah dan tujuan sehingga tidak melenceng dari visi dan misi IDI.

Penjabaran dari visi dan misi menjadi rencana strategis organisasi termasuk implementasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan IDI Cabang Rohul.

” Dalam rapat kerja kita tahun ini ada 94 program yang sudah disusun  salah satunya perbaikan  internal organisasi IDI,” jelasnya.

]]>
http://rokanhulu.riauposting.com/berita/lainnya/13317/idi-rohul-implementasikan-peran-dokter-sebagai-agen-perubahan/feed/ 0
Bupati Rohul Buka Pelaksanaan Manasik Haji, 454 Jamaah Calon Haji Diberangkatkan http://rokanhulu.riauposting.com/berita/pemerintahan/13314/bupati-rohul-buka-pelaksanaan-manasik-haji-454-jamaah-calon-haji-diberangkatkan/ http://rokanhulu.riauposting.com/berita/pemerintahan/13314/bupati-rohul-buka-pelaksanaan-manasik-haji-454-jamaah-calon-haji-diberangkatkan/#respond Mon, 17 Jul 2017 07:03:15 +0000 http://riauposting.com/berita/lainnya/18138/bupati-rohul-buka-pelaksanaan-manasik-haji-454-jamaah-calon-haji-diberangkatkan/
Bupati Rohul H Suparman SSos MSi ketika menyampaikan sambutan di acara Manasik haji tingkat kabupaten Rohul

Bupati Rohul H Suparman SSos MSi ketika menyampaikan sambutan di acara Manasik haji tingkat kabupaten Rohul

PASIRPENGARAIAN – Sebanyak 454 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Rokan Hulu, Senin (17/7/2017) pukul 09.00 wib, mengikuti bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten tahun 1438 Hijriyah, di Masjid Agung Islamic Center Rohul.

Bimbingan Manasik haji tersebut digelar oleh Kementerian Agama Kabupaten Rohul dan dibuka secara resmi oleh Bupati Rohul, H Suparman SSos MSi.

Terlihat hadir pada acara tersebut, Bupati Rohul H Suparman SSos MSi, Kakan Kemenag Rohul H Syahruddin MSy, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH, para petinggi Kemenag Rohul, KUA se Kabupaten Rohul dan para undangan lainnya serta 454 JCH Rohul.

Bupati Rohul H Suparman SSos MSi dalam sambutannya menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan bimbingan manasik haji tingkat kabupaten Rohul, dengan Manasik ini hendaknya Jamaah calon haji dapat mengikuti dengan serius.

Orang nomor satu di Kabupaten Rokan Hulu ini berpesan, kepada 454 jamaah calon haji Kabupaten Rohul agar segala sesuatunya harus diiringi penuh dengan persiapan yang sangat matang.

“ Sebelum berangkat ke tanah suci Al-Mukarramah terlebih dahulu harus mempersiapkan diri secara matang dengan mengikuti kegiatan manasik, baik persiapan material dan pengetahuan sehingga akan menghasilkan haji yang mabrur,” tutur Suparman.

Mantan Ketua DPRD Riau ini menambahkan seluruh jemaah calon haji kabupaten Rokan Hulu agar dapat menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji supaya dapat menjalankan rukun ibadah haji.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Rohul H Syahruddin MSy mengatakan, kegiatan manasik haji sangat penting dilakukan, karena kegiatan ini bertujuan untuk membekali para jamaah calon haji tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji.

Oleh karena itu, Syahruddin mengharapkan para jamaah calon haji agar memperhatikan pelakasanaan manasik haji yang dilakukan oleh tim pembimbing manasik haji.

“ Manasik haji ini penting sebagai bekal para JCH untuk mengetahui mana yang termasuk rukun haji dan lainnya,” jelasnya.

]]>
http://rokanhulu.riauposting.com/berita/pemerintahan/13314/bupati-rohul-buka-pelaksanaan-manasik-haji-454-jamaah-calon-haji-diberangkatkan/feed/ 0
PWI Rohul Siap Sukseskan Konfrensi PWI Riau Ke XIV http://rokanhulu.riauposting.com/berita/komoditas/13311/pwi-rohul-siap-sukseskan-konfrensi-pwi-riau-ke-xiv/ http://rokanhulu.riauposting.com/berita/komoditas/13311/pwi-rohul-siap-sukseskan-konfrensi-pwi-riau-ke-xiv/#respond Sat, 15 Jul 2017 05:04:14 +0000 http://riauposting.com/berita/lainnya/18135/pwi-rohul-siap-sukseskan-konfrensi-pwi-riau-ke-xiv/
Foto bersama seluruh pengurus dan anggota PWI Rohul

Foto bersama seluruh pengurus dan anggota PWI Rohul

PELALAWAN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rokan Hulu siap mensukseskan konfrensi PWI Riau XIV yang dilaksanakan di kabupaten
Pelalawan kerinci, konfrensi PWI  ke XIV untuk pemilihan ketua periode 2017-2022 tahun 2017.

Ketua PWI Rohul, Engki Prima Putra sabtu ( 15/7/2017) didampingi wakil ketua PWI Rohul Yusrizal Yahya, seketaris pwi, maruba habeahan, bendahara, pipin sofian mengatakan dalam menghadapi konfrensi tahun 2017 ke XIV kita PWI rohul siap mensukseskannya.

Dalam konfrensi PWI riau yang dilaksanakan di kabupaten pelalawan 24 anggota pwi mulai dari pengurus dan anggota ikut berpartisipasi.

Dijelaskannya dalam konfrensi PWI riau ke XIV sedikitnya ada empat kandidat yang mencalonkan diri sebagai ketua pwi riau, dari empat calon tersebut ” PWI Rohul siap sukseskan konfrensi PWI Riau di pelalawan ” .

Siapaun yang akan terpilih kita dukung dengan harapan ketua terpilih bisa peduli dan memperhatikan PWI 12 kabupaten se – riau.” Harapnya.

Kita juga sangat berharap semoga proses pemilihan ketua PWI Riau ke XIV yang dilaksanakan dikabupaten pelalawan bisa berlangsung aman dan lancar intinya siapapun yang terpilih sudah tentu yang terbaik untuk PWI riau lebih baik kedepan.

]]>
http://rokanhulu.riauposting.com/berita/komoditas/13311/pwi-rohul-siap-sukseskan-konfrensi-pwi-riau-ke-xiv/feed/ 0
Hantam Pembatas Jembatan, Satu Unit Mobil Pick Up Hancur dan 6 Orang Luka Parah http://rokanhulu.riauposting.com/berita/headline-rohul/13308/hantam-pembatas-jembatan-satu-unit-mobil-pick-up-hancur-dan-6-orang-luka-parah/ http://rokanhulu.riauposting.com/berita/headline-rohul/13308/hantam-pembatas-jembatan-satu-unit-mobil-pick-up-hancur-dan-6-orang-luka-parah/#respond Sat, 15 Jul 2017 04:09:57 +0000 http://riauposting.com/berita/lainnya/18132/hantam-pembatas-jembatan-satu-unit-mobil-pick-up-hancur-dan-6-orang-luka-parah/
Kondisi mobil Pick Up di TKP usai menghantam pembatas jembatan di jalan lintas desa sei kumango tambusai

Kondisi mobil Pick Up di TKP usai menghantam pembatas jembatan di jalan lintas desa sei kumango tambusai

TAMBUSAI – Satu unit mobil Pick Up, Sabtu (15/7/2017) sekitar pukul 04.30 wib terjun bebas setelah menghantam pembatas jembatan di jalan lintas propinsi Riau di Dusun Mondang, Desa Sungai Kumango, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu.
Berdasarkan informasi yang dihimpun dari TKP menyebutkan,  satu unit mobil pick up mengangkut barang dan membawa enam penumpang termasuk satu orang anak-anak itu bergerak dari Sei Kumango menuju arah ke Pasirpengaraian.
Ketika melewati jembatan tersebut dan ruas jalan menikung, tiba-tiba kendaraan roda empat itu kehilangan kendali dan terjun ke bawah jembatan. Menurut keterangan warga setempat berkemungkinan sopir tak bisa mengendalikan mobil karena dalam kondisi mengantuk.
Warga sekitar TKP yang mengetahui kecelakaan itu segera mendatangi TKP dan melakukan upaya pertolongan serta menghubungi Polisi. Enam orang penumpang mengalami luka-luka, segera dilarikan ke Puskesmas Tambusai, kemudian dirujuk ke RSUD Pasirpengaraian.
Kades Sei Kumango, Ali Usin Hasibuan kepada wartawan menjelaskan, bahwa jembatan di tikungan itu memang sudah sering makan korban dan pihaknya sudah menyampaikan ke pemerintah, baik pemkab Rohul maupun Pemprov Riau untuk minta perbaikan.
“ Sudah berkali-kali jembatan ini menelan korban pengguna lalu lintas di jalan lintas propinsi ini,  sudah berulang kali pula masyarakat minta Pemkab Rohul dan Pemprov Riau untuk memperbaikinya, ” tuturnya.
]]>
http://rokanhulu.riauposting.com/berita/headline-rohul/13308/hantam-pembatas-jembatan-satu-unit-mobil-pick-up-hancur-dan-6-orang-luka-parah/feed/ 0
Empat Kecamatan di Rohul Tak Bisa Lakukan Perekaman KTP-el http://rokanhulu.riauposting.com/berita/pemerintahan/13305/empat-kecamatan-di-rohul-tak-bisa-lakukan-perekaman-ktp-el/ http://rokanhulu.riauposting.com/berita/pemerintahan/13305/empat-kecamatan-di-rohul-tak-bisa-lakukan-perekaman-ktp-el/#respond Tue, 11 Jul 2017 08:42:12 +0000 http://riauposting.com/berita/lainnya/18126/empat-kecamatan-di-rohul-tak-bisa-lakukan-perekaman-ktp-el/
Kepala Disdukcapil Rohul, Drs H Irpan Rido SSos

Kepala Disdukcapil Rohul, Drs H Irpan Rido SSos

PASIRPENGARAIAN – Empat Kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu, diantaranya Kecamatan Tandun, Rokan IV Koto, Pendalian IV Koto dan Kecamatan Bonai Darussalam tidak bisa melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rohul, Drs H Irpan Rido SSos kepada Riauposting.com, Selasa (11/7/2017) pukul 10.30 wib di ruang kerjanya.

Irpan Rido mengaku bahwa dari empat kecamatan di Kabupaten Rohul yang tidak bisa melakukan perekaman KTP-el ada tiga kecamatan yang tidak bisa melakukan perekaman diantaranya, Kecamatan Tandun, Rokan IV Koto dan Kecamatan Pendalian IV Koto disebabkan karena gangguan jaringan. Sementara itu, untuk Kecamatan Bonai Darussalam disebabkan karena hilangnya salah satu alat atau mesin yang digunakan untuk melakukan perekaman KTP-el.

“ Sekarang ini ada empat Kecamatan di Kabupaten Rohul yang tidak bisa melakukan rekaman KTP-el diantaranya Kecamatan Tandun, Rokan IV Koto dan Kecamatan Pendalian IV Koto disebabkan gangguan jaringan. Sedangkan untuk Kecamatan Bonai Darussalam karena ada satu alatnya hilang,” jelas Irpan.

Irpan menambahkan, pada hari ini Disdukcapil Rohul tidak bisa melakukan perekaman KTP-el karena ada gangguan jaringan. Meski perekaman KTP-el tidak bisa namun Disdukcapil Kabupaten Rohul teteap melayani masyarakat untuk mendaftar membuat KTP-el. Menurut Irpan gangguan jaringan pada hari ini biasanya tidak berlangsung lama.

“ Hari ini kita sedikit mengalami kendala dibagian jaringan, karena gangguan jaringan tersebut kita tidak bisa melakukan perekaman KTP-el namun kita tetap melayani masyarakat yang mendaftar untuk melakukan pembuatan KTP-el,” tuturnya.

Irpan mengaku pihaknya terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait, dengan harapan supaya kedepannya UPTD disetiap kecamatan yang mengalami gangguan jaringan dapat berjalan dengan baik. ” Untuk blanko KTP-el tidak ada masalah pasalnya stok blanko masih sekitar 2000 keping,” paparnya.

]]>
http://rokanhulu.riauposting.com/berita/pemerintahan/13305/empat-kecamatan-di-rohul-tak-bisa-lakukan-perekaman-ktp-el/feed/ 0
Civitas Akademika FKIP Universitas Riau Halal bi Halal http://pekanbaru.riauposting.com/berita/pendidikan/8005/civitas-akademika-fkip-universitas-riau-halal-bi-halal/ http://pekanbaru.riauposting.com/berita/pendidikan/8005/civitas-akademika-fkip-universitas-riau-halal-bi-halal/#respond Mon, 10 Jul 2017 10:36:45 +0000 http://riauposting.com/berita/lainnya/18129/civitas-akademika-fkip-universitas-riau-halal-bi-halal/
Civitas Akademika FKIP Universitas Riau melaksanakan halal bi halal di Kampus Bina Widya Simpangbaru Pekanbaru.

Civitas Akademika FKIP Universitas Riau melaksanakan halal bi halal di Kampus Bina Widya Simpangbaru Pekanbaru.

PEKANBARU- Civitas Akademika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau mengadakan halal bi halal sebagai wadah untuk saling bermaafan secara langsung usai sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa. Halal bi halal tersebut berlangsung Senin (10/7/2017).

Halal bi halal ini dihadiri Dekan FKIP Prof DR HM Nur Mustafa MPd, Wakil Dekan I, II dan III, Ketua Jurusan, Koordinator Prodi, Dosen, Pegawai dan staf pegawai FKIP Universitas Riau

Dalam sambutannya, Dekan mengajak seluruh civitas akademika  FKIP agar selalu bersyukur kepada Alloh SWT, selalu memelihara hati dan selalu memelihara mata dari perbuatan dosa. “Mari kita saling memaafkan. Dengan memberikan maaf kepada orang lain, berarti kita sudah menjaga hati kita. Mari kita menghilangkan sifat dendam, kebencian, kedengkian dan lainnya kepada seseorang/orang lain. Jangan ada lagi saling menyalahkan atau pun mencari kesalahan oranglain. Jangan dibiarkan, jangan dipelihara perasaan seperti itu,” ungkap M Nur Mustafa.

Pada akhir sambutannya, M Nur berpesan kepada seluruh dosen  agar yang belum menyerahkan nilainya segera dimasukkan. Yang belum menyelesaikan penelitian dan belum menyerahkan agar secepatnya diselesaikan dan diserahkan.

Kepada pegawai beserta staf, M Nur mengingatkan bahwa mereka adalah pelayan bagi mahasiswa dan dosen serta tamu undangan. Untuk itu, tingkatkan pelayanannya agar semua proses berjalan baik dan semuanya terlayani dengan baik pula.

]]>
http://pekanbaru.riauposting.com/berita/pendidikan/8005/civitas-akademika-fkip-universitas-riau-halal-bi-halal/feed/ 0
Untuk Mempertahankan Tatanan Adat dan Budaya, LKA Luhak Kepenuhan Susun Rencana Kerja http://rokanhulu.riauposting.com/berita/budaya-pariwisata/13302/untuk-mempertahankan-tatanan-adat-dan-budaya-lka-luhak-kepenuhan-susun-rencana-kerja/ http://rokanhulu.riauposting.com/berita/budaya-pariwisata/13302/untuk-mempertahankan-tatanan-adat-dan-budaya-lka-luhak-kepenuhan-susun-rencana-kerja/#respond Sun, 09 Jul 2017 11:00:39 +0000 http://riauposting.com/berita/lainnya/18123/untuk-mempertahankan-tatanan-adat-dan-budaya-lka-luhak-kepenuhan-susun-rencana-kerja/
Petinggi Adat di Luhak Kepenuhan sedang melaksanakan musyawarah

Petinggi Adat di Luhak Kepenuhan sedang melaksanakan musyawarah

KEPENUHAN – Demi mempertahankan tatanan Adat dan Budaya, Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Luhak Kepenuhan, sejumlah ninik mamak di Luhak Kepenuhan secara resmi menggelar melaksanakan pembubaran Panitia Perayaan Idul Fitri sekaligus menyusun rencana kegiatan adat di Luhak Kepenuhan untuk 6 (enam) bulan kedepan.

Pembubaran panitia perayaan hari raya Idul Fitri 1438 hijriyah itu dilaksanakan pada Jumat (7/7/2017) di Balai Adat LKA Luhak Kepenuhan, Kelurahan Kepenuhan Tengah, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu.

Suksesnya penyelenggaraan perayaan Idul Fitri 1438 H yang lalu, tidak terlepas dari peran serta panitia dan kerjasama antara datuk adat, ninik mamak dan anak kemenakan. Karena sudah terlaksananya dengan baik di Kecamatan Kepenuhan sesuai yang direncanakan.

Pada acara tersebut turut dihadiri Ketua Lembaga Kerapatan Adat Luhak Kepenuhan (LKA-LK) Bahtiar AH gelar Datuk Bondaro Sakti, Daman Huri gelar Datuk Banda, Edi Warman mamak Montao Lelo, Umar Usman Mamak Sotio Pongasuo, Syahrial Antoni Mamak Lakmano yang juga Bendahara, M Dain SSos Mamak Monao Kayo, Jasri Ujaka Mamak Ajo nan Koto, Abu Bakar Mamak Montao Kayo, Bustami Mamak Malin Sumpono, Syamsul Mamak Tan Ku Bilang, Yurnalis Mamak Ajo nan Kayo, Saparuddin Mamak Sutan Paduko dan Zulkifli SH MH Mamak Mangkuto Kayo serta datuk-datuk adat, para ninik mamak, mato-mato buah poik serta anak kemenakan Luhak Kepenuhan dari 7 (tujuh) suku dan 3 (tigo) pihak LKA LK.

Selain rapat Pembubaran Panitia Perayaan Idul Fitri 1438 H, pada kesempatan itu LKA Luhak Kepenuhan juga membahas inventarisasi permasalahan dan upaya mencari solusi yang ada serta menyusun rencana kegiatan adat LKA Luhak Kepenuhan untuk 6 (enam) bulan kedepan, yang secara resmi dibuka Ketua LKA Luhak Kepenuhan Bahtiar AH Datuk Bendahara Sakti.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Sekretariat LKA Luhak Kepenuhan Umar Usman sebagai pemimpin rapat membuka terkait persoalan inventarisasi permasalahan oleh datuk Bondaro Sakti, mengharapkan kepada datuk-datuk adat dan ninik mamak serta kepada peserta musyawarah untuk menyampaikan saran pendapat dan masukan terkait hal tersebut.

Untuk memberikan masukan terkait inventarisasi tersebut, Daman Huri Datuk Banda yang juga merupakan tempat Para datuk di balai Adat berkonsultasi tentang berbagai pemikiran ini mengusulkan agar ada langkah dan upaya perbaikan adat untuk dapat dipegang pakai oleh generasi yang akan datang, seperti acara pelaksanaan perayaan sosial budaya yang sudah ada dapat terbukukan.

Sementara itu, M Dain SSos Mamak Monao Kayo yang juga Kepala Desa Sei Rokan Jaya ini mengharapkan LKA harus mampu merangkul anak komonakan yang sudah memiliki nama besar dengan berbagai posisinya baik di instansi pemerintah maupun instansi lainnya seperti adanya yang menjabat sebagai Kepala Badan dan Dinas di pemerintahan Daerah, lembaga keagamaan dan Institusi Pendidikan yang ada, karena menurutnya persoalan yang komplek saat ini tidak bisa dikelola dengan mengalir begitu saja.

Sedangkan dari ninik mamak yang berperawakan dalam forum tersebut yakni Jasri Ujaka Mamak Ajo nan Koto mengusulkan terkait peningkatan fungsi lembaga Adat dalam menghadapi tingginya tingkat heterogenitas masyarakat saat ini hingga berkembangnya pengaruh budaya luar yang telah masuk dari berbagai aspek kehidupan anak kemenakan baik dari segi pemenuhan ekonomi maupun pergaulan sosial lainnya.

Sementara itu, Syahrial Antoni An. Mamak Lakmano dan Bustami Mamak Malin Sumpono yang disusul Saparuddin Mamak Sutan Paduko menekankan perlunya adat megambil peran nyata, dalam penanganan permasalahan anak komonakan yang saat ini tengah berhadapan langsung dengan perusahaan yang mengelola lahan di Luhak Kepenuhan.  Disamping itu persoalan kebudayaan yang menjadi tradisi adat Luhak Kepenuhan beberapa diantaranya mulai dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman.

Menanggapi berbagai usulan yang ada Sekretaris LKA Luhak Kepenuhan Umar Usman Mamak Sotio Pongasuo mengusulkan untuk membuat suatu jadwal terstruktur untuk membahas persoalaan yang ada ini. Dia mengakui usulan‐usulan dari ninik mamak ini juga pernah diperbincangkan dalam diskusi bersama Zulkifli SH MH Mamak Mangkuto Kayo dan Afrizal Mamak Uwang Kayo Bungsu yang juga Direktur Badan Usaha Ekonomi Kelurahan termasuk berbagai kegiatan rutin sepanjang tahun di Luhak Kepenuhan yang pernah disampaikan oleh Ismail Hamkaz Mamak Sutan Kayo Muah yang juga mantan Anggota DPRD Rokan Hulu dua periode tersebut.

Selain itu, Umar Usman juga meminta pidato perwakilan ninik mamak pada perayaan Idul Fitri 1438 H adat Luhak Kepenuhan oleh Zulkifli,  S.H.,M.H Mamak Mangkuto Kayo untuk mengulangi muatan pidatonya tersebut.

Menanggapi permintaan Sekretaris itu, Zulkifli SH MH Mamak Mangkuto Kayo yang juga Dekan Fakultas Hukum UPP ini menyampaikan perlu adanya penguatan di Kesekretariatan Adat Luhak Kepenuhan seperti mengangkat perwakilan anak komonakan suku‐suku untuk berkantor di balai adat, tentu diberikan gaji tetap oleh LKA sehingga dapat mengkoordinir administrasi dan dokumentasi Adat Luhak Kepenuhan.

Disamping itu, melengkapinya dengan berbagai organ seperti bidang hukum, Keuangan dan pencatatan berkelanjutan silsilah kekeluargaan anak komonakan di Luhak kepenuhan ini. Penting pula Lembaga Kerapatan untuk memikirkan kedudukan dan peran serta atribut yang diberikan kepada para mantan pemangku adat yang mengundurkan diri.

” Dengan ini kita optimis mampu mengimbangi dinamika yang ada dan mampu mempercepat kinerja adat dalam merespon serta mengambil keputusan yang tepat pada setiap persolan yang muncul,” jelas Zulkifli.

Untuk itu, Zulkifli juga menawarkan perlu dilakukan upaya kodifikasi hukum adat yang telah ada dan membuat semacam dokumentasi menyeluruh setiap kegiatan adat yang dapat diakses oleh semua sebagai contoh adanya website Luhakkepenuhan.com yang dikelola Ismail Hamkaz SAg MSi Mamak Sutan Kayo Muah yang juga penulis buku Sejarah Masyarakat adat Luhak Kepenuhan bersama khairul Fahmi MT.

” Sebagai langkah awal saya mengusulkan LKA LK Perlu mengadakan seminar adat dengan mengundang pembicara dari para mantan datuk maupun datuk dan mamak‐mamak yang aktif serta akademisi untuk memperoleh arahan melangkah ke tahapan selanjutnya sehingga kesepakatan yang kita harapkan dapat dicapai,” harap Zulkifli.

Mendengarkan masukan-masukan itu,  Ketua LKA Luhak Kepenuhan Bahtiar A.H Datuk Bendahara Sakti menyepakati usulan usulan tersebut dan selanjutnya diminta kepada Sekretariat LKA LK dalam hal ini Sekretearis Umar Usman mamak Sotio Pongasuo agar mempersiapkan undangan musyawarah adat untuk menetapkan agenda yang diharapkan tuntas ditahun 2017 ini.

]]>
http://rokanhulu.riauposting.com/berita/budaya-pariwisata/13302/untuk-mempertahankan-tatanan-adat-dan-budaya-lka-luhak-kepenuhan-susun-rencana-kerja/feed/ 0