Riauposting http://riauposting.com Jelas Beda Sat, 02 Jun 2018 12:35:42 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.8.2 Ka Prodi Bahasa Arab FTK UIN Suska Diundang ke Arab Saudi http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18601/ka-prodi-bahasa-arab-ftk-uin-suska-diundang-ke-arab-saudi/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18601/ka-prodi-bahasa-arab-ftk-uin-suska-diundang-ke-arab-saudi/#respond Wed, 30 May 2018 12:18:27 +0000 http://riauposting.com/?p=18601

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau Dr Afrijon Efendi Lc MA diundang pada pertemuan Ilmiah Bahasa Arab Internasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 – 31 Juli 2018 di Riyadh Arab Saudi.

Pernyataan tersebut disampaikan Afrijon kepada Riauposting.com, Rabu (30/5/2018). Menurut Afrijon, undangan untuk mengikuti pertemuan tersebut disampaikan secara resmi oleh Dewan Pakar Markaz Al-Malik Abdullah bin Abdul Aziz II Khidmah Al-Lughah al-Arabiyyah. Menurutnya, pemilihan itu berdasarkan keaktifan dalam menggerakkan dan mengembangkan Bahasa Arab dan sukses melaksanakan daurah pengajaran Bahasa Arab pada Tahun 2017.

 “Tidak semua lembaga pendidikan tinggi di Indonesia mendapatkan undangan dari markaz Al-Malik Abdullah bin Abdul Aziz, hanya 15  yang terpilih di Indonesia, masing-masing Dekan Fakultas dua orang, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab tujuh orang, Sekretaris Prodi S2 Pendidikan Bahasa Arab satu orang, Kepala Pusat Pengembangan Bahasa Arab satu orang, dosen Pendidikan Bahasa Arab satu orang dan aktivis IMLA tiga orang.“ jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan I Dr Kusnadi MPd mengungkapkan dengan terpilihnya program studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska untuk menerima penghargaan dari markas besar Malik Abdullah bin Abdul Aziz Internasional, merupakan suatu torehan prestasi yang membanggakan dan menggembirakan. “Kita saling terkait, kehebatan ketua prodi juga mesti didukung oleh pimpinan dan begitu juga sebaliknya,“ terangnya.

Lebih lanjut Kusnadi menegaskan kondisi ini perlu diteruskan dan menjadi pemicu dan semangat baru bagi prodi lainnya di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska.  “Prodi lain juga sudah ada yang berprestasi berskala internasional sebelumnya seperti Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Suska, namun hari ini prestasi diraih dan ditorehkan oleh program studi Pendidikan Bahasa Arab,“ tegasnya.

Di akhir pemaparannya, selaku pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas torehan prestasi yang di raih Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. “Kami mengharapkan seluruh prodi di lingkungan FTK UIN Suska untuk terus berkarya hingga skala internasional. Mari kita menyatukan pemikiran,” ajakanya.

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18601/ka-prodi-bahasa-arab-ftk-uin-suska-diundang-ke-arab-saudi/feed/ 0
Teken MoU, Kasda Rohul Kembali Ke Bank Riau Kepri  http://riauposting.com/berita/pemerintahan/18598/teken-mou-kasda-rohul-kembali-ke-bank-riau-kepri/ http://riauposting.com/berita/pemerintahan/18598/teken-mou-kasda-rohul-kembali-ke-bank-riau-kepri/#respond Tue, 15 May 2018 10:38:59 +0000 http://riauposting.com/?p=18598
Bupati Rohul, H Sukiman dan Direktur Bank Riau Kepri DR Irvandi Gustari menandatangani MoU tentang pengelolaan kasda Rohul

Bupati Rohul, H Sukiman dan Direktur Bank Riau Kepri DR Irvandi Gustari menandatangani MoU tentang pengelolaan kasda Rohul

PASIRPENGARAIAN – Telah sekian lama berpisah, kini kas daerah Kabupaten Rokan Hulu kembali di serahkan ke Bank Riau Kepri Kantor Cabang Pasirpengaraian. Hal ini dibuktikan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dengan Managemen PT Bank Riau Kepri di halaman Kantor Bupati Rokan Hulu, Selasa (15/5/2018) siang.

Penandatanganan MoU ini di lakukan Bupati Rohul, H Sukiman dan Direktur Bank Riau Kepri, DR Irvandi Gustari yang Disaksikan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri)‎ H Wan Thamrin Hasyim, Ketua LAMR dan Forkompinda Rohul serta perangkat daerah pemkab Rohul. Dimana, Bank Riau Kepri cabang Pasirpengaraian dipercaya mengelola kas daerah (Kasda) Pemkab Rohul.

Dimana, acara tersebut turut dihadiri Bupati Rohul Sukiman,‎ Dandim 0313/ KPR Letkol Inf Beny Setiyanto‎, Kapolres Rohul AKBP M Hasyim Risahondua, Kepala Kejari Rohul Freddy Daniel Simanjuntak, Pj Sekda Rohul H Abdul Haris Lubis SSos MSi, Ketua MKA LAM Riau Al Azhar, Komisaris Bank Riau Kepri H Mambang Mit, Kepala Kanca Bank Riau Kepri Pasirpengaraian Yudi Asdam, dan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Plt Gubri H Wan Thamrin Hasyim‎ mengatakan Bank Riau Kepri dipercaya mengelola Kasda Rohul telah melalui rapat seluruh pemegang saham.

Diakuinya, memang sudah sepantasnya Kasda dikelola oleh Bank Riau Kepri yang merupakan bank daerah, sebab Kabupaten Rohul merupakan bagian dari Provinsi Riau.

” Kita cuma punya satu bank daerah namanya Bank Riau Kepri, jadi kita harus kembangkan apa yang menjadi milik kita,” tuturnya.

Wan Thamrin mengimbau kepada seluruh kepala daerah di Provinsi Riau ikut membesarkan Bank Riau Kepri sebagai bank daerah kebanggaan masyarakat di Bumi Lancang Kuning.

” Saya sebenarnya miris, tak tau siapa yang salah dan benar. Pak Bupati Sukiman sudah berniat untuk memindahkan kembali Kas Daerah ke PT Bank Riau Kepri cabang Pasirpengaraian. Jadi pindahnya Kasda Rohul ini bukan karena saya. Saya hanya memantik api saja, pada hari ini dilakukan MoU antara Pemkab dengan PT Bank Riau Kepri tentang pemindahan Kasda,’’ jelasnya.

Dalam sambutannya, Wagubri menegaskan, dalam pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham yang dihadiri  Bupati dan Walikota se Riau dan dihadapan Dirut dan Komisaris PT BRK.  ‘’ Saya tak peduli siapa yang salah dan siapa yang benar. Kembalikan uang itu (Kasda) itu ke PT Bank Riau Kepribrk. Saya tak peduli siapapun, bukan saya menyalahkan H Suparman (Mantan Bupati Rohul, red) dan membela H Sukiman sebagai Bupati Rohul tapi ini semua demi masyarakat Rohul,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan‎ Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Rohul Jaharuddin SP MM kepada wartawan, Selasa (15/5/2018) menjelaskan, tindaklanjut dari penadatanganan MoU antara Bupati Rohul H Sukiman dengan Dirut PT Bank Riau Kepri Irvan Gustari, maka dengan telah disiapaknnya administrasi secara teknis, seperti SK Penunjukan, sistem secara teknis, serta pembukaan rekening bila dibutuhkan bank oleh pemerintah.‎

Maka Kasda Rohul secara otomatis akan dipindahkan kembali ke Bank Riau Kepri. ‘’Secepatnya Kasda Rohul itu dikembalikan ke ke PT Bank Riau Kepri Cabang Pasirpengaraian. Karena dengan dilaksanannya MoU, kita sudah mulai berproses. Namun administrasi‎ yang harus dikerjakan banyak, setelah semua administrasi selesai maka kita langsung pindahkan,’’ tuturnya.

Dalam pada itu, Dirut PT BRK DR Irvan Gustari kepada wartawan, Selasa (15/5/2018) menyatakan, secara resmi Kasda Rohul dikelola oleh PT Bank Riau Kepri Cabang Pasirpengaraian. Sebelum penandatangan MoU, lanjutnya, antara Pemkab dan PT Bank Riau Kepri telah lakukan koordinasi dengan pihak terkait. Artinya penandatangan MoU ini hanya seremonial saha, jauh hari telah dilakukan rapat-rapat dengan Pemkab Rohul.

‘’Saham Pemkab Rohul di PT Bank Riau Kepri sebesar 0,75 persen atau sekitar Rp9 miliar. Dengan dikembalikannya pengelolaan Kasda Rohul ke Bank Riau Kepri, tentunya masing masing pihak melakukan pembenahan. Jadi segala pembayaran melalui APBD balik ke BRK, uang gaji, pinjaman pegawai dan lainnya balik kembali,’’ tuturnya.

Irvandi menyatakan, pihaknya siap mengelola Kasda Rohul yang sudah menerapkan sistem non tunai sejak Januari 2018. Karena Bank Riau Kepri sudah diakui, dan merupakan bank daerah terbaik di Indonesia di bidang service pelayanan kepada para nasabah belum lama ini, dan itu mengungguli Bank DKI dan BJB serta bank daerah lainnya di Indonesia.

‘’Standar bank sebenarnya sama. Cuma satu yang perlu dilakukan, yakni komunikasi dan koordinasi sebenarnya yang perlu dilakukan. Selama ini sudah dilakukan, jangan mencari kesasalahan, kedepannya bagaimana solusinya,’’jelasnya.

]]>
http://riauposting.com/berita/pemerintahan/18598/teken-mou-kasda-rohul-kembali-ke-bank-riau-kepri/feed/ 0
Sebanyak 21 Judul Buku Karya Mahasiswa Diluncurkan, Lanjutkan Pinta Dekan http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18590/sebanyak-21-judul-buku-karya-mahasiswa-diluncurkan-lanjutkan-pinta-dekan/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18590/sebanyak-21-judul-buku-karya-mahasiswa-diluncurkan-lanjutkan-pinta-dekan/#respond Mon, 14 May 2018 09:16:59 +0000 http://riauposting.com/?p=18590

PEKANBARU– Peluncuran 21 buku karya mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Riau secara resmi di buka Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau Prof Dr HM Nur Mustafa MPd, Senin (14/5/2018) di panggung utama PBSI.

Sebanyak 21 judul buku karya mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Riau yang diluncurkan masing-masing: Tanda-tanda, Surga Tak Berpintu, Anak Tangga, Havana (Hakikat Variasi Makna),

Koordinator Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Dr Mangatur Sinaga MHum dan Dr Syafrial MPd duduk bersama membicarakan peluncuran 16 judul buku berikutnya

Hiperbola (Ledakan Minda), Mantra (Sejarah, Telaah dan Teks), Purnama Dua Belas, Mutiara Biru, Tandan Hijau, Balada Rakyat, Apresiasi Prosa Fiksi, Antilogi Puisi Secangkir Kopi Dalam Alunan Sajak Cinta, Antologi Puisi Matahari Tanpa Kaki, Antologi Puisi Bingkai Sajak Dalam Cinta, Orang Ketiga, Metamorfosa, Antologi Cerpen Mejikuhibuniu, Kuntum Semusim, Talibun, 101 Pantun Untuk Anak dan Bait-bait Jejak Rasa.

Koordinator Prodi Bahasa Indonesia Dr Mangatur Sinaga MHum dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan rasa hormat kepada Dr Syafrial MPd dan Hadi Rumadi MPd, kedua dosen ini telah menemani dan mendampingi mahasiswa dalam menuliskan imajinasi, kreasi dan inovasinya. “siang dan malam dua dosen ini mendampingi mahasiswa dan menjadi motorisasi kreasi mahasiswa untuk berinovasi di masa yang akan datang. “Saya Salute Pak, ungkapnya.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau Prof Dr HM Nur Mustafa MPd dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur di hari ini sebuah sejarah yang luar biasa dari mahasiswa Prodi Bahasa Indonesia FKIP Universitas Riau meluncurkan buku, “sekali peluncuran tidak tanggung-tanggung 21 judul buku hasil kreasi mahasiswa diluncurkan, kalau prodi lain belum ada, hal seperti ini perlu kita support “tegasnya.

Lebih lanjut Dekan mengajak kepada seluruh mahasiswa untuk terus tingkatkan kreasi dan karya yang tertuang dalam sebuah tulisan (buku). “hasil karya seperti ini jadi kenangan dan akan sampai ke anak-cucu, “tambahnya.

Diakhir sambutannya Dekan memberikan apresiasi yang tinggi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen dan mahasiswa atas terselenggaranya kegiatan ini. “terkhusus mahasiswa yang sudah menghasilkan tulisan ini, jangan sampai berhenti disini lanjutkan dan tingkatkan kreasi yang lainnya, “harapannya.

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18590/sebanyak-21-judul-buku-karya-mahasiswa-diluncurkan-lanjutkan-pinta-dekan/feed/ 0
Menteri Agama Buka Secara Resmi PW-PTK XIV di Bumi Perkemahan Sultan Syarif Kasim http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18581/menteri-agama-buka-secara-resmi-pw-ptk-xiv-di-bumi-perkemahan-sultan-syarif-kasim/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18581/menteri-agama-buka-secara-resmi-pw-ptk-xiv-di-bumi-perkemahan-sultan-syarif-kasim/#respond Thu, 03 May 2018 13:08:28 +0000 http://riauposting.com/?p=18581

PEKANBARU– Menteri Agama Republik Indonesia Drs H Lukman Hakim Saifuddin membuka secara resmi Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW-PTK) Se-Indonesia XIV di Bumi Perkemahan Sultan Syarif Kasim UIN Suska Riau, Kamis (3/5/2018).

Turut hadir pada pembukaan tersebut Dirjen Perguruan Tinggi Islam Prof Dr Phil Kamarudin Amin MA, Plt Gubernur Riau Drs Wan Thamrin Hasyim, Ketua DPRD Provinsi Riau Dr Hj Septina Primawati MM, Rektor UIN Suska Prof Dr H Munzir Hitami MA, sejumlah rektor Perguruan Tinggi Keagamaan, para dekan di lingkungan UIN Suska Riau, Bupati Kampar H Aziz Zaenal SH MM, pembina pramuka serta mahasiswa Pramuka Se-Indonesia.

Menteri Agama Lukman Hakim Syaefuddin menyatakan, sebuah kehormatan dan kebahagiaan baginya bisa hadir dan berada di tengah-tengah ribuan mahasiswa pramuka penegak pandega  dari Perguruan Tinggi Keagamaan se-Indonesia. “Bahagia karena saya berhadapan dengan calon-calon pemimpin bangsa yang kini sedang berproses secara dinamis di perguruan tinggi dalam sebuah persemaian intelektual, kematangan mental, sosial dan spiritual,“ ungkapnya.

Lebih lanjut Lukman mengatakan gerakan pramuka telah mengangkat secara historis di nusantara sebagai wadah pembinaan generasi muda, reproduksi kepemimpinan dan menciptakan kader perubahan. “Sejarah gerakan pramuka adalah sejarah Indonesia, perubahan gerakan pramuka adalah perubahan Indonesia. “Melalui gerakan pramuka kita ingin menunjukkan kepada dunia bahwa negeri tercinta Indonesia adalah negeri yang aman dan damai, tempat dari berbagai agama, suku, ras dan golongan. Kain nusantara yang diikat dengan tali Bhineka Tunggal Ika harus tetap terjaga, kokoh menjadi komitmen bersama,“ tegasnya.

Lukman menambahkan, perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW-PTK) Se-Indonesia XIV digelar dan dilaksanakan berorientasi pada ikhtiar menyiapkan anak bangsa untuk hidup bermartabat penuh kebahagian dan kesejahteraan karena kita menyadari masa depan Indonesia  akan ditentukan oleh kualitas generasi muda saat ini, kemampuan beradaptasi daya juang dan kapasitas sumber daya manusia menjadi taruhan maka pendidikan menjadi kata kunci untuk menjawab tantangan yang komplek ditengah persaingan global. “terangnya.

Menteri Agama RI mengajak seluruh pramuka untuk menjadi aktor penting pengharum pengutamaan moderasi keagamaan. “Mari tebarkan budaya damai, sikap saling asah dalam memahami agama dan saling asuh dalam memahami kehidupan untuk Indonesia yang lebih baik. “Gunakan kesempatan perkemahan ini untuk saling berbagi, membangun kesepahaman, mengaji dan mengkaji ilmu pengetahuan, melakukan riset serta meneguhkan komitmen pengabdian kepada masyarakat. “ajaknya.

Di akhir pernyataannya Menteri Agama RI memberikan apresiasi atas terselenggaranya perkemahan wirakarya PTK XIV se-Indonesia ini yang digelar setiap 2 tahun sekali, melalui event ini Saya berharap dapat menjadi wasilah untuk memperteguh semangat persatuan dan kesatuan memupuk nasionalisme dan patriotisme serta menebarkan paham dan ajaran agama yang moderat.

Padat Kegiatan

Kegiatan PW PTK XIV yang diselenggarakan 3-10 Mei 2018, diikuti 1.500 pramuka pandega dari 56 PTKI se Indonesia, 12 Perguruan Tinggi Keagamaan Swasta dan Perguruan Tinggi Keagamaan Non-Islam serta 1 kontingen pramuka dari Malaysia, 122 pendamping, serta 112 kontingen penyemarak perkemahan

Perkemahan ini diisi dengan berbagai kegiatan positif untuk pengembangan pengetahuan dan pengalaman para peserta. Informasi yang diperoleh, akan ada  kegiatan bakti sosial di empat lokasi masing-masing di Desa Alam Banjar Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, Desa Aursati Kabupaten Kampar, Desa Limau Manis Kabupaten Kampar dan Desa Okura Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru.

Selain itu,  di Stand Bumi Perkemahan UIN Suska Riau para peserta akan melakukan berbagai kegiatan seperti apel, ibadah, olahraga dan pembinaan kebersihan, pengembangan wawasan, pengenalan media sosial, workshop tehnik fotografi, workshop pembuatan blog dan vlog, pelatihan pembuatan makanan khas daerah Riau

Kegiatan bakti karya di kampung induk (Homestay) meliputi pembuatan wahana lokal wisata desa, pembuatan taman wisata, pembuatan taman arena outbound anak, pembuatan taman edukasi anak, pembuatan taman corat-coret anak, penulisan kaligrafi masjid dan pembersihan lingkungan masjid.

Bakti non-fisik meliputi pembinaan taman pendidikan Al-quran, pembinaan kelompok sadar wisata, pembinaan perekonomian desa, wisata religi, edukasi, wisata sejarah, festival kebudayaan nusantara, pentas seni budaya nusantara.

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18581/menteri-agama-buka-secara-resmi-pw-ptk-xiv-di-bumi-perkemahan-sultan-syarif-kasim/feed/ 0
FTK UIN Suska Turut Meriahkan Pembukaan PW PTK se-Indonesia http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18576/ftk-uin-suska-turut-meriahkan-pembukaan-pw-ptk-se-indonesia/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18576/ftk-uin-suska-turut-meriahkan-pembukaan-pw-ptk-se-indonesia/#respond Thu, 03 May 2018 12:48:59 +0000 http://riauposting.com/?p=18576

Dekan FTK UIN Suska Dr H Mas’ud Zein bersama rombongan menikmati rangkaian kegiatan PW-PTK se-Indonesia

PEKANBARU – Sivitas Akademika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau yang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan, Kabag TU, Kasubag, Ketua Prodi, para dosen serta pegawai hadir bersama  memeriahkan pembukaan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW-PTK) se-Indonesia XIV di Bumi Perkemahan Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Kamis (3/5/2018) UIN Suska Riau.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Dr H Mas’ud Zein MPd terlihat antusias menyaksikan perhelatan akbar dan menjadi bagian sejarah menyaksikan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) dari Sabang sampai Meraoke bertemu. Para peserta berdialog dan bersinergi menebarkan ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman melalui sebuah proses pendidikan kepramukaan yaitu Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW-PTK) XIV di bumi perkemahan Sultan Syarif Kasim.

Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan tingkat Nasional tersebut merupakan kegiatan rutinitas yang dilaksanakan Kementerian Agama RI dalam upaya meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan para peserta perkemahan untuk saling menghargai perbedaan dan keragaman pemahaman keagamaan secara terbuka, demokrasi dan damai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain Dekan, Kabag TU FTK UIN Suska Dra Hj Syarifah MM bersemangat mengerahkan tenaga, pikiran serta

Kabag TU Dra Hj Syarifah MM bersama WR I UIN Suska Riau Dr Helmiati MAg meyaksikan spektakuler PW-PTK se-Indonesia

seluruh pasukan untuk hadir menyaksikan Menteri Agama Republik Indonesia Drs H Lukman Hakim Saifuddin membuka secara resmi Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW-PTK) Tingkat Nasional XIV di bumi perkemahan Sultan Syarif Kasim UIN Suska Riau.

Kegiatan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) tingkat Nasional XIV tersebut diselenggarakan selama 7 hari mulai Tanggal 3 sampai 10 Mei 2018, diikuti 1500 pramuka pandega berasal dari 56 PTKI se Indonesia, 12 Perguruan Tinggi Keagamaan Swasta dan Perguruan Tinggi Keagamaan Non Islam serta 1 kontingen pramuka dari negara Malaysia.

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18576/ftk-uin-suska-turut-meriahkan-pembukaan-pw-ptk-se-indonesia/feed/ 0
Plt Gubri Minta Dispensasi Kemenag soal Embarkasi Antara Haji Riau Mulai 2018 http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18586/plt-gubri-minta-dispensasi-kemenag-soal-embarkasi-antara-haji-riau-mulai-2018/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18586/plt-gubri-minta-dispensasi-kemenag-soal-embarkasi-antara-haji-riau-mulai-2018/#respond Thu, 03 May 2018 11:58:58 +0000 http://riauposting.com/?p=18586

PEKANBARU– Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim menyatakan permohonan secara langsung kepada Kementerian Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Syaefuddin agar diberikan dispensasi untuk Riau jadi Embarkasi Antara Haji mulai Tahun 2018.

Pernyataan tersebut disampaikan Plt Gubernur Riau saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan se-Indonesia XIV di Bumi Perkemahan Sultan Syarif Kasim UIN Suska Riau, Kamis (3/5/2018).

Menurutnya,  hasrat dari masyarakat Riau terutama  yang akan menunaikan ibadah haji, Riau memiliki embarkasi haji sendiri, sehingga memudahkan jamaah yang akan berangkat ke tanah suci. Oleh sebab itu, atas nama pemerintah Provinsi Riau, Gubri menyampaikan harapan agar Menteri Agama memberikan dispensasi Riau menjadi Embarkasi Haji Antara mulai musim haji 2018 ini. “Mohon kami untuk diberikan dispensasi jadi Embarkasi Antara mulai tahun ini,“ ujarnya.

Untuk upaya ini, tambahnya lagi, Pemprov Riau  sudah membawa seluruh pejabat terkait, termasuk KaKanwil Kementerian Agama Provinsi Riau untuk melihat kondisi Emberkasi Haji Antara yang posisinya sangat strategis, dekat dari bandara dan bersebelahan dengan  Rumah Sakit  Awal Bros.

Rombongan haji dari Riau berkisar 5.300 orang setiap tahunnya melalui Emberkasi Batam. “Di Batam kita menunggu 2 sampai 3 hari, biaya lokal yang ditanggung masing-masing oleh jamaah haji kita berkisar Rp6.000.000. Niat Pemerintah Daerah bersama DPRD membuat APBD kita menampung seluruh biaya lokal tersebut berkisar Rp30 miliar setiap tahunnya,“ jelasnya

Selain soal Embarkasi, Wan Thamrin Hasyim dalam sambutannya juga menegaskan,  Riau ini adalah sebuah provinsi yang dulu terkenal sangat kaya, di atas minyak di bawah juga minyak. “Di atas minyak sawit, di bawah minyak bumi,“ ungkapnya.

Hanya saja, tambah Wan, hari demi hari, tahun demi tahun, minyak bumi Riau semakin menipis dan APBD Riau tahun demi tahun semakin menurun

Lebih lanjut Wan Thamrin mengatakan, tahun-tahun sebelumnya di kala APBD Riau tinggi, Pemerintah Daerah Provinsi Riau bersama DPRD IV, setiap tahun memberikan sumbang pembangunan terhadap UIN Suska Riau. “Berdirinya beberapa bangunan di UIN Suska Riau ini, juga ada campur tangan dari Pemerintah Daerah dan DPRD Provinsi Riau,“ terangnya kepada Kemenag RI.

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18586/plt-gubri-minta-dispensasi-kemenag-soal-embarkasi-antara-haji-riau-mulai-2018/feed/ 0
Mahasiswa S2 PGMI FTK UIN Suska Ciptakan Sejuta Mamfaat Untuk Masyarakat http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18569/mahasiswa-s2-pgmi-ftk-uin-suska-ciptakan-sejuta-mamfaat-untuk-masyarakat/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18569/mahasiswa-s2-pgmi-ftk-uin-suska-ciptakan-sejuta-mamfaat-untuk-masyarakat/#respond Thu, 26 Apr 2018 10:26:56 +0000 http://riauposting.com/?p=18569

KAMPA – Sebanyak 31 orang Mahasiswa S2 PGMI FTK UIN Suska Riau akan menciptakan sejuta mamfaat untuk masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat di Desa pulau Rambai, Kecamatan Kampa, Jum’at (20/4/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska yang diwakili WD I Dr H Kusnadi MPd, Ketua Jurusan S2 PGMI Dr Zubaidah MPd, Sekretaris Jurusan S2 PGMI Dr Nursalim MPd, Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Mahasiswa S2 PGMI dan Masyarakat Pulau Rambai.

Pengabdian masyarakat merupakan suatu gerakan proses pemberdayaan diri untuk kepentingan masyarakat. Dengan membentuk masyarakat yang maju maka secara tak langsung akan terbentuk pula sebuah peradaban yang maju.

Dengan segala potensi dan fasilitas yang ada pada mahasiswa S2 PGMI FTK UIN Suska Riau harus menjadi tonggak pengabdian masyarakat. Dengan intelegensia, kreatifitas dan kepemimpinan yang tinggi apalagi dengan didukung fasilitas dan wadah yang memumpuni dari kampus FTK UIN Suska, mahasiswa memiliki peran penting dalam pengabdian masyarakat.

Untuk itulah mahasiswa S2 PGMI FTK UIN Suska akan menjadi pemicu terbentuknya peradaban yang maju dengan pengabdian melalui pemberdayaan masyarakat sebagai awalannya karena pengabdian merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi dan sudah merupakan kewajiban bagi kaum akademik untuk memenuhinya, tuntutan akal dan etika juga akan membuat mahasiswa sadar akan kewajibannya sebagai seorang intelek.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska yang diwakili WD I Dr H Kusnadi MPd mengucapkan

WD I FTK UIN Suska Dr Kusnadi MPd saat membuka Program Pengabdian Masyarakat S2 PGMI

ribuan terima kasih kepada seluruh masyarakat pulau Rambai yang telah menerima kedatangan rombongan mahasiswa S2 PGMI, “ucapnya.

Lebih lanjut Kusnadi mengatakan “Program Studi Magister PGMI satu-satunya di Sumatera. Dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa S2 PGMI FTK UIN Suska ini, semoga dapat memberikan kontribusi yang besar untuk kepentingan masyarakat dan mampu mempererat hubungan silaturrahim antar masyarakat, “terangnya

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18569/mahasiswa-s2-pgmi-ftk-uin-suska-ciptakan-sejuta-mamfaat-untuk-masyarakat/feed/ 0
Warna Bendera FKIP Unri Berubah Hijau Tosca http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18559/warna-bendera-fkip-unri-berubah-hijau-tosca/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18559/warna-bendera-fkip-unri-berubah-hijau-tosca/#respond Tue, 24 Apr 2018 14:00:56 +0000 http://riauposting.com/?p=18559

PEKANBARU– Yudisium kali ini ada yang baru “berdasarkan Statuta Universitas Riau yang baru, warna bendera FKIP Unri berubah menjadi hijau tosca, dulu warna ungu/violet, sekarang hijau tosca menjadi warna ciri khas FKIP Universitas Riau.

Pernyataan tersebut disampaikan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (Unri) Prof Dr HM Nur Mustafa MPd pada acara pengukuhan yudisium sarjana pendidikan FKIP Universitas Riau, Senin (24/4/2018) di Ruang Senat FKIP Unri.

Turut hadir Wakil Dekan II Drs Jasfar Jas MPd, Wakil Dekan I Dr Zul Irfan MSi, Ketua Jurusan PIPS Drs Kamaruddin MSi, Ketua Jurusan Bahasa dan Seni Dr Hermandra, Ketua Jurusan PMIPA Drs Zuhri MPd, Sekretaris Jurusan PIPS Drs Zariul Antosa MSn, Koordinator Prodi Bahasa Indonesia Dr Mangatur Sinaga MHum, Koordinator Prodi Ekonomi RM Riadi MSi, Koordinator Prodi Bahasa Jepang Nana Rahayu MSi, Koordinator Prodi Fisika Dr Fakhruddin, Koordinator Prodi Bahasa Inggris Masyhur MEd, Kabag TU Asmialis, SPd, Kasubag Umum dan Perlengkapan Akademis Margaus SPd, Kasubag Kemahasiswaan Ike Shinta SE, Kasubag Akademis Ahmad Faisal SKom, Pegawai dan Staf serta para alumni peserta yudisium FKIP Universitas Riau.

Yudisium periode Februari-Maret 2018 FKIP Unri terdapat 32 lulusan, masing-masing: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2 lulusan, Pendidikan Bahasa Inggris 9 lulusan, Pendidikan Bahasa Jepang 7 lulusan, Pendidikan Ekonomi 2 lulusan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 lulusan, Pendidikan Fisika 2 lulusan serta Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 lulusan.

Pemuncak program studi di lingkungan FKIP Universitas Riau periode tersebut, masing-masing: Eka Desti Kusumawati (Fisika), Indah Wulan Sari (PPKn), Nurleli (Ekonomi), Raja Shabrina N (Bahasa Inggris), David Samosir (Bahasa Indonesia), Umi Fithri Rahayu (Bahasa Jepang) dan Fitri Islami (PGSD).

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (Unri) Prof Dr HM Nur Mustafa MPd dalam sambutannya menyampaikan “setiap saat pendidikan akan mengalami perubahan sesuai dengan tuntutan perkembangan dan perubahan zaman bahkan lapangan pekerjaan yang semakin bersaing. Untuk itu, “jangan sampai disini, ini baru perjuangan awal, selesai S1 lanjutkan pendidikan ke jenjang S2, “terangnya.

Lebih lanjut Dekan menyampaikan “FKIP Unri sudah mempunyai program studi Magister, masing-masing: Prodi S2 pendidikan Ekonomi,  Prodi S2 pendidikan Matematika, Prodi S2 pendidikan Fisika, Prodi S2 pendidikan Biologi dan Prodi S2 pendidikan Kimia. “ungkapnya.

Sementara program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia dan S2 pendidikan Bahasa Inggris serta S3 Ilmu Pendidikan dalam perjuangan, “tambahnya.

Di akhir pemaparannya Dekan mengajak kepada para alumni untuk dapat melaksanakan tugas sebagai calon guru dan tolong dijaga nama baik almamater “nampakkan kepada masyarakat, kita calon guru yang berprilaku baik dan mulia. “pintanya.

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18559/warna-bendera-fkip-unri-berubah-hijau-tosca/feed/ 0
Pendidikan Expo 2018 Dibuka Dekan http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18553/pendidikan-expo-2018-dibuka-dekan/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18553/pendidikan-expo-2018-dibuka-dekan/#respond Tue, 24 Apr 2018 13:52:15 +0000 http://riauposting.com/?p=18553

PEKANBARU- Pendidikan Expo 2018 yang ditaja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (Unri) dengan tema “Melalui Cakrawala Dunia Ciptakan 1001 Harmoni Pendidikan Untuk Peradaban Bangsa” dibuka Dekan FKIP Unri Prof Dr HM Nur Mustafa MPd, Senin (24/4/2018) di Panggung Utama FKIP Universitas Riau.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Dekan III Dr Mahdum Adnan MPd, Wakil Dekan II Drs Jasfar Jas MPd, Ketua Umum DPM Unri, Bupati Mahasiswa se-lingkungan FKIP Unri serta para peserta pendidikan Expo 2018.

Dekan FKIP Unri Prof Dr HM Nur Mustafa MPd dalam sambutannya mengatakan “kegiatan ini merupakan satu ajang perlombaan sekaligus ajang melatih diri menciptakan suasana yang kondusif dan suasana pendidikan yang harmoni untuk peradaban bangsa. “terangnya.

Lebih lanjut M Nur mengatakan “FKIP Unri mempunyai kader-kader yang terbaik, mempunyai mahasiswa-mahasiswa yang terbaik dan mempunyai calon pendidik yang terbaik. Nampakkan bahwa kita ini calon-calon intelektual dan calon-calon pendidik yang terbaik. “tegasnya.

Di akhir sambutannya M Nur mengucapkan terima kasih kepada panitia atas terlaksananya pendidikan expo 2018 ini, sama-sama kita menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan dan terima kasih kepada seluruh sponsor yang telah ikut serta membantu menyukseskan pendidikan expo 2018, semoga kerja sama ini tetap terjalin dengan baik dan semoga kegiatan ini berjalan sukses, lancar dan menemukan titik terang bagaimana pendidikan dan FKIP ini menjadi lebih baik, “harapan Dekan dua periode ini.

Diperoleh informasi dari panitia terdapat 10 jenis perlombaan yang diadakan. Masing-masing: debat bahasa Indonesia, orasi, woman speak competition, esai Nasional, karikatur, photo moment, solo pop, Mars Hima, stand Hima dan pemilihan duta pendidikan.

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18553/pendidikan-expo-2018-dibuka-dekan/feed/ 0
FTK UIN Suska Buka Dua Program Studi Baru http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18548/ftk-uin-suska-buka-dua-program-studi-baru/ http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18548/ftk-uin-suska-buka-dua-program-studi-baru/#respond Mon, 23 Apr 2018 09:05:37 +0000 http://riauposting.com/?p=18548

PEKANBARU– Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska diberikan kepercayaan dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi untuk membuka serta melaksanakan dua program studi yakni pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Geografi.

Pernyataan tersebut disampaikan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau Dr Mas’ud Zein MPd pada acara pelepasan alumni ke-66 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau, Senin (23/4/2018) di Gedung Islamic Centre UIN Suska Riau.

“Alhamdulillah kita diberikan kepercayaan untuk membuka dan melaksanakannya, Insya Allah, bulan September ini kita akan menerima mahasiswa baru pendidikan Bahasa Indonesia dan pendidikan Geografi, “terangnya.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor UIN Suska Riau Prof Dr H Munzir Hitami Ma, mantan Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN SUSKA Drs Ali Munir Hasani MM, Wakil Dekan III Prof Dr Hairunas MAg, Wakil Dekan II Dr Zaitun MAg, Wakil Dekan I Dr H Kusnadi MPd, Kabag TU Dra Syarifah MM, Seluruh Kasubag di lingkungan FTK UIN Suska, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab Dr H Afrijon Efendi Lc MA, Ketua Prodi Pendidikan Kimia Pangoloan Soleman MSi, Ketua Prodi Pendidikan Matematika Dr Hj Risnawati MPd, Ketua Prodi PGMI Dr Hj Nurhasnawati MPd, Ketua Prodi PIAUD Drs Zulkifli MEd, Pegawai dan Staf FTK UIN Suska, orang Tua Alumni serta Para Alumni UIN SUSKA Riau.

Pada Kegiatan pelepasan alumni ke-66 FTK UIN Suska, terdapat 207 lulusan masing-masing: Pendidikan Agama Islam 39 lulusan, Pendidikan Bahasa Arab 19 lulusan, pendidikan Bahasa Inggris 26 lulusan, Manajemen Pendidikan Islam 16 lulusan, Pendidikan Matematika 29 lulusan, Pendidikan Kimia 23 lulusan, Pendidikan Ekonomi 39 lulusan dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 7 lulusan.

Pemuncak jurusan, masing-masing: Anwar Sidik (PBA), Azhari Parlindungan Siregar (P.Matematika), Siti Nurjanah (PAI), Siti Munawaroh (MPI), Mira Oktavia (P.Kimia), Fajar Aswati (PGMI), Rotania Istiani (P.Ekonomi), dan Gisella Novena (PBI). Diantara 8 lulusan tersebut, 2 alumni yang mendapat prediket cumlaude yakni Anwar Sidik IPK 3.88 dan Azhari Parlindungan Siregar IPK 3.81.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Dr Mas’ud Zein MPd dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Rektor UIN Suska Riau Prof Dr Munzir Hitami MA dan orangtua sekaligus mantan Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Suska Drs Ali Munir Hasani MM beserta isteri, atas kesediaannya hadir pada pelepasan alumni angkatan ke-66 FTK UIN Suska. “terima kasih Pak, ucapnya.

Lebih lanjut Mas’ud Zein menyampaikan “Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska telah memiliki 10 program studi pendidikan, masing-masing: Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Ekonomi, Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Tadris IPA, Pendidikan Guru Madrasah Ibidaiyah (PGMI) serta prodi Magister PGMI. “ungkapnya.

Diakhir sambutannya Dekan memohon kepada Rektor UIN Suska Riau untuk memberikan arahan kepada para alumni. “Hari ini secara resmi kami menyerahkan kembali para alumni dan memohon maaf kepada keluarga Alumni dan semoga alumni FTK UIN Suska menjadi yang tersubur. “harapannya.

]]>
http://riauposting.com/berita/pekanbaru/18548/ftk-uin-suska-buka-dua-program-studi-baru/feed/ 0